Hari Tari Internasional, Inilah 10 Tarian Tradisional dari Berbagai Negara yang Mendunia

29 April 2017
|Olphi Disya
38SHARES

Tarian merupakan salah satu seni pertunjukan berupa gerakan tubuh yang biasanya diiringi oleh lantunan musik. Fungsi tarian itu sendiri bisa berbagai macam, ada yang ditujukan untuk menyambut kedatangan orang yang istimewa, memperingati peristiwa tertentu, merayakan hari besar, hingga sebagai wujud penyampaian kisah. Yang pasti, tarian sering dijadikan sebagai tradisi dalam bersosialisasi dan membudidayakan kesenian tradisional.

Dalam rangka Hari Tari Internasional yang jatuh pada tanggal 29 April setiap tahunnya, Yukepo akan berbagi informasi mengenai 10 tarian tradisional beberapa negara yang udah melanglang buana dan populer di berbagai belahan dunia.

 

1. Salsa - Kuba

Yakin deh, kamu pasti pernah mendengar tarian populer satu ini. Yap, Salsa merupakan tarian khas kepulauan Karibia dan berasal dari Kuba. Jangan kira kalau tarian ini mudah. Pasalnya, kalau mau terlihat gaul di Kepulauan Karibia dan Amerika, kamu harus bisa menari Salsa dan itu harus dilatih beberapa kali sampai kamu mahir. Sebenarnya nama tari Salsa baru populer di tahun 1970-an tepatnya di New York.

Tarian yang dibawa ke Amerika tersebut sebenarnya adalah hasil pengembangan tarian khas masyarakat Kuba seperti Cha cha cha dan Mambo. Biasanya Tarian ini ditampilkan di bar yang memiliki dance floor. Tapi jangan heran kalau melihat orang-orang di Karibia yang menari Salsa di pinggir jalan karena Salsa sudah mendarah daging di sana.

2. Ballet - Rusia, Perancis, Italia

Kalau tarian yang satu ini pasti udah nggak asing lagi dong? Sebenarnya tari Ballet berasal dari zaman Renaissance di Italia dulu di abad ke-15 dan ke-16. Kemudian tarian ini tersebar ke Perancis dan Rusia sehingga populer juga di sana. Tarian Ballet akrab dengan pertunjukan-pertunjukan di panggung klasik.

Namun, sebenarnya tari Ballet terdiri dari berbagai macam jenis tarian. Ada Romantic  allet, Classical Ballet, Neoclasical Ballet, Contemporary Ballet. Kostum tari Ballet nggak hanya identik dengan rok tutu dan sepatu flat ala balerina aja lho, guys. Semua itu tergantung pertunjukan dan cerita yang akan dibawakan melalui tari Ballet tersebut. Ada yang harus menggunakan mahkota, sayap, atau bahkan properti pendukung lainnya.

3. Samba - Brasil

Brasil dikenal sebagai negara yang eksotis, termasuk kesenian tari tradisionalnya yang udah mendunia. Tarian ini dinikmati oleh berbagai kalangan dari segala usia di Brasil yang biasanya ditampilkan dalam festival-festival dalam perayaan tertentu. Tari Samba terkenal dengan keunikannya yaitu kostum yang heboh, gemerlap, berwarna-warni, dan seksi. Nggak hanya itu, musik pengiring tarian ini pun juga membuat tari Samba menjadi sangat atraktif.

Kayaknya kalau ada perayaan nasional di Brasil yang nggak dimeriahkan oleh tari Samba sepertinya ada yang kurang. Tarian Samba sebenarnya adalah tarian ala orang Afro-Brazilian yang dipopulerkan di sebagian wilayah di Amerika Latin. Itulah mengapa tari Samba nggak hanya terkenal di Brasil, tapi juga udah beken di berbagai penjuru dunia termasuk Eropa.

 

4. Tango - Argentina

Benua Amerika kayaknya menjadi benua dengan tarian tradisional populer terbanyak deh. Satu lagi datang dari Argentina, yaitu tari Tango. Asal muasal tarian ini sebenarnya merupakan percampuran budaya antara budaya Eropa dan Afrika. Tarian dansa yang romantis ini diakui Argentina sebagai salah satu tari tradisional khas dan tentunya menjadi kebudayaan yang sangat membanggakan bagi warga Argentina.

Nggak hanya Argentina, tetangganya negara Uruguay juga turut melestarikan tari Tango ini. Semakin lama, tari Tango dipopulerkan di berbagai negara seperti di Eropa dan Amerika dengan dimodifikasi dan disesuaikan dengan budaya setempat. Tapi ciri khas tari Tango tetap dibawakan sedemikian mirip dengan aslinya agar tetap terjaga kekhasannya.

 

5. Waltz - Austria

Bagi kamu yang sering menonton film-film yang mempertontonkan adegan berdansa di ballroom, itulah pertunjukkan tari Waltz. Tarian berpasang-pasangan ini terlihat sangat romantis dan membuat orang-orang yang berdansa menjadi lebih dekat secara emosional. Itulah mengapa tarian Waltz nggak bisa diajak atau mengajak sembarang orang, guys.

