Hai Warganet, Kemendikbud Koreksi Istilah “Kids Jaman Now” jadi “Kids Zaman Now”, Lho!

19 Oktober 2017
|Faizah Pratama
News
0SHARES

Para warganet yang kekinian pasti paham betul istilah “kids jaman now”. Kids jaman now atau yang dapat diartikan ‘anak-anak zaman sekarang’ sering muncul untuk mengomentari kelakuan tidak wajar anak-anak. Misalnya, ada anak SD yang mengunggah foto dengan pacarnya disertai caption cinta-cintaan.

Entah dari mana asalnya, istilah yang merupakan perpaduan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia ini jadi marak digunakan di banyak kesempatan. 

Menanggapi booming-nya istilah ini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI memberikan koreksinya. Melalui akun Twitter resminya, @kemendikbud_RI, pada Rabu (18/10), mengunggah sebuah foto yang mencoret kata jaman dalam kids jaman now dan diganti menjadi zaman agar sesuai KBBI.

Akun @kemendikbud_RI juga mencantumkan makna kata zaman menurut KBBI yang berarti ‘jangka waktu yang panjang atau pendek yang menandai sesuatu; masa’. Dalam unggahannya itu, admin juga menambahkan ajakan agar menulis ejaan bahasa Indonesia sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). 

Koreksi tersebut pun menuai berbagai tanggapan dari warganet. Beberapa warganet menanggapi baik maksud Kemendikbud yang ingin membenahi Penggunaan bahasa Indonesia. Cukup banyak pula yang mengkoreksi balik pembenaran yang dilakukannya.

Istilah kids zaman now dianggap masih kurang sesuai dengan kaidah karena mencampur bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Warganet ini pun menyarankan untuk menggunakan istilah “anak-anak zaman sekarang” agar sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia.

Selain itu, seorang warganet mengungkapkan fakta lain bahwa sedangkan zaman adalah Bahasa Indonesia sedangkan jaman adalah Bahasa Jawa. Dalam bahasa Jawa ejaan “jaman” sudah benar.

Kalau memang “jaman” harus dikoreksi menjadi “zaman” maka orang-orang yang bernama seperti warganet satu ini tentulah terancam ganti nama.

Niatan Kemendikbud untuk mensosialisasikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang benar justru menuai kritik lantaran koreksinya itu dianggap masih kurang tepat. Yang jelas istilah “kids jaman now” memang nyeleneh sejak awal. Kini, kita jadi punya banyak pilihan menggunakan istilah tersebut. Mau pakai “kids jaman now” versi warganet kekinian, “kids zaman now” versi Kemendikbud, atau anak-anak zaman sekarang versi Bahasa Indonesia yang benar.

Sebagai warganet yang bijak, kamu pilih mana?

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
50 %
Aneh
Aneh
50 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES