Ini Alasannya Mengapa Presiden Jokowi Ingin Pindahkan Ibu Kota ke Palangkaraya

assets.kompas.com

Belakangan ini media massa sedang ramai membahas mengenai pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Salah satu kota besar di Kalimantan Tengah menjadi incarannya, yaitu Palangkaraya. Sebenarnya wacana serupa tidak hanya terlontar dari masa kepemimpinan Presiden Jokowi. Jauh sebelum itu, Presiden Soekarno sudah lebih dulu memimpikan Kota Palangkaraya sebagai Ibu Kota Republik Indonesia. Tidak hanya Presiden Soekarno dan Presiden Joko Widodo yang mewacanakan pemindahak ibu kota negara tersebut. Pasalnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki pemikiran serupa.

Nampaknya wacana yang sudah dilontarkan oleh kedua presiden tersebut sedang dikaji oleh Presiden Jokowi. Namun untuk memindahkan ibu kota negara memang bukan pekerjaan yang mudah. Butuh pengkajian secara mendalam mengenai sebab dan akibat pemindahan tersebut. Selain itu juga harus dipertimbangkan mengenai kesiapan daerah setempat untuk dijadikan ibu kota negara.

Untuk itu, Presiden Jokowi sudah mengutus Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, untuk mengkaji lebih dalam. Selain itu Kepala Bappenas tersebut sudah bertemu dengan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, demi meninjau perkembangan daerah tersebut. Ajaibnya, Sugianto memaparkan bahwa Kalimantan Tengah siap menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia. 

www.fimela.com

Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangkaraya tentunya merujuk pada beberapa alasan. Alasan yang pertama yaitu Jakarta sudah terlampau padat. Hal tersebut dibuktikan dengan kemacetan yang dialami setiap harinya. Terlebih lagi, akibat kepadatan Kota Jakarta mengakibatkan semakin menurunnya permukaan tanah. Sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan tentunya memang menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi para pendatang. Hal yang masih mungkin terjadi adalah dipindahkannya pusat pemerintahan, sedangkan pusat ekonomi bergantung pada permintaan pasar. Hal positif lainnya ketika pusat pemerintahan dipindahkan akan merangsang tumbuhnya pusat ekonomi yang baru. 

1.bp.blogspot.com

Pulau Kalimantan yang tidak rawan gempa menjadi alasan selanjutnya pemindahan ibu kota. Hal tersebut disebabkan karena letak Kalimantan yang jauh dari tubrukan lempengan sebagai penyebab gempa. Letak Kalimantan yang ada di tengah menjadi salah satu pulau yang paling aman dari serangan eksternal. Rasanya pemilihan Kota Palangkaraya memang nyaris tepat ya.

wianva.blogspot.co.id

Pemilihan ibu kota negara yang baru memang menurut kajian awal harus keluar dari Pulau Jawa. Seperti yang kita tau bahwa Jawa memang sudah menjadi pulau dengan populasi terpadat di Indonesia. Hal serupa juga diucapkan oleh Bambang Brodjonegoro yang menilai bahwa Ibu Kota Negara Republik Indonesia harus di luar Pulau Jawa. Sedangkan kriteria lainnya yang harus dimiliki oleh calon ibu kota adalah kemungkinan terjadinya bencana alam yang kecil dan banyaknya ketersediaan tanah milik pemerintah yang statusnya free and clear supaya tidak repot lagi mengurus pembebasan tanah.

poskotanews.com

Satu alasan paling krusial mengenai pemindahan ibu kota negara ini adalah biaya yang dibutuhkan akan sangat besar. Mengingat hal tersebut Presiden Jokowi berpesan pada Kepala Bappenas untuk jangan sampai memberatkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Karena hal tersebut Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, tengah mencari skema pembayaran dengan melibatkan sektor swasta. Pembangunan Palangkaraya ini harus melibatkan private sector supaya pemerintah mampu membangun infrastruktur dengan dukungan swasta. 

Nah itulah tadi beberapa alasan mengapa Kota Palangkaraya sejauh ini dinilai cocok untuk menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Memang sudah saatnya pertumbuhan ekonomi bukan lagi terjadi di Pulau Jawa terutama Jakarta. Dengan dipindahkannya ibu kota negara ini, harapannya adalah supaya memacu daerah tersebut untuk lebih maju. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ingin Menjadi Koki Istana? Yuk Ikuti Lomba Memasak yang Diselenggarakan oleh Istana Kepresidenan

Ingin Menjadi Koki Istana? Yuk Ikuti Lomba Memasak yang Diselenggarakan oleh Istana Kepresidenan

Resmi! PT KAI Perkenalkan "Karel" Sebagai Maskot KRL Commuter Line

Resmi! PT KAI Perkenalkan "Karel" Sebagai Maskot KRL Commuter Line

Pasangan Drama Korea Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Akhirnya Akan Menikah!

Pasangan Drama Korea Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Akhirnya Akan Menikah!

Inilah 7 Fakta Seputar Film "Spider-Man: Homecoming" yang Bakal Bikin Kamu Gak Sabar Buat Nonton

Inilah 7 Fakta Seputar Film "Spider-Man: Homecoming" yang Bakal Bikin Kamu Gak Sabar Buat Nonton

Kisah Wartawan Net TV yang Nyaris Jadi Korban Helikopter Basarnas Jatuh di Temanggung

Kisah Wartawan Net TV yang Nyaris Jadi Korban Helikopter Basarnas Jatuh di Temanggung

Tarif Baru Taksi Online yang Tidak Murah Lagi, Mulai Berlaku 1 Juli 2017

Tarif Baru Taksi Online yang Tidak Murah Lagi, Mulai Berlaku 1 Juli 2017

loading