Walau Islamofobia Merebak, 7 Kota di Eropa ini Tetap Ramah Muslim, Lho!

www.instagram.com

Salah satu persoalan terberat yang dihadapi setiap muslim saat hendak pergi berlibur ke luar negeri adalah memastikan bahwa di negara tersebut, mereka dapat menemukan makanan halal dan tempat beribadah yang nyaman. Terlebih jika bepergian ke negara-negara non muslim seperti di Eropa. Benua yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata yang diimpikan oleh banyak orang.

Menjejakkan kaki ke tanah Eropa, melihat berbagai keajaiban dunia yang ada disana, seperti Menara Eiffel, Colosseum, dan Menara Pisa. Atau mungkin melihat tempat-tempat bersejarah seperti Tembok Berlin, Louvre dan Big Ben. Keindahan Eropa berhasil menarik hati para wisatawan, termasuk wisatawan muslim. Namun kembali lagi, karena merupakan negara non-muslim, muncul ketakutan-ketakutan dalam diri para wisatawan muslim terkait ketersediaan fasilitas-fasilitas yang menunjang kegiatan beragama. Terlebih, dengan meningkatnya angka islamofobia di Eropa belakangan ini, kita jadi semakin was-was saat hendak berkunjung ke sana.

Sebenarnya kita tidak perlu takut, karena di Eropa pun terdapat kota-kota yang ramah muslim. Penasaran? Cek daftar berikut yaa!

1. Berlin

www.getyourguide.com

Berlin adalah salah satu kota tujuan favorit wisatawan di Jerman. Hal ini dikarenakan Berlin memiliki berbagai atraksi wisata yang menarik, seperti Tembok Berlin, dan Hutan Grunewald yang indah. Namun ternyata bukan hanya indah, Berlin juga merupakan kota yang ramah muslim! Jauh dari islamofobia. Di Berlin, jumlah umat muslim mencapai 9 persen dari total populasinya. Sehingga terdapat berbagai fasilitas untuk muslim yang cukup lengkap seperti masjid dan restoran halal.

2. Paris

parlourmagazine.com

Kota paling romantis di dunia ini setiap tahunnya berhasil menarik jutaan wisatawan. Bukan hanya Menara Eiffelnya yang menakjubkan, namun terdapat juga berbagai atraksi wisata yang indah dan ikonik seperti Louvre dan Arc de Triomph. Jika kamu seorang muslim dan ingin bertandang ke Paris, jangan khawatir, di kota ini kamu dapat menemukan lebih dari 100 restoran halal. Hal ini dikarenakan di Paris terdapat lebih dari satu juta umat muslim. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan islamofobia lagi.

3. Brussels

www.brussels.be

Ibu kota negara Belgia ini menjabat juga sebagai kota basis dimana kantor Uni Eropa berada. Kota indah ini ternyata tidak hanya menjadi kota penting bagi Uni Eropa, namun juga merupakan salah satu kota paling beragam di Eropa. Sehingga masyarakatnya yang sudah terbiasa dengan perbedaan, memiliki rasa toleransi beragama dan berbudaya yang tinggi. Selain itu, karena keberagamannya pula, di Brussels wisatawan muslim dapat dengan mudah menemukan berbagai restoran halal.

4. London
www.timeout.com

London kerap digadang sebagai salah satu kota Eropa dengan jumlah umat muslim yang sangat besar. Dan benar saja, di London terdapat setidaknya satu juta umat muslim yang berdiam disana. Dengan jumlah umat muslim yang begitu besar, maka wisatawan muslim pun tidak perlu khawatir mengenai menyoal islamofobia pun tentang ketersediaan makanan halal dan tempat beribadah di London. 

5. Amsterdam
www.telegraph.co.uk

Seperti halnya Brussels, Amsterdam merupakan kota yang memiliki keberagaman yang begitu kaya. Dan umat muslim di Amsterdam jumlahnya mencapai 14 persen dari total populasi. Melihat fakta tersebut, maka sudah dapat ditebak berwisata ke Amsterdam bagi seorang muslim pun pasti cenderung mudah. Ya, di Amsterdam, wisatawan muslim dapat dengan mudah menemukan masjid dan restoran halal.

6. Vienna

www.wien.info

Kota indah ini merupakan ibukota dari Austria, negara kecil yang terletak Eropa Tengah. Meski kecil, namun keindahan Vienna merupakan sesuatu yang wajib untuk dinikmati ketika sedang berkunjung ke Eropa. Selain itu, Vienna pun memiliki 8 masjid yang mudah ditemui, dan juga terdapat banyak restoran halal dengan berbagai pilihan makanan. Mulai dari burger halal, hingga masakan Timur Tengah.

7. Barcelona

www.timeout.com

Barcelona menjadi kota dengan jumlah populasi muslim terbanyak di Spanyol. Terdapat setidaknya 300.000 orang muslim yang tinggal di Barcelona, dan jumlah ini berarti mencapai 5,4 persen dari total jumlah populasi di kota yang indah ini. Karena itu, Barcelona menjadi salah satu kota yang ramah muslim di Eropa. Wisatawan muslim dapat menemukan dua Islamic Center di Barcelona dan banyak restoran dengan label halal.

Meski mungkin ketika kita berada di Eropa diperlukan usaha yang lebih besar untuk tetap lancar beribadah, namun usaha itu sepadan kok dengan apa yang bisa kita dapatkan dari menjelajah benua Eropa. Di negara-negara non-muslim yang memiliki kadar islamofobia cukup rendah ini, kita akan jadi lebih memaknai keberagaman dan toleransi beragama. Selain itu, kita juga jadi lebih mensyukuri kemudahan yang kita dapatkan di Indonesia, dimana mayoritas makanan halal, dan masjid dapat ditemui dengan mudah.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Beri Dukungan Kekeringan yang Melanda Roma, Vatikan Matikan 100 Air Mancur

Beri Dukungan Kekeringan yang Melanda Roma, Vatikan Matikan 100 Air Mancur

Kroasia Disebut Memiliki Presiden Seksi Karena Berbikini, Netizen Salah Sangka Sama Foto Ini

Kroasia Disebut Memiliki Presiden Seksi Karena Berbikini, Netizen Salah Sangka Sama Foto Ini

Pripyat, Kota Mati dan Angker yang Ditinggalkan Penghuninya Karena Tragedi Chernobyl

Pripyat, Kota Mati dan Angker yang Ditinggalkan Penghuninya Karena Tragedi Chernobyl

Keren! Jalan Aspal di Inggris Ini Terbuat dari Plastik Daur Ulang

Keren! Jalan Aspal di Inggris Ini Terbuat dari Plastik Daur Ulang

Centaur, Makhluk Mitologi Yunani yang Bertarung Melawan Hercules

Centaur, Makhluk Mitologi Yunani yang Bertarung Melawan Hercules

Helen, Anak Perempuan Zeus yang Cintanya Diperebutkan Banyak Pria

Helen, Anak Perempuan Zeus yang Cintanya Diperebutkan Banyak Pria

loading