Dulu Bikin Meme Setya Novanto, Sekarang Cewek Ini Ditangkap Polisi. Waduh!

02 November 2017
|Venanda
0SHARES

Masih ingat dengan meme tentang Setya Novanto yang saat itu sedang opname? Tentunya! Kala itu banyak warganet yang kreatif membuat meme tentang dirinya saat kasusnya sedang hangat diperbincangkan. Meme ini muncul sejak foto Setya Novanto yang sedang terbaring sakit tersebar di dunia maya. Saat itu warganet merasa ada yang janggal dengan foto tersebut dan membuat meme untuk mengkritisinya.

Saking banyaknya yang membuat meme tersebut, sulit untuk mengetahui siapa pembuat pertamanya. Karena memang banyak warganet yang ikut menyebarkannya meme itu. Setelah sekian lama meme ini tenggelam dan tidak ramai di sosial media, beberapa waktu lalu tersiar kabar bahwa polisi berhasil menangkap salah satu pembuat meme tentang Setya Novanto.

Ternyata Setya Novanto dan kuasa hukumnya melaporkan warganet yang membuat meme tentang dirinya. Waduh, gawat juga ya.

Awalnya di media sosial tersebar foto kejanggalan Setya Novanto saat terbaring di ranjang rumah sakit. Netizen yang kritis lalu membuat daftar kejanggalan dari foto tersebut. Salah satunya adalah yang diunggah warganet tersebut. Kemudian, banyak bermunculan editan gambar yang menggunakan foto tersebut. Sebagian besar berisi sindiran kepada Setya Novanto.

Setelah dinyatakan sembuh dari penyakitnya, ia kini melancarkan serangan balik kepada warganet yang membuat meme tentang dirinya. Bersama kuasa hukumnya, Frederich Yunadi, ia melaporkan beberapa orang yang membuat dan menyebarkan meme tentang dirinya yang sedang berada di rumah sakit.

Mereka sudah melaporkan 5 orang pelaku sejak 10 Oktober 2017 lalu. Saat ini, pihak kepolisian sudah menangkap satu orang yang pernah membuat meme Setya Novanto. Warganet yang bernama Dyann Kemala Arrizqi ini dilaporkan atas dugaan membuat meme gambar Setya Novanto yang sudah diedit sedemikian rupa. Ia ditangkap dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Saat itu, Dyann melalui akun Twitter pribadinya yang bernama @dazzlingdyann mengunggah meme hasil kreasinya. Meskipun alasannya hanya iseng belaka, ia tetap diproses oleh pihak berwajib. Dyann bahkan terancam hukuman 4 tahun penjara jika terbukti melanggar pasal 27 (3), pasal 28 (1), pasal 32(1), pasal 37 juncto pasal 45 ayat 1 dan 2 UU No 19 tahun 2008 tentang ITE.

Waduh, kalau benar-benar pembuat meme Setya Novanto tersebut akan dihukum, bagaimana ya nasib warganet yang sering membuat meme untuk mengungkapkan kritiknya di media sosial? Apakah nantinya warganet masih bisa bebas mengungkapkan pendapatnya melalui meme lagi? Hmmm, kita lihat saja nanti kedepannya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Quote apa ya?"
0SHARES