Ibu-ibu Jadi Korban Pelecehan Seksual di Angkot. Bukan Perkara Pakaian Nih, Edan!

www.brilio.net

Saat ada berita tentang kasus pelecehan seksual, akan ada banyak orang yang justru menyalahkan korbannya. Terutama dari cara ia berpakaian. Entah itu bajunya yang terlalu seksi, terlalu pendek, atau terlalu menarik perhatian. Lalu, kalau ada kasus ibu-ibu berpakaian sopan jadi korban pelecehan seksual seperti ini, apakah publik masih mau menyalahkan pakaian yang seksi?

www.tribunnews.com

Di zaman sekarang, menggunakan transportasi umum menjadi sebuah hal yang menakutkan bagi perempuan. Bukan tanpa alasan, berbagai kasus pelecehan seksual di kendaraan umum yang sering diberitakan di media membuat mereka jadi takut. Apalagi dengan kondisi fisik wanita yang lebih lemah daripada laki-laki. Hal ini membuat mereka menjadi semakin was-was dan khawatir saat naik kendaraan umum.

Sebuah posting-an dari seorang wanita yang menjadi saksi pelecehan seksual ini membuat netizen heboh dan semakin tidak tenang saat naik angkutan umum. Bagaimana tidak, dalam status yang ditulisnya ia menceritakan tentang seorang wanita yang kembali menjadi korban pelecehan seksual dalam transportasi masal. Kali ini korbannya bukan wanita muda yang berpakaian seksi, tapi justru ibu-ibu yang sudah tidak lagi muda. Pakaiannya pun juga terlihat sopan dan tertutup. 

www.hageuy.com

Wanita yang bernama Novira Andraena ini mengungkapkan kisahnya di akun Line pribadinya. Dalam statusnya ia menuliskan tentang di mana ia memergoki kejadian pelecehan ini. Di angkot jurusan Ciledug - Jombang inilah TKPnya. Seorang pria yang mengeluarkan jurus tangannya untuk memegah buah dada seorang ibu yang sedang duduk di sampingnya saat itu. Kebetulan juga, sang ibu sedang ketiduran.

www.brilio.net

"Gue gemeteran, kaget, nggak tau harus apa. Jujur gue takut banget, gue beneran gemeter lumayan hebat. Gue baru pertama kali melihat kejadian separah itu. Tapi gue sedikit bisa beraniin diri ngeliatin bapak-bapak itu sampe akhirnya dia nggak berani lagi, dan ibu-ibu tadi bangun.

Gue pura-pura bertanya arah stasiun, yang, yah, padahal gue udah hafal banget jalurnya. Turun dari angkot, gue masih nggak berani ngapa-ngapain kecuali pura-pura kesandung dan dorong bapak itu ngejauh. Sampai di dalam stasiun, gue akhirnya berani bilang ke ibu itu dan kalian tau apa? Ibu itu gemeteran lebih hebat dari gue. Dia langsung periksa dompet dan uangnya, Alhamdulillah nggak ada yang hilang. Gue kasih lihat foto yang gue ambil (iya, gue diam-diam ambil foto bapak itu) ke ibu itu, dia kaget bukan main sambil bilang, "Ya ampun, kok ada-ada aja sih, aku kan udah nenek-nenek."

Gue nggak bisa jawab pertanyaannya. Tapi setidaknya gue bisa bantu beliau jalan sampai kereta datang.

Untuk kalian yang masih punya ibu, atau kalian yang punya saudara perempuan, temen, atau bahkan pacar, tolong ingatkan mereka untuk hati-hati di transportasi mana pun. Gue jujur aja kalo inget kejadian tadi masih gemeter dan mau nangis.

Mari sama-sama saling mengingatkan. Mari sama-sama bangun negara kita dengan mengajarkan laki-laki untuk tidak melakukan pelecehan seksual, pelecehan verbal, dan yang lebih parah lagi, pemerkosaan. Karena sudah tidak ada gunanya hanya memberitahu perempuan seperti apa kami harus berpakaian kalau otak laki-laki masih buas.

—Novira Andraena, seorang perempuan.

Kisahnya ini membuat banyak orang ikut geram dengan si pelaku. Bagaimana tidak, di angkutan umum yang sepi dan ada orang yang melihat pun ia masih berani melakukan hal tidak senonoh tersebut. Apalagi kalau kondisi kendaraan tersebut sepi. Kan ngeri kalau membayangkannya.

Kalau ada kasus yang seperti ini, sepertinya stereotip tentang korban pelecehan seksual adalah wanita yang suka mengumbar aurat menjadi terpatahkan. Ibu-ibu yang sudah berumur dan berpakaian sopan pun bisa menjadi korban. Hal ini dapat membuka mata banyak orang bahwa kejahatan pelecehan seksual tidak hanya karena kondisi lingkungan sekitar atau penampilan korban yang mencolok, tapi niat jahat si pelaku lah yang menjadi alasan kuat mengapa kejadian ini bisa terjadi. Selalu waspada dimanapun juga ya, ladies!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Karena Suka Mem-bully Teman-temannya, Ayah Ini Menghukum Putrinya dengan Cara Jalan Kaki Sejauh 8 Kilometer - Keepodotme

Karena Suka Mem-bully Teman-temannya, Ayah Ini Menghukum Putrinya dengan Cara Jalan Kaki Sejauh 8 Kilometer - Keepodotme

Foto 15 Artis Hollywood dengan Kearifan Lokal. Ada yang Jual Pulsa Sampai Sate

Foto 15 Artis Hollywood dengan Kearifan Lokal. Ada yang Jual Pulsa Sampai Sate

Mapolsek Ciracas Sempat Memanas! Beberapa Oknum Merusak Fasilitas Polsek. Ternyata Ini Faktor Pemicunya - Keepodotme

Mapolsek Ciracas Sempat Memanas! Beberapa Oknum Merusak Fasilitas Polsek. Ternyata Ini Faktor Pemicunya - Keepodotme

Vlog-nya Kaesang Wawancarai Kahiyang Ayu Soal Persiapan Pernikahannya. Jawabannya Kocak Semua!

Vlog-nya Kaesang Wawancarai Kahiyang Ayu Soal Persiapan Pernikahannya. Jawabannya Kocak Semua!

Begini Lho Tips Menabung Cepat Sesuai Dengan Zodiakmu! - Keepodotme

Begini Lho Tips Menabung Cepat Sesuai Dengan Zodiakmu! - Keepodotme

Danbi, Pedangdut Asal Korea Selatan yang Populerkan “Goyang Annyeong”. Joget Bareng, Yuk!

Danbi, Pedangdut Asal Korea Selatan yang Populerkan “Goyang Annyeong”. Joget Bareng, Yuk!

loading