Tari ini mungkin menjadi tarian paling populer di Eropa dan Amerika karena banyak orang yang menganggap tari ini merupakan tarian yang khusus dipersembahkan di hari istimewa dan dengan orang yang istimewa juga. Sehingga tarian ini sering diadakan dalam acara-acara perayaan seperti pernikahan dan acara-acara formal lainnya. Karena dianggap sebagai tarian yang istimewa, sejak kecil anak-anak di Eropa dan Amerika terutama yang memiliki keturunan orang penting, wajib belajar tarian ini. Mungkin biar kalau diajak dansa nggak malu-maluin kali ya?

 

6. Belly Dance - Timur Tengah

Belly Dance atau tari perut saat ini tengah menjadi hits di Indonesia. Tarian ini dipercaya juga mampu membentuk tubuh menjadi lebih bagus, menjaga kebugaran tubuh, dan pastinya juga fun. Belly Dance memang terkenal berasal dari negara-negara di Timur Tengah. Tarian ini nggak hanya dianggap sebagai pertunjukan seni khas budaya Arab, tetapi juga sebagai tarian untuk bersosialisasi di kalangan bangsawan di Timur Tengah.

Belly Dance memang ditampilkan oleh wanita dengan kostum yang meriah dan berbunyi. Bunyi kerincingan dari kostum tersebut menjadi daya tarik tersendiri dalam tarian ini. Kalau kamu tertarik untuk mencoba belajar Belly Dance, kamu nggak perlu merasa malu kalau kamu punya perut yang nggak rata. Karena ternyata nggak semua Belly Dancer memiliki perut rata. Kepiawaian dalam menari yang sesuai dengan irama lagu lebih penting, guys

7. Tari Kecak - Indonesia

Siapa sangka tarian khas Bali ini ternyata sangat mendunia. Jutaan wisatawan setiap tahunnya datang ke Bali untuk menonton tari Kecak. Bagi wisatawan mancanegara, tari Kecak memiliki keunikan tersendiri, di mana tarian ini ditampilkan oleh sejumlah pria yang seperti sedang menceritakan sesuatu.

Karena dianggap magis dan keren, banyak negara lain yang menampilkan tari Kecak dengan mengundang para penari asli dari Bali untuk tampil di negara mereka dalam festival kebudayaan bertaraf internasional. Sebenarnya, tari Kecak merupakan tari ritual yang memang ditampilkan oleh pria. Tari ini mengisahkan berbagai cerita drama, namun umumnya cerita-cerita daerah di Bali seperti Ramayana. Bangga dong Indonesia punya tarian khas yang mendunia?

8. Kabuki - Jepang

Satu lagi nih tarian yang juga berisikan drama atau kisah yang diceritakan melalui tarian. Kabuki memiliki ciri khas menampilkan drama yang ditunjukkan melalui tarian para penarinya yang didandani dengan make up yang tebal dan kostum khas Jepang banget. Cerita-cerita yang dibawakan dalam pertunjukan Kabuki sangat beragam, namun pada umumnya adalah cerita rakyat Jepang. Kabuki biasanya ditampilkan pada panggung atau studi teater. Kabuki juga diiringi oleh musik dan sound effect yang menambah keseruan dalam mengikuti cerita dan tarian Kabuki. Kalau kamu mengunjungi Jepang, jangan lupa sempatkan untuk menonton pertunjukan Kabuki ya!

 

9. Hula Dance - Hawaii, Polynesia

Mendengar kata Hawaii pastilah teringat Hula Dance khas masyarakat kepulauan. Ternyata Hula Dance berasal dari Polynesia, yaitu gugus kepulauan-kepulauan kecil di Samudera Pasifik. Rok rumbai-rumbai dan mahkota bunga seakan identik dengan Hula Dance ya. Tarian ini biasanya diiringi oleh musik akustik atau portable seperti gitar karena tarian ini umumnya ditampilkan di daerah pesisir pantai sehingga jauh dari jangkauan listrik. Karena Hula Dance sangat mendarah daging di masyarakat kepulauan Hawaii dan Polynesia, maka sejak kecil anak-anak mereka akan diajarkan Hula Dance dengan disediakan guru khusus Hula Dance agar mereka mahir sedari kecil.

 

10. Thousand Hands Guan Yin - Thailand, Tiongkok

Sebenarnya, tarian ini nggak hanya populer di Thailand, tapi juga negara-negara dengan mayoritas beragama Buddha seperti Tiongkok. Tarian ini menggambarkan keagungan Guan Yin (Quan Yin) yang dijuluki sebagai Goddess of Mercy. Nah, Dewi Quan Yin ini terkenal dengan Legenda Seribu Tangan. Inilah yang menjadi inspirasi tarian Thousand Hands Guan Yin. Kekompakan para penarinya dan kehebatan dalam koreografi membuat tarian ini menjadi sangat atraktif bagi wisatawan mancanegara.

Itulah kesepuluh tarian khas yang memiliki keunikan tersendiri. Ada yang mengharuskan tariannya berpasangan, berkelompok, ataupun dilatarbelakangi oleh cerita yang menarik. Perbedaan budaya nggak menghalangi kita untuk bisa menguasai dan menikmati tarian-tarian tersebut lho. Oleh karena itulah kesepuluh tarian tadi bisa diterima dan dinikmati oleh berbagai kalangan di dunia.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
38SHARES