Gempa dengan Kekuatan 5 SR Guncang Gayo Lues Aceh pada Waktu Dini Hari

29 Mei 2017
|Fatwah Diniaty
0SHARES

Lagi-lagi, provinsi paling barat dari Indonesia ini diguncang gempa berkekuatan besar. Pada hari Senin 29 Mei 2017, tepatnya pukul 04.54 WIB, Kota Aceh diguncang oleh gempa berkekuatan 5 SR (Skala Richter). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menuturkan bahwa gempa berpusat di daratan ini mengguncang Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Kepala Pusat Data Informasi  dan Humas  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa guncangan gempa dirasakan cukup kuat di bagian wilayah Kabupaten Gayo, hal ini disebabkan karena pusat gempa berada di daratan tepatnya di kedalaman 10 kilometer dengan titik lokasi 4,15 Lintang Utara dan 97,20 Bujur Timur 

Gempa berlangsung selama empat sampai lima detik dengan guncangan yang sangat keras, akibatnya sebagian masyarakat Gayo dibuat panik dan berhamburan keluar rumah, mereka sibuk mencari tempat yang lebih aman. Gempa bukan hanya dirasakan di kabupaten Gayo saja, gempa sempat dirasakan di berbagai kabupaten lainnya sepeti di Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Bireun. Adapaun wilayah yang terkena gempa ini antara lain yakni Aceh Tamiang, Aceh Barat Daya, Aceh Tengah,  Aceh Timur,  termasuk juga Blangpidie, Perlak, Lesten, Blangkejeran, dan Bener Meriah. 

BMKG juga menambahkan bahwa gempa yang terjadi dini hari tadi tergolong ke dalam gempa tektonik kerak dangkal akibat dari aktivitas zona sesar Sumatera, lebih tepatnya pada segmen Tripa. Sejauh ini kerusakan hanya terdapat di beberapa titik lokasi di kabupaten Gayo, namun belum ada korban luka-luka atau korban jiwa akibat dari gempa Gayo, BMKG juga menuturkan bahwa gempa ini tidak berpontensi tsunami. 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Kota Aceh kerap kali diguncang oleh gempa dengan kekuatan yang cukup besar, gempa yang selama ini dialami oleh kota Aceh ternyata diawali dari gempa dahsyat yang melanda kota tersebut pada 13 tahun yang lalu, tepatnya pada 26 Desember 2004 silam yakni tsunami Aceh. Gempa berkekuatan 9.1 SR itu telah membuat wilayah Sumatera khusunya Aceh menjadi tidak stabil. Menurut Ketua Ahli Geologi Indonesia, Ir. Faizal Adriansyah Msi, akibat dari gempat tsunami tersebut, lempengan-lempengan bumi mengalami kerusakaan. Itulah sebabnya kota Aceh akan rentan mengalami gempa-gempa dengan kekuatan yang cukup besar.

Kita doakan saja semoga saudara-saudara kita yang berada di Aceh sana dalam kondisi baik-baik saja dan tidak menimbulkan korban jiwa. Semoga kita semua juga selalu terlindung dari bencana-bencana yang tidak terduga.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES