Indomie Ulang Tahun! Inilah Perjalanan Indomie “Tempoe Doeloe” Hingga Mendunia

12 Agustus 2017
|Faizah Pratama
6SHARES

Bagi kamu pecinta Indomie jangan lewatkan kesempatan ini. Indomie meluncurkan produk limited edition “Indomie Tempoe Doeloe”. Edisi ini terdiri dari tiga varian rasa dalam kemasan zaman lawas, yakni Kaldu Ayam tahun 1972, Kari Ayam tahun 1982, dan Indomie Goreng tahun 1982.

Menariknya, kamu akan mendapat sebuah goodie bag bergambar Indomie “Tempoe Doeloe” saat membeli edisi ini. Saking banyak penggemarnya, goodie bag ini banyak diburu oleh para penggemarnya. Banyak alasan, ada yang penasaran dengan rasa mie instan kebanggaan Indonesia zaman lawas ini dan ada pula yang hanya ingin mengoleksi goodie bag-nya.

Edisi lawas ini kabarnya diluncurkan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Indomie yang ke 45 di bulan Agustus 2017. Sudah puluhan tahun setia memuaskan lidah pecintanya, inilah napak tilas Indomie sejak awal diluncurkannya hingga mendunia.

1. Indomie pada awal peluncuran

Mie instan ini pertama kali dibuat oleh PT Sanmaru Food pada tahun 1972 dengan rasa kari ayam dan sari udang. Kalau sekarang, keduanya dikenal dengan rasa kaldu ayam dan kaldu udang. Baru kemudian pada 1980 rasa kari ayam diluncurkan, menyusul kemudian Indomie Goreng diluncurkan pada 1982.

2. Inilah penampakan iklan jadulnya

Untuk promosinya, mie instan ini mengusung "Hematkanlah waktu Anda dengan Indomie, Indomie makanan nasional penuh gizi,". Gambar kemasannya juga masih lawas denga ayam bertengger di sebelah mangkuk untuk rasa sari ayam.

3. Masa-masa Pop Mie Cup diluncurkan

Ternyata mie instan ini semakin berinovasi, pada 1987, diluncurkan produk mi instan dalam bentuk cup, dengan nama produk Pop Mie yang kita kenal hingga sekarang. Pada awal peluncurannya, Pop Mie terdiri dari dua rasa, yakni rasa ayam dan rasa baso.

Peluncuran ini bisa dibilang cukup sukses dan berkesan. Sampai-sampai kebanyakan orang Indonesia menamai semua produk mie dalam cup dengan sebutan Pop Mie. 

4. Ternyata pernah bersaudara dengan Sarimi

Pada 1984, perusahaan yang memproduksi mie instan ini dibeli oleh PT. Sarimi Asli Jaya yang memproduksi Sarimi. Pada tahun 1994, PT. Indofood Sukses Makmur mengambil alih kedua perusahaan itu, baik PT. Sarimi Asli Jaya dan PT. Sanmaru. 

5. Perubahan kemasan pun memecahkan rekor

Pada tahun 2005, mie instan ini melakukan perubahan desain kemasan. Pergantian kemasan tersebut berhasil memecahkan rekor Guinness World Records sebagai bungkus mi instan terbesar di dunia.

6. “Indomie Seleraku” dan aneka rasanya

Indomie Seleraku jadi tagline sepanjang masa sejak awal peluncurannya. Meski begitu mie instan ini selalu membuat tagline baru untuk setiap varian rasanya. Seperti, rasa rendang yang punya tagline “Ini baru rendang” dan Indomie goreng cabe ijo “Ijo, mantap, hot”. Kamu tahu nggak tagline yang lain?

7. Berbagai belahan dunia pun mengenal mie instan asal Indonesia ini

Mie instan ini memang jadi produk dengan penjualan nomor satu di Indoneia. Tak hanya itu, produk ini juga melebarkan penjualannya hingga mancanegara, bahkan sudah mendirikan pabrik di berbagai negara. Misalnya di Nigeria yang kini sudah mencapai sepuluh pabrik. Bahkan orang-orang di sana mengeklaim bahwa produk tersebut dari Afrika. Tak hanya itu, Indomie juga digadang-gadang sebagai salah satu mi instan terenak di dunia. 

Berawal dari dua rasa, Indomie kini sudah berkembang menjadi berbagai varian rasa. Pecintanya semakin bejubel saja, bukan hanya dari Indonesia juga dari mancanegara. Di ulang tahunnya yang ke 45 ini, sepertinya ingin mengajak para pecintanya untuk bernostalgia. Ini ceritaku, mana ceritamu?

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
6SHARES