Inilah 7 Kegiatan Dalam Rangka Memperingati Hari Kartini di Indonesia

21 April 2017
|Fatwah Diniaty
0SHARES

Hari Kartini adalah hari di mana orang-orang memperingati seorang tokoh sentral bagi para kaum wanita Indonesia yang telah memperjuangan emansipasi wanita, sekaligus sebagai pelopor kebangkitan kaum wanita. Wanita yang memiliki nama lengkap Raden Ajeng Kartini dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden pertama Ir. Soekarno yang tertera pada Keputusan Presiden No. 108 Tahun 1964, sekaligus menetapkan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, yang mana tanggal 21 April merupakan tanggal kelahiran R.A. Kartini. Untuk memngenang jasa-jasanya, rakyat Indonesia memperingati tanggal 21 April dengan sebutan Hari Kartini.

Nah, karena telah ditetapkan bahwa pada 21 April diperingati sebagai hari Kartini, seluruh rakyat Indonesia biasanya melakukan kegiatan-kegiatan unik untuk menyambut hari tersebut. Mau tahu kegiatan apa saja yang sering dilakukan oleh rakyat Indonesia dalam menyambut hari Kartini? Ini dia 7 kegiatan dalam menyambut hari Kartini yang telah YuKepo rangkum. 

1. 1.700 siswa TK dan Paud mengikuti lomba menempel gambar Kartini

Untuk menyambut hari Kartini 1.700 siswa TK dan Paud yang berasal dari 5 desa di Kecamatan Pesanggaran melakukan kegiatan lomba kreatif menggunting dan menempelkan gambar Kartini. Kegiatan ini diadakan pada hari selasa tanggal 18 April 2017, pekan lalu. Tujuannya hanya satu, yakni para siswa dilatih untuk menghargai jasa para pahlawan, terutama R.A. Kartini sebagai pahlawan emansipasi wanita. 

2. Donor darah dan senam massal

Nah, kalau di Kabupaten Blora, untuk menyambut hari Kartini yang ke-138 para ibu-ibu PKK bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) mengadakan aksi donor darah nih. Mereka juga menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk umum lho. Selain itu, ibu-ibu PKK dan PMI juga mengadakan senam massal yang akan diikuti oleh masyarakat di Kabupaten Blora. Selain menyehatkan, kegiatan ini juga sangat bermanfaat bukan?

3. Lomba Kain Wiron hingga Seminar “Detox dan Diet Sehat”

Berbeda tempat, berbeda pula cara penyambutannya. Di Kota Tanggerang, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) untuk menyambut hari Kartini mereka melakukan serangkaian persiapan. Mereka akan menyelenggarakan berbagai perlombaan, di antaranya adalah lomba Kain Wiron, lomba make-up dan hijab, dan yang terakhir mereka akan mengadakan seminar Detox dan Diet Sehat. 

4. Lomba puisi, lomba membaca surat Kartini, dan bazar

Di Sumatera Selatan sejumlah orang yang tergabung dalam Organisasi Kewanitaan Se-kabupaten OKU, Baturaja yang bekerja sama dengan para guru mengadakan berbagai lomba dalam menyambut Hari Kartini. Lomba tersebut akan meliputi lomba puisi dan lomba membaca surat Kartini, bukan hanya itu mereka juga akan mengadakan bazar besar-besaran. 

5. Parpol PKS menyelenggarakan Karnaval Kartini

Partai Politik juga tampaknya tak mau ketinggalan untuk memeriahkan Hari Kartini, dalam menyambut hari Kartini, Partai Kesejahteraan Sosial atau PKS melakukan serangkaian kegiatan. Satu diantaranya adalah kegiatan Karnaval Kartini yang diselenggarakan di kantor kecamatan Semarang Selatan pada hari Minggu (2/4), yang dipimpin oleh Seksi Perempuan dan Ketahanan Keluarga (SKKP). Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan inspirasi serta menularkan semangat Kartini kepada kaum Perempuan yang ada di kota tersebut.

6. Busana daerah dan lomba rias wajah

Bagi warga Bali mereka punya cara tersendiri untuk menyambut hari Kartini, anak-anak di KB/TK Al Azhar 51 mengadakan lomba rias wajah, bukan hanya itu para anak-anak TK bersama Ibunya berbondong-bondong datang ke lokasi acara dengan memaki baju adat dari bebagai daerah. Para anak juga menampilkan kesenian dan kegiatan seperti bermain angklung, fashion show menggunakan baju tradisional, dan tilawatil Quran. 

7. Para perawat mengenakan baju kebaya

Kalau kamu dateng ke Rumah Sakit Nadhlatul Ulama (RSNU), Kabupaten Tuban, pada hari kamis kemarin pemandangan berbeda akan kamu rasakan, pasalnya seluruh karyawati di rumah sakit ini memakai kebaya khas Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menjaga budaya Indonesia sekaligus menyambut Hari Kartini yang jatuh pada jumat tanggal 21 April 2017. 

Nah, itulah serangkaian kegiatan di berbagai daerah untuk menyambut dan memperingati Hari Kartini yang sudah Yukepo rangkum. Sejatinya semangat perjuangan untuk menghargai pahlawan-pahlawan bangsa harus kita tanam mulai dari diri kita sendiri, seperti R.A. Kartini yang telah memupuk dirinya untuk memperjuangkan hak-hak kaum wanita, dan menghargai pahlawan adalah salah satu bentuk pembelajaran diri untuk menjadi pahlawan selanjutnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES