7 Barang Penting yang Harus Dipersiapkan Ketika Operasi Zebra 2016 Berlangsung!

www.metrosulawesi.com

Sejak Rabu (16/11) Operasi Zebra telah dimulai serentak di seluruh Indonesia sampai tanggal 28 November. Operasi ini dilakukan untuk menertibkan para pengendara kendaraan yang bandel karena melanggar aturan lalu lintas. Dengan diadakannya operasi ini Polri mengharapkan masyarakat bisa lebih tertib dan mentaati segala aturan yang berlaku. Iya juga sih, pengendara kendaraan di Indonesia mah seenak jidat kalo lagi di jalanan. Helm misalnya, mending ditaro di jok motor dibanding dipake karena gerah. Haduh, kalo jatuh kan bisa pecah tuh kepala. Terus pas udah pecah siapa yang mau gantiin? Gak ada, karena emang gak bisa diganti kepala mah. Kembali ke Operasi Zebra, kepolisian akan menindak dan memberi teguran selama operasi tersebut berlangsung. Seperti yang dilansir oleh otomania.com (17/11), UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menjadi dasar hukum atas Operasi Zebra. Agar kamu gak kena tilang di Operasi Zebra, YuKepo udah merangkum beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika mengendarai kendaraan. Penasaran apa aja? Yuk scroll ke bawah!    

1. Perhatikan kaca spion kamu!

threadpanas.blogspot.co.id

Nah untuk benda yang satu ini sering banget disepelekan oleh para pengendara kendaraan, terutama motor. Padahal spion tuh penting banget buat bikin kita lebih hati-hati sama kendaraan yang ada di belakang kita. Alih-alih biar keren tanpa spion, keselamatan berkendara jadi dilupain nih, khususnya oleh anak muda. 

2. Cek klakson kamu ada suaranya apa enggak

pertamax7.com

Klakson itu penting lho dalam bekendara. Fungsinya klakson ini bukan sekadar bikin berisik, tapi juga jadi alat yang digunakan untuk memberitahu kendaraan lain kalau kaki kamu kelindes, atau kamu mau nyalip kendaraan dia. Kalo klason kamu mati dan kamu gak punya duit buat ganti, yaudah minjem toa masjid aja.

3. Lampu motor harus nyala dengan terang, gak boleh redup kaya lampu kandang ayam

infounikmenarikterbaru.blogspot.co.id

Dalam kecepatan tinggi, cuaca mendung, atau pada malam hari, lampu pada kendaraan itu harus berfungsi. Kalo lampu kendaraan kamu mati, itu bahaya. Soalnya gini, gak semua orang punya ketajaman mata yang sama. Ada orang yang matanya rabun ayam, makanya harus dibantu oleh lampu kendaraan biar dia bisa liat dengan jelas.

4. Speedometer harus nyala dan berfungsi dengan baik

menyusurijalan.com

Buat kamu yang begaya nyabut speedometer karena pengen ngebut tanpa ngeliat kecepatan, kamu harus pasang lagi tuh speedometer. Masalahnya kalo speedometer kamu rusak, kamu gak tahu kecepatan kamu udah sampe mana. Benda ini tuh jadi pengingat kamu kalo kecepatan, bensin, dan lampu kendaraan kamu itu berfungsi dengan baik!

5. Knalpot "bawel" juga bakal ditilang lho!

sarikurnia980.files.wordpress.com

Buat kamu yang punya knalpot yang suaranya kaya terompet sangkakala, mending diganti sekarang! Lagian nih yah, apa sih fungsinya pake knalpot kaya gitu? Biar orang lain tahu kalo kamu punya motor? Kalo kamu itu pembalap dan pake knalpot kaya gitu di sirkuit balapan ya gak masalah.  

6. Pakai helm itu hukumnnya wajib, bukan sunnah!

malesbanget.com

Aspal itu keras, gak lembek kaya kasur. Aspal itu kasar, gak halus seperti kue bolu. Jadi kesimpulannya, gunakan helm sebelum kepala kamu bersentuhan dengan aspal dan berantakan kaya beras subsidi.

7. Bawa surat-surat kendaraan lengkap dan jangan lupa berdoa ketika pergi dari rumah

Sumber Gambar

Jangan lupa bawa SIM dan STNK! Ini penting banget, kalo kamu gak bawa, bisa-bisa kamu dituduh maling. Tapi buat kamu yang belum punya SIM jangan sekali-kali deh bawa motor! Naik sepeda aja dulu lancarin. Nanti kalo udah waktunya juga kamu bakal ngerasain sensasinya bawa motor.

Gimana kondisi kendaraan kamu? Apa udah sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku untuk lalu lintas? Kalo belum, mending sekarang dilengkapin deh biar kamu gak kena tilang. Ohya,dalam Operasi Zebra ini kendaraan bermotor dikenakan denda paling tinggi sebesar Rp 250.000 dan mobil sebesar Rp 500.000. Mulai dari sekarang yuk menjadi pengendara yang taat pada aturan. Lagian, buat apa sih mentingin gaya dibanding dengan keselamatan? Semoga kamu gak kena tilang di Operasi Zebra ya!

0%
Marah
0%
Gokil
100%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Penyanyi Kelas Dunia Ini Ternyata Pernah Gagal Manggung di Indonesia!

Penyanyi Kelas Dunia Ini Ternyata Pernah Gagal Manggung di Indonesia!

Trump Vs Obama, Ekspresi Wajah Siapa Yang Lebih Jago Jadi Babysitter Ya?

Trump Vs Obama, Ekspresi Wajah Siapa Yang Lebih Jago Jadi Babysitter Ya?

7 Pemimpin Dunia Ini Punya Gaya Serupa Dengan Ahok Tapi Mereka Gak Jadi Tersangka!

7 Pemimpin Dunia Ini Punya Gaya Serupa Dengan Ahok Tapi Mereka Gak Jadi Tersangka!

Simak Perkembangan Penelitian Toilet Anti-Nyiprat Khusus Pria Ini, Kamu Pasti Terpukau!

Simak Perkembangan Penelitian Toilet Anti-Nyiprat Khusus Pria Ini, Kamu Pasti Terpukau!

Masih Ada 5 Tentara Wanita Hebat Pasca Yu Xu Meninggal Dunia!

Masih Ada 5 Tentara Wanita Hebat Pasca Yu Xu Meninggal Dunia!

Inilah Beberapa Benda yang Harus Kamu Siapkan Untuk Menikmati Supermoon!

Inilah Beberapa Benda yang Harus Kamu Siapkan Untuk Menikmati Supermoon!

loading