Heboh Aksi Kepung Borobudur, Netizen Malah Hitung Keuntungan Tiket Masuknya. Parah Kocaknya!

05 September 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Tragedi kemanusian di Rohingnya Myanmar tampaknya menggugah beberapa pihak untuk bertindak. Ada yang terjun langsung dan ada pula yang memberi bantuan lewat aksi kecaman. Seperti yang akan terjadi pada awal bulan septermber ini, beberapa masa rupanya berencana membuat rencana aksi bela Rohingnya. Bukan di Kantor Kedutaan Besar Myanmar atau di kantor instansi pemerintah lain, melainkan di depan Candi Borobudur.

Tentu saja rencana tersebut sontak mengejutkan banyak pihak. Tak semua umat Islam juga mendukung aksi ini. Apalagi beritanya semakin menjadi-jadi. Aksi bela Rohingnya di Candi Borobudur ternyata berubah framing menjadi Aksi Kepung Borobudur. Makin heboh saja orang-orang terhadap aksi ini. Apalagi soal korelasi Rohingnya dan Borobudur, bikin gagal paham.

Aksi ini direncanakan terlaksana pada Jumat mendatang (8/9/2017) dan berlokasi di Obyek Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Aksi Kepung Borobudur ini sudah dipastikan tidak mendapat izin dari kepolisian. Sebabnya, Candi Borobudur merupakan tempat ibadah, tempat wisata, sekaligus cagar budaya. Pantaskah tempat ibadah dijadikan lokasi melakukan aksi demo?

Rupanya hal ini juga mengusik para pengguna media sosial Twitter. Bukan secara langsung mendukung atau menolak, cuitan netizen ini justru menanggapi dengan kocak. 

1. Tragedi Kemanusiaan di Rohingnya

Membahas soal Rohingnya, sepertinya kita perlu menilik kembali tragedi kemanusiaan yang terjadi di negara tetangga kita Myanmar. Minoritas muslim Rohingnnya banyak mengalami kekerasan sehingga banyak terjadi korban. Ada yang bilang jika pemeluk agama Budha yang merupakan mayoritas di Myanmar tak mau menerima keberadaan mereka sehingga terjadilah konflik berdarah. 

2. Aksi Kepung Borobudur sebagai bentuk dukungan untuk sesama muslim di Myanmar direncanakan akan digelar pada Jumat 8 September 2017

Borobudur adalah salah satu tempat ibadah agama Budha terbesar di Indonesia. Mungkin karena melihat korelasi bahwa di Myanmar mayoritas agama Budha, aksi membela etnis muslim Rohingnya pun diadakan di sana. Namun, tetap saja ini masih sulit dipahami. 

3. Netizen: Apa salah Borobudur hingga harus dikepung? Kalau candi bisa respon, pasti geleng-geleng kepala sambil bilang, “Salah gue apa sih?”

4. Yang menyiksa militer Myanmar, kok yang dikepung candi Borobudur. Apa biar candinya nggak lari kayak yang ke Arab?

5. Netizen masih belum melihat adanya faedah aksi kepung Borobudur. Gemes sendiri, bisa-bisa diketawain Semar

6. Netizen ini malah melihat ada prospek menguntungkan lewat jumlah pengunjung Borobudur yang nanti akan membludak saat Aksi Kepung Borobudur

Ada-ada saja cuitan netizen menanggapi konflik antar etnis di Myanmar. Membantu sesama yang sedang mengalami kesulitan merupakan hal yang sangat terpuji. Namun, hal itu tentu harus dilakukan dengan cara-cara yang baik pula. Semoga nggak ada keributan yang berarti ya di Aksi Kepung Borobudur ini.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES