Bukan Ilusi Optik, Inilah Foto Asli Fenomena Gerhana Matahari Total di Amerika Kemarin!

22 Agustus 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Senin lalu (21/8/17), Amerika Serikat untuk pertama kalinya setelah tahun 1979 kembali mengalami fenomena gerhana matahari yang dapat dilihat dari seluruh kota di Amerika Serikat. Menghadapi fenomena alam langka yang hanya muncul sekali selama puluhan tahun ini, masyarakat Amerika begitu antusias dan bersiap-siap dengan kacamata gerhana matahari mereka dan tentunya, kamera. Mereka berbondong-bondong datang memenuhi berbagai tempat terbuka untuk menyaksikan bulan menutupi sinar matahari selama 1,5 jam. Selama 1,5 jam yang singkat itu, seluruh benua Amerika bagaikan senyap sejenak. Semua orang terbius dengan pemandangan gerhana matahari total yang selama ini telah mereka nantikan dengan antusias. Tentu saja di era digital ini, masyarakat tidak hanya dapat menonton, namun juga berupaya mengabadikan momen langka tersebut dengan kamera.

Inisiatif masyarakat Amerika untuk mengambil gambar gerhana total yang langka itu sebenarnya merupakan aksi yang sepatutnya diapresiasi oleh kita semua. Karena berkat inisiatif mereka ini, kini seluruh dunia pun dapat menikmati pemandangan langka gerhana matahari total meskipun tidak secara langsung. Ingin tahu seperti apa menakjubkannya gerhana matahari total? Berikut YuKepo kumpulkan foto-foto gerhana matahari total yang dapat kamu nikmati tanpa harus membeli kacamata gerhana!

1. Dalam waktu yang singkat, bulan merayap menutupi matahari

2. Fenomena yang hanya berlangsung singkat ini dinantikan oleh jutaan masyarakat Amerika

3. Ini adalah pertama kalinya Amerika dapat melihat gerhana matahari total setelah tahun 1979 silam

4. Detik-detik saat bulan menutupi matahari secara total menjadi detik yang ditunggu oleh semua penonton gerhana di Amerika

6. Meski sudah dinanti, namun di beberapa tempat, fenomena gerhana ini tertutup oleh awan

7. Meski tertutup awan, namun tidak mengurangi magisnya fenomena alam yang satu ini

8. Beberapa orang bahkan menaiki pesawat demi dapat melihat gerhana matahari dari langit

9. Beginilah penampakan gerhana matahari total dari pesawat

10. Tidak hanya pesawat, NASA bahkan menyiapkan fotografer untuk mengambil gambar gerhana matahari dari luar angkasa

Gerhana matahari terjadi saat garis orbit bulan melintas di antara matahari dan bumi sehingga bulan menutupi sinar matahari selama beberapa saat, menutupi bumi dengan bayangannya. Gerhana matahari terbagi menjadi dua, yaitu gerhana matahari parsial dan gerhana matahari total. Nah, yang kemarin baru saja terjadi di Amerika Serikat adalah gerhana matahari total yang merupakan fenomena langka karena garis orbit bulan harus secara tepat berada di antara matahari dan bumi sehingga secara utuh menutupi matahari. Gerhana matahari ini hanya terjadi beberapa tahun sekali. Menurut perkiraan, gerhana matahari total akan terjadi lagi di beberapa kota di Amerika Serikat pada tahun 2024 mendatang.

Hmm, kalau sekarang kita hanya bisa menikmati lewat foto, bisa nggak ya kita menyaksikan langsung gerhana matahari di Amerika tahun 2024 nanti? Semoga, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES