Awalnya Cuma Bercanda, "Meme Wisuda Cuma buat Orangtua" Dapat Krikitan Pedas dari Warganet

01 November 2017
|Venanda
3 KSHARES

Beberapa waktu yang lalu, meme tentang wisuda sering muncul di media sosial. Meme yang biasanya bertuliskan ‘Wisuda cuma ditemani orangtua? Itu wisuda atau ambil rapot?’ awalnya ditujukan untuk para jomblo yang datang ke wisuda tanpa pasangan.

Namun, meme yang awalnya hanya bercandaan ini justu mendapat kritik keras dari salah satu warganet. Hmm, kira-kira kenapa ya?

Kritik ini dibuat oleh warganet bernama Livani Rizky Putri. Status panjang yang sangat menohok para pembuat meme ‘wisuda cuma sama orangtua’ ini pun langsung viral di sosial media. Saking viralnya, status ini diunggah ulang oleh akun Facebook bernama SBMPTN.

Dalam tulisan tersebut Livani mengkritik tentang wisuda yang dianggap sudah keterlaluan. Memang tujuannya untuk menggoda para jomblo yang datang ke wisuda tanpa ditemani pendamping. Namun, saat melibatkan kata ‘cuma ditemani orangtua’ ia merasa itu terlalu berlebihan.

Dalam tulisan tersebut, ia mempertanyakan apa salahnya datang ke wisuda bersama orangtua. Apalagi selama hidup dari kecil hingga dewasa, orangtua adalah salah satu orang yang membiayai semua kebutuhan hidup. Ia juga menekankan bahwa wisuda adalah salah satu hadiah untuk orangtua yang sudah susah payah merawatnya sampai dewasa.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa tidak semua orang bisa datang ke wisuda dengan orangtuanya. Ada yang ayah atau ibunya sudah tiada sehingga wisuda tidak bisa bersama mereka. Meme seperti ini bisa saja menyakiti hati orang-orang yang orangtuanya justru tidak bisa datang saat wisuda.

Dalam statusnya tertulis tentang kritik dan keresahannya tentang guyonan yang malah mendekat pada tidak sopan. Tidak hanya itu, ia juga siap dilabeli sebagai netizen baper yang mempermasalahkan meme yang sifatnya hanya bercandaan.

Dari kritikannya tersebut, banyak komentar yang mengiyakan dan sepakat dengan pendapatnya. Karena tidak semua hal bisa dibuat meme dan dijadikan guyonan.

Memang tidak semua meme bisa diterima oleh banyak orang. Meme yang niatnya hanya lucu-lucuan, bisa jadi membuat beberapa orang sakit hati karena banyak mengandung kontroversi. Jadi mungkin ini bisa jadi bahan pembelajaran para pembuat meme agar lebih hati-hati dalam mencetuskan ide.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Quote apa ya?"
3 KSHARES