Hari Buruh Sedunia, Potret Pekerja Buruh Anak dari Berbagai Negara Ini Bikin Miris

vulnerablechildren.crs.org

Mendengar kata buruh, mungkin yang ada di benak sebagian besar kita adalah para pekerja pabrik, petani, buruh bangunan, dan sebagainya. Memang ada benarnya, bahwa umumnya pekerjaan sebagai buruh adalah pekerjaan orang dewasa. Tapi tahukah kamu bahwa ada anak-anak yang juga bekerja sebagai buruh? Ya, pada dasarnya kemiskinan membuat siapa saja bisa menjadi tulang punggung keluarga. Maka, tak sedikit dari masyarakat miskin di beberapa negara memanfaatkan anak-anak mereka untuk membantu mencari nafkah. Bukannya sekolah, anak-anak ini justru menghabiskan waktunya di ladang, di pabrik, atau bahkan di kawasan berbahaya seperti di kawasan pertambangan.

Dalam rangka hari buruh internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya, sudah sepantasnya kita ikut peduli dengan nasib para buruh, minimal di negeri sendiri. Namun, ketujuh potret buruh anak di bawah ini membuatmu bersyukur tinggal di Indonesia tanpa merasakan pahitnya masa kecil yang harus dihabiskan untuk bekerja. Seperti apa sih wajah-wajah kecil para buruh yang bikin miris ini? Yuk kepoin!

1. Pakistan

www.aljazeera.com

Seorang gadis pemulung di Pakistan mengumpulkan sampah-sampah yang bisa didaur ulang di tumpukan sampah yang menggunung demi menyambung hidup keluarganya yang tinggal di Islamabad. Meskipun belum ada data tentang jumlah pasti berapa banyak, tapi terhitung sekitar 3,3 juta anak terlibat sebagai pekerja buruh anak saat ini.

2. Guatemala

www.gallowayfoundation.org

Negara berkembang satu ini juga memiliki masalah dalam penanganan pekerja buruh anak. Lihat aja deh betapa sedih ekspresi anak perempuan yang seharusnya memanggul tas sekolah, bukan cangkul dan alat-alat bertani. Kemiskinan membuat siapapun jadi bertanggung jawab untuk mencari nafkah, termasuk anak perempuan sekecil ini.

3. Mesir

www.aljazeera.com

Di foto ini, tampak seorang anak Mesir yang sedang memindahkan bata demi bata ke dalam gerobak dari sebuah pabrik bata semen di Qalyobiya, sekitar 45km di utara Kairo, Mesir. Pemerintah Mesir memperkirakan ada sekitar 1,6 juta buruh, di mana 10% di antaranya adalah berusia di bawah 17 tahun. Di sisi lain, banyak ahli yang menemukan bahwa jumlah buruh anak di Mesir justru dua kali lipatnya.

4. Korea Utara

news.vice.com

Korea Utara terkenal dengan negara yang unik karena pemerintahannya sangat menutup diri terhadap dunia luar. Hal ini pun berdampak kepada kesejahteraan masyarakatnya termasuk anak-anak. Foto yang diambil pada Juni 2014 ini menggambarkan anak-anak sekolah Korea Utara yang bekerja memperbaiki jalan yang berlubang di desanya di provinsi Hamgyong.

5. India

metrovaartha.com

Seorang gadis kecil yang memangku batu besar di kepalanya hanyalah sedikit dari ratusan ribu anak India yang harus menjadi buruh pekerja di kawasan bebatuan. Diperkirakan ada banyak wilayah di India yang mempekerjakan anak secara ilegal dan sedang menjadi perhatian khusus pemerintahan India saat ini.

6. Republik Afrika Tengah

www.aljazeera.com

Aktivitas yang terlihat di foto ini bukanlah pemandangan yang asing bagi anak-anak di Republik Afrika Tengah. Umumnya, pekerjaan sehari-hari anak-anak di desa Gam adalah pengepul emas yang dilakukan dengan cara manual. Pada tahun 2010, didapatkan data bahwa 29% anak-anak di Republik Afrika Tengah menjadi buruh pekerja anak dengan rentang usia 5-14 tahun.

7. Kolombia

www.pactworld.org

Sebenarnya, saat ini Amerika Serikat tengah gencar melakukan aksi perlindungan terhadap pekerja buruh anak-anak di Kolombia. Terutama pada anak-anak yang bekerja di daerah pertambangan. Mereka sangat rentan terkena dampak kerja yang berbahaya seperti luka bakar atau terkena reruntuhan.

Mungkin di Indonesia juga masih ada buruh pekerja anak yang aktivitas kerjanya mirip dengan ketujuh potret di atas. Pemerintah dan lembaga dunia pun beramai-ramai ingin menuntaskan kemiskinan agar tidak ada lagi anak-anak yang menjadi pekerja. Anak-anak berkewajiban untuk sekolah dan memiliki hak untuk bermain, tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas.

Di Hari Buruh Internasional ini, mari kita sama-sama peduli dan membantu adik-adik kecil kita terlepas dari jerat kemiskinan dan perbudakan. Minimal, berterima kasihlah pada tangan-tangan kecil mereka dan jangan mudah mengeluh karena mungkin hidup seperti kita adalah hidup yang mereka dambakan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Generasi Milenial Tidak Kenal Golput, Perubahan Mereka yang Tentukan - Keepodotme

Generasi Milenial Tidak Kenal Golput, Perubahan Mereka yang Tentukan - Keepodotme

Menanggapi Pesan Jokowi Kepada Pemuda ASEAN, Inilah Tips Bijak Menggunakan Media Sosial

Menanggapi Pesan Jokowi Kepada Pemuda ASEAN, Inilah Tips Bijak Menggunakan Media Sosial

Kisah Baiq Nuril dan Lucunya Penegakkan Hukum di Indonesia - Keepodotme

Kisah Baiq Nuril dan Lucunya Penegakkan Hukum di Indonesia - Keepodotme

Nyoman, Sang Pawang, Dililit Lalu Dibanting Oleh Gajah Peliharaannya Sendiri

Nyoman, Sang Pawang, Dililit Lalu Dibanting Oleh Gajah Peliharaannya Sendiri

Penjual Ombus-ombus di Pasar Medan Ini Nyanyiin Lagu Jokowi, Beritanya Langsung Viral!  - Keepodotme

Penjual Ombus-ombus di Pasar Medan Ini Nyanyiin Lagu Jokowi, Beritanya Langsung Viral! - Keepodotme

Hari Tari Internasional, Inilah 10 Tarian Tradisional dari Berbagai Negara yang Mendunia

Hari Tari Internasional, Inilah 10 Tarian Tradisional dari Berbagai Negara yang Mendunia

loading