Aksi 313 Akan Digelar Besok, Simak Pendapat Para Tokoh-tokoh Penting Ini

30 Maret 2017
|Monica Petra
220SHARES

Forum Umat Islam (FUI) akan menggelar aksi lagi besok pagi dan disebut aksi 313. Aksi ini boleh dibilang serupa dengan aksi-aksi sebelumnya, yaitu menuntut agar Ahok diberhentikan terkait kasus penistaan agama. Aksi ini akan dimulai dengan sholat Jumat bersama di Masjid Istiqlal lalu dilanjutkan dengan long march ke Istana Kepresidenan. 

Nah, berkaitan dengan aksi 313 tersebut YuKepo mau bahas tentang pendapat para tokoh nih. Kira-kira apa komentar mereka? Yuk, langsung kita kepoin bareng. 

1. Presiden Jokowi

Pak Presiden Jokowi hanya berpesan agar aksi dilakukan dengan santun dan tertib. Beliau terbuka dengan masyarakat yang ingin menyampaikan pendapatnya. Itu semua sah dan tidak dilarang oleh undang-undang. Hanya itu yang beliau pesan, agar aksi jangan sampai mengganggu aktifitas warga di sekitar lokasi, begitulah seperti dilansir dari kompas.com.

2. Ketua Umum MUI

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, yaitu KH. Ma'aruf Amin dilansir dari detik.com justru memberi pendapat yang di luar dugaan. Beliau menganggap bahwa aksi 313 seharusnya tidak perlu dilakukan. Karena sudah sama dengan aksi sebelumnya dan menurut beliau, Presiden Jokowi telah melakukan komunikasi dengan berbagai pihak. Ma'aruf sendiri juga telah bertemu Presiden Jokowi. Menurutnya, aksi harus dilakukan damai dan tidak sampai ada upaya untuk mengganti pemerintahan. Karena keutuhan negara harus dijaga.

3. Polda Metro Jaya

Dilansir dari republika.co.id, Argo Yuwono, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar berpendapat bahwa sebaiknya aksi hanya bertujuan doa saja dan tidak ada unsur politik terkait pilkada. Serta harus dilakukan dengan tertib. Pihaknya, siap mengamankan aksi esok hari dan akan menindak massa jika ada yang berbuat anarkis. 

4. Djarot

Calon wakil gubernur Jakarta ini, berpendapat agar para peserta aksi 313 dapat menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang sejuk dan menebar kebaikan. Begitulah yang dilansir oleh tribunnews.com. Agar supaya peserta yang datang dari luar Jakarta tidak menimbulkan macet serta semua peserta menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban. 

5. Koordinator aksi dari FUI

Sementara koordinator aksi dari FUI yaitu Bernard Abdul Jabbar, seperti dilansir dari viva.co.id mengatakan bahwa aksi akan berlangsung damai. Namun, dia juga tidak memungkiri atau tidak menjamin jika mungkin bakal terjadi macet. Karena menurutnya, demo apa pun sudah lumrah pasti bakal memenuhi jalan. Apalagi dalam aksi ini digadang-gadang bakal dihadiri sekitar 100.000 umat muslim, dilansir dari kompas.com.

Pro dan kontra akan selalu ada di setiap aksi demo. Semua memiliki pandangan masing-masing. Yang penting bagaimana supaya perbedaan itu nggak memecahbelah tapi justru bisa semakin mempererat persatuan dan persaudaraan kita. Berharap aja semoga memang benar besok berjalan damai dan lancar. Apalagi ini sudah mau dekat dengan Pilgub, harapannya suasana bisa terus kondusif. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
220SHARES