Fakta Unik Ibadah Haji di Indonesia Tahun 2016

13 September 2016
|Iswara Aji Pratama
0SHARES

Mungkin cuma di Indonesia pergi haji itu indent, kaya beli motor. Di beberapa tempat misalnya, jemaah haji harus nunggu kurang lebih 9 sampai 20 tahun untuk berangkat ke tanah suci. Sebenarnya, kuota yang diberikan oleh pemerintah Arab untuk jemaah haji Indonesia itu lebih besar dibandingkan dengan negara lain. Tapi karena adanya renovasi di Masjidil Haram, pemerintah Arab mengurangi kuota yang dimiliki oleh Indonesia. Alhasil, mayoritas jemaah haji Indonesia yang berangkat ke Mekkah adalah lansia. Umur mereka habis dipakai untuk menunggu giliran berangkat. Jadi intinya, punya uang aja gak menjamin kalau kita bisa langsung berangkat haji. Pada tahun 2016 ini, keberangkatan haji di Indonesia ternyata memiliki cerita tersendiri dibanding tahun-tahun sebelumnya, kaya gini, nih.

1. Bupati pergi haji pakai duit korupsi

Wah ini sih kelewat konyol. Jadi bupati ini ditangkap KPK setelah dia menggelar selamatan haji di rumah dinasnya. Miris abis. Ibadah kok pake uang yang gak bener. Seenggaknya, kalau punya duit gak bener ya dipakenya buat yang gak bener juga ya? Jadi seragam. 

2. Pergi haji lewat Fillipina

Kayanya kita harus kasih sedikit apresiasi buat para jemaah haji Indonesia yang terjebak di Filipina nih. Semangat mereka besar banget buat menunaikan ibadah haji. Tapi malangnya, para jemaah haji Indonesia tersebut kepergok oleh pemerintah filipina karena diajak ngobrol pake bahasa tagalog gak bisa. Besok-besok kalo mau pergi haji dari negara tetangga, mending ikut les bahasa dulu, deh.    

3. Jemaah haji bawa jimat

Mungkin orang yang membawa jimat ini melihat bahwa tanah suci bisa memberikan kekuatan magis yang dapat membuat dia awet muda, tidak terkalahkan, tidak lapar, tidak haus, kebal dari sakit hati, bisa tahan napas satu hari, bisa gak tidur seminggu.

4. Banyak Jemaah haji yang mengalami gangguan jiwa

Bisa dikatakan bahwa mayoritas jemaah haji di Indonesia adalah lansia. Biasanya sih mereka pergi haji setelah mengumpulkan uang selama bertahun tahun. Tapi faktor usia tersebut nyatanya menjadi penghambat ibadah. Jadi sekitar 89 orang jemaah haji Indonesia yang rata-rata berusia lebih dari 60 tahun ini mengalami gangguan jiwa. Gejala yang dialami oleh para Jemaah itu kaya lupa ingatan dan emosi yang naik turun. Gak sampe ngomong atau ketawa-tawa sendiri, sih. 

5. Jemaah haji membawa minuman beralkohol

Membawa jamu sebagai alasan kesehatan sih silakan aja. Dengan catatan bahwa jamu tersebut gak mengandung alkohol. Dosa. Nanti kalau kebanyakan minum jamu terus mabok, gimana? Emang enak mabok sendirian?

Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada jemaah Haji Indonesia di tahun 2016 ini semoga bisa menjadi evaluasi terhadap keberangkatan di tahun berikutnya. Gak usahlah duit korupsi dipakai buat pergi haji, gak usahlah jimat dan minuman alkohol dibawa ke tanah suci, gak usahlah minjem identitas negara tetangga buat ibadah. Apa yang diajarkan oleh ibadah haji adalah kesabaran. Kalau emang duitnya udah ada, tapi belum dipanggil juga, ya nikmatin aja. Ya kalo gak bisa nikmatin, yaudah uangnya dipake buat main Tamiya aja gimana?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
100 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Iswara Aji Pratama
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES