Foto Bareng Orang Utan, Luna Maya Dikritik oleh Aktivis Lingkungan. Gimana Sih Fotonya?

showbiz.liputan6.com

Sudah menjadi tugas seorang model untuk mengikuti konsep yang diminta oleh pengguna jasanya. Menjadi kewajibannya pula untuk menuruti arahan fotografer demi terciptanya hasil sesuai yang diharapkan. Profesionalitas, mungkin itulah yang diusahakan artis cantik Luna Maya saat memenuhi permintaan sebuah majalah pernikahan untuk berpose bersama seekor orang utan.

Aksinya itu rupanya menuai berbagai hujatan dari netizen terutama setelah Organisasi Borneo Orang Utan Survival (Bos) melayangkan kritikannya. Seperti apa sih foto Luna Maya yang banyak dikecam itu?

www.instagram.com

Dalam foto tersebut, Luna Maya terlihat cantik menggunakan gaun pengantin berwarna emas. Tangannya menggenggam karangan bunga yang terasa begitu pas dengan warna bajunya. Ia duduk manis ditemani seekor orang utan yang memegang bahunya. Bagi orang awam yang melihat, foto ini tampak biasa saja. Namun, bagi aktivis pecinta lingkungan terutama BOS Foundation, foto ini tidak sepatutnya dilakukan. 

Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation is extremely upset to see this post. Orangutans are a Critically Endangered, protected species on the brink of extinction. Orangutans should never be used in this way or promoted as a pet or a toy. @bridesindonesia and @bimopermadi as a media outlet and journalist should know better. @balizoo as an ex-situ conservation organisation, you need to raise awareness on the fact that orangutans belong in the wild and should not be kept as a pet or for entertainment, which includes inviting tourists for breakfast experiences. @lunamaya is a strong public figure and as such should be raising awareness of important national and global issues such as the critical plight of the future survival of orangutans, rather than using them in this way on social media. #SaveOrangutans #OrangutanBukanMainan --------------------------------------- Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation merasa sangat kecewa terhadap postingan ini. Orangutan adalah satwa terancam punah dan dilindungi undang-undang. Tidak selayaknya orangutan diperlakukan seperti ini, dipromosikan sebagai hewan peliharaan atau mainan! @bridesindonesia sebagai media dan @bimopermadi sebagai jurnalis seharusnya paham hal ini. @balizoo sebagai lembaga konservasi ex-situ seharusnya meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat bahwa orangutan selayaknya hidup di alam, alih-alih dijadikan hewan peliharaan atau hiburan, seperti misalnya memberi kesempatan pengunjung untuk sarapan bersama orangutan. @Lunamaya adalah tokoh publik dan seharusnya membantu meningkatkan kepedulian akan isu penting nasional dan global seperti pelestarian orangutan, alih-alih memanfaatkannya seperti ini di media sosial.

Sebuah kiriman dibagikan oleh BOS Foundation (@bosfoundation) pada

www.instagram.com

Melalui akun Instagram resminya, organisasi tersebut menyatakan kekecewaannnya. Kritik tersebut diunggah bersama foto cover majalah bergambar Luna Maya bersama orang utan. “Orang utan adalah satwa yang terancam punah dan dilindungi undang-undang. Tidak selayaknya orang utan diperlakukan seperi ini, dipromosikan sebagai hewan peliharaan atau mainan”.

Dalam unggahan tersebut, BOS juga menyebutkan pihak-pihak yang berkaitan dengan foto tersebut, yakni Majalah Brides Indonesia beserta sang Editor, Bimo Permadi, dan Bali Zoo selaku lembaga konservasi yang bertanggung jawab. 

www.instagram.com

Dalam unggahannya itu organisasi tersebut juga menyertakan foto dan video Luna Maya yang sedang bercengkrama dengan orang utan yang menjadi patner fotonya. BOS juga menyinggung Luna Maya selaku tokoh publik yang seharusnya turut membantu meningkatkan kepedulian publik akan isu penting nasional dan global seperti pelestarian orang utan. Bukan memanfaatkannya dengan mengunggahnya di media sosial.

www.yukepo.com

Sampul majalah bergambar Luna Maya ini pun memancing perdebatan warganet soal siapa yang salah. Warganet berpendapat, dalam foto tersebut Luna Maya memang tidak menyakiti sama sekali orang utan tersebut. Namun, menurut warganet lainnya, orang utan tidak seharusnya dijadikan objek pemotretan.

Entah siapa yang paling bersalah dalam kasus foto dengan orang utan ini. Yang jelas, mencuatnya foto Luna Maya di sampul majalah yang begitu menghebohkan ini justru membuka mata orang-orang tentang satwa yang satu ini. 

Baik Luna maupun pihak BOS juga melakukan tugas masing-masing. Luna Maya melakukan sesi pemotretan sesuai permintaan, sedangkan BOS melakuakan tugasnya sebagai pelindung orang utan. Pelajaran untuk artis lain dan semua orang, pengetahuan tentang lingkungan memang sangatlah penting untuk menjaga kelestariannya. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Inilah Fakta Tentang "Bang Napi", Sosok yang Selalu Mengingatkan untuk Waspada!

Inilah Fakta Tentang "Bang Napi", Sosok yang Selalu Mengingatkan untuk Waspada!

TNI Akan Unjuk Kekuatan Alutsista di HUT TNI ke-72, Begini Kemeriahan Gladi Bersihnya!

TNI Akan Unjuk Kekuatan Alutsista di HUT TNI ke-72, Begini Kemeriahan Gladi Bersihnya!

Sosok di Balik Topeng Bang Napi Meninggal Dunia. "Waspadalah"-mu akan Selalu Dikenang

Sosok di Balik Topeng Bang Napi Meninggal Dunia. "Waspadalah"-mu akan Selalu Dikenang

2 Kali Umrah Bareng First Travel, Vicky Shu Dipanggil Polisi. Bulan Madunya Tertunda Deh!

2 Kali Umrah Bareng First Travel, Vicky Shu Dipanggil Polisi. Bulan Madunya Tertunda Deh!

Horang Kaya! Bos Ini Bagikan iPhone 8 ke Karyawannya Sebagai Ucapan Terima Kasih

Horang Kaya! Bos Ini Bagikan iPhone 8 ke Karyawannya Sebagai Ucapan Terima Kasih

Sudah Wajib Pakai E-Toll, Pengendara Ini Ngotot Bayar Tunai. Perdebatan Ini Hebohkan Warganet

Sudah Wajib Pakai E-Toll, Pengendara Ini Ngotot Bayar Tunai. Perdebatan Ini Hebohkan Warganet

loading