Video Edukasi Seks Pakai Tokoh Berbentuk Kelamin, Begini Cara Negara-negara Ajarkan Pendidikan Seks!

www.yukepo.com

Di dunia maya beberapa waktu belakangan ini telah beredar sebuah video dari Swedia yang membuat banyak orang nyengir. Pasalnya, video viral ini menampilkan figur-figur tokoh yang berbentuk kelamin manusia. Dalam video berdurasi dua menit dan tampak seperti sebuah trailer dari film-film Hollywood ini, seluruh tokohnya berbentuk alat kelamin pria dan perempuan. Ternyata, video ini bukan video "porno" semata. Video ini merupakan salah satu upaya kreatif dari petugas kesehatan di Swedia untuk melakukan edukasi seks kepada anak-anak terkait pentingnya menggunakan kondom dan bahaya dari penyakit menular seksual klamidia. Memang dalam video ini tampak tokoh yang berupa alat kelamin tersebut melakukan adegan aksi dan kabur dari sesuatu yang lantas diketahui sebagai klamidia. Satu-satunya yang dapat menolong tokoh-tokoh tersebut adalah “the condom”. Slogan dari iklan ini pun sudah mengindikasikan tindakan seksual, yaitu “Rubber up and enjoy the ride”. Untuk video lengkapnya dapat dilihat di sini.

Cara unik petugas kesehatan di Swedia ini bukanlah satu-satunya yang ada di dunia. Berbagai negara yang kini mulai terbuka dengan isu seksual mulai mengajarkan tentang seks dan kesehatan reproduksi sedari dini kepada generasi penerusnya. Pasalnya, negara-negara ini percaya bahwa dengan cara memberikan pendidikan seks sejak awal akan dapat menekan angka kejahatan seksual dan persebaran penyakit menular seksual. Lalu, bagaimana cara berbagai negara di dunia dalam melakukan edukasi seks? Yuk, kepo!

1. Norwegia

www.sbs.com.au

Norwegia merupakan salah satu dari beberapa negara di Eropa yang bersikap sangat terbuka dan santai mengenai seks, termasuk dalam metode edukasi seksnya. Negara ini memiliki metode yang lebih vulgar, yaitu dengan membuat serial eksplisit mengenai seks yang ditujukan untuk anak-anak berusia 8-12 tahun. Upaya vulgar pemerintah Norwegia ini berhasil karena terbukti Norwegia memiliki angka kehamilan remaja yang rendah dibandingkan dengan mayoritas negara lain di dunia.

2. Inggris

www.bbc.co.uk

Di Inggris, edukasi seks dilakukan di kelas-kelas dan bukan merupakan mata pelajaran wajib sehingga orang tua maupun murid yang tidak nyaman dapat menolak untuk mengikuti kelas tersebut. Namun, pendidikan seks di Inggris justru lebih menekankan pada perihal persetujuan dari kedua belah pihak. Salah satu metode pengajarannya adalah melalui games di mana dua orang murid bergerak mendekat ke satu sama lain hingga kedua anak tersebut merasa tidak nyaman dengan keberadaan lawan mainnya itu, kemudian salah satu dari mereka berani untuk menyatakan tidak. Hal ini dilakukan oleh pemerintah Inggris demi menekan angka pelecehan seksual dan pemerkosaan di Inggris yang cukup tinggi.

3. Cina

www.sixthtone.com

Di Cina yang memiliki budaya ketimuran yang cenderung tertutup masalah seks, pendidikan seks tetap menjadi mata pelajaran wajib bagi anak-anak SMA di sana. Namun, salah satu gerakan yang paling unik dilakukan oleh seorang perawat bernama Zhou Li yang menjabarkan dengan gamblang kepada anak laki-lakinya mengenai seks dan kesehatan reproduksi. Sekolah anak laki-laki Zhou Li lantas tertarik dengan metode ini dan mengundang Zhou Li untuk memberikan presentasinya terkait pendidikan seks kepada murid-murid mereka. Selain Zhou Li, di Cina perempuan-perempuan juga banyak yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan pendidikan seks secara privat.

4. Amerika
www.onlymyhealth.com

Amerika merupakan salah satu negara yang cukup terbuka terkait seks. Di negara ini, pendidikan seks menjadi kurikulum di sekolah-sekolah dan wajib diajarkan kepada murid-muridnya. Namun, edukasi seks tersebut dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pelajaran di kelas hingga yang unik dan kreatif, dengan aplikasi. Ya, seorang mahasiswa dari Universitas Tennessee mengembangkan sebuah aplikasi bernama Hookup yang dapat menjadi tempat di mana orang-orang dapat berkonsultasi serta bertanya terkait seks dan akan mendapatkan balasan dari dokter atau orang-orang yang berwenang untuk menjawab pertanyaan tersebut.

5. Uganda
campusbee.ug

Meski di banyak negara di Afrika pendidikan seks masih menjadi sesuatu yang sangat tabu, namun di Uganda telah dilakukan upaya untuk mendidik generasi muda terkait seks dan kesehatan reproduksi. Uniknya, gerakan yang bernama Reach A Hand ini melakukan pendekatan dari anak muda ke anak muda. Mereka menggunakan tenaga pendidik yang masih muda dan menggaet selebritis muda untuk memberikan edukasi seks dan sistem reproduksi. Mereka berupaya untuk membuat edukasi seks menjadi sesuatu yang keren dan diminati oleh anak muda di Uganda.

Melihat cara dari kelima negara di atas untuk memberikan pendidikan seks kepada generasi mudanya, muncullah pertanyaan, bagaimana dengan di Indonesia? Apakah sudah diterapkan pendidikan seks yang baik dan mumpuni? Ataukah seks masih menjadi sesuatu yang terlalu tabu untuk dibicarakan? Padahal, pendidikan seks adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebuah bangsa. Dengan adanya pendidikan seks yang tepat justru dapat menekan angka seks bebas, penyakit menular seksual, dan aksi kejahatan terkait seks. Karena dengan mengetahui batasan-batasan terkait seks serta risiko dan bahaya dari praktik seks yang tidak aman, generasi muda dapat membuat pilihan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri dan Negara Indonesia ke depannya. Jadi, sudah sampai mana, Indonesia?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

Ternyata Ada Beberapa Negara yang Menggunakan "Romance Language", Apakah Bahasanya Romantis?

Ternyata Ada Beberapa Negara yang Menggunakan "Romance Language", Apakah Bahasanya Romantis?

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Kenapa Beberapa Orang Rusia Memiliki Wajah Asia? Cek Alasannya di Sini!

Kenapa Beberapa Orang Rusia Memiliki Wajah Asia? Cek Alasannya di Sini!

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Foto-foto Keluarga Kerajaan Ini Membuktikan bahwa Kehidupan Kerajaan Nggak Selalu "Wow"

Foto-foto Keluarga Kerajaan Ini Membuktikan bahwa Kehidupan Kerajaan Nggak Selalu "Wow"

loading