Inilah Daftar Program yang Dijanjikan Anies-Sandi Waktu Kampanye, Alexis Gimana Ya?

18 Oktober 2017
|Atik Kencana S.
News
0SHARES

Warga DKI Jakarta sepertinya sedang bersuka cita dalam menyambut duet pemimpinnya yang baru saja dilantik kemarin (16/10). Pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memenangkan Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta dengan mengalahkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. Kemenangan ini sudah sewajarnya ditanggapi dengan suka cita oleh para warganya. Namun, janji tetaplah janji. Sebagai warga yang baik, tentunya kewajiban bukan hanya mencoblos surat suara, namun juga mengawal janji-janji para pasangan calon pemimpin saat pemilu berlangsung. Nah, karena pasangan Anies-Sandi sudah resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, inilah beberapa program yang dijanjikan sewaktu kampanye lalu.

1. Memperluas fungsi Kartu Jakarta Pintar menjadi Kartu Jakarta Pintar Plus

Menyempurnakan KJP yang sudah ada, Anies-Sandi berencana akan memperluas fungsinya. Nantinya KJP Plus ini akan bisa digunakan oleh anak usia 6 hingga 21 tahun yang tak duduk di bangku sekolah. KJP Plus ini nantinya juga akan bisa digunakan untuk mengasah keterampilan di tempat-tempat kursus.

2. Memperluas fungsi Kartu Jakarta Sehat menjadi Kartu Jakarta Sehat Plus

Perluasan fungsi ini mencakup penambahan fasilitas khusus untuk para guru agama, pengajar di sekolah minggu, khatib, penceramah, pemuka agama, dan tak lupa para penjaga rumah-rumah ibadah.

3. Membuka 200 ribu lapangan kerja baru

Sekitar 200 ribu lapangan kerja baru akan dibuka dengan mengaktifkan sebanyak 44 pos pengembangan daya wirausaha warga. Targetnya, 200 ribu pengusaha baru akan bermunculan dalam waktu lima tahun.

4. Menghentikan reklamasi di Teluk Jakarta

Salah satu program yang paling gencar dicanangkan adalah mengenai reklamasi di Teluk Jakarta. Anies-Sandi akan menghentikan program reklamasi ini demi kepentingan lingkungan hidup. Selain itu, perlindungan nelayan dan masyarakat pesisir juga menjadi salah satu poin utama dalam penghentian program ini.

5. Membangun sistem transportasi umum yang berintegrasi dengan koneksi antar-moda

Pasangan Gubernur DKI Jakarta yang baru saja dilantik juga akan membenahi sistem transportasi sehingga terkoneksi dengan moda-moda pendukung. Selain itu, perbaikan model dan manajemen pelayanan transportasi umum juga akan dibenahi. Perluasan daya jangkau moda transportasi juga diperhatikan supaya menjangkau seluruh warga, baik dari luar maupun dalam Jakarta.

6. Meningkatkan bantuan sosial

Bantuan sosial ini diberikan untuk rumah-rumah ibadah, lembaga pendidikan berbasis agama, lembaga-lembaga sosial, sekolah minggu, dan juga majelis taklim dengan berdasarkan asas proporsionalitas dan juga keadilan.

7. Mempermudah akses kepemilikan hunian bagi warga tidak mampu

Kebijakan ini dilakukan dengan menggandeng para pengembang kelas bawah demi merealisasikan pembangunan perkampungan susun, rumah susun, dan kampung deret. Dengan demikian, para warga DKI Jakarta yang kurang mampu dapat memiliki hunian yang layak dan sehat.

Nah, itulah tadi serangkaian janji-janji yang sudah dilontarkan oleh pasangan Anies-Sandi sewaktu masa kampanye yang lalu. Jangan cuma jadi warga yang hanya bisa komplain dan selalu mengkritisi. Sebaiknya kawal setiap kebijakan supaya tepat sasaran. Nah, kira-kira nasibnya Alexis gimana, ya? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES