Bayar Rekening Listrik di Bandung Bisa Gak Pakai Uang, Cukup Pakai Sampah!

24 Februari 2017
|Yuniar Dwi Setiawati
0SHARES

Di Bandung, sekarang sudah bisa bayar listrik pakai sampah. Ide gila ini bertujuan mulia yaitu pemerintah secara khusus ingin lebih konsentrasi mengelola sampah dengan baik agar lingkungan tetap sehat. Kali ini PLN bekerjasama dengan LSM Hijau Lestari berencana membangun Bank Sampah Induk di Kota Bandung. Bank Sampah inilah yang akan dijadikan wadah agar masyarakat dapat membayar rekening listrik.

Seperti berita yang dilansir dari detik.com, peresmian Bank Sampah Induk ini bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, 21 Februari 2017. Acara ini dihadiri oleh wakil Walikota Bandung, Oded Muhammad Danial dan Direktur Human Capital Management PT. PLN (Persero), Muhammad Ali serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Salman Fauzi.

Lokasi Bank Sampah Induk Kota Bandung ini terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.752 Bandung. Jadi masyarakat bisa mulai setor sampahnya untuk membayar listrik dari sekarang. Keren kan? Caranya mudah sekali: cukup bawa sampah ke Bank Sampah untuk ditimbang, dan beratnya dinominalkan dalam kurs rupiah sehingga uangnya bisa dipakai untuk bayar listrik secara langsung atau ditukarkan untuk biaya token listrik.

Ide ini cukup berani ya! Pemerintah Bandung cukup kreatif juga mengajak warganya untuk ikut serta dalam program kebersihan lingkungan. Nah, sampah-sampah yang dikumpulkan tersebut ternyata tidak dibiarkan begitu saja. Tapi pemerintah akan mengolahnya. Kamu mau tahu bagaimana seluk beluk pengelolaan sampah? Simak yuk!

1. Sampah akan dipisahkan dalam kategori organik dan non organik

3. Sampah bisa jadi pupuk kompos

5. Sampah bisa jadi kerajinan tangan

Wow, ternyata ide pembayaran rekening listrik pakai sampah ini cukup kreatif ya. Tetap aja sampah bisa diubah menjadi sesuatu yang berguna dan bisa jadi peluang bisnis unik. Jadi sudah gak ada cerita lagi ya buang sampah sembarangan. Kamu yang setor sampah ke Bank Sampah Induk juga gak rugi kok, malahan kamu bisa bantu orangtuamu lebih ringan untuk bayar listrik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Yuniar Dwi Setiawati
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES