Tingginya Bisa Sampai 30 Meter, Begini Ngerinya Ombak Raksasa di Pantai Nazare. Menantang!

22 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Pantai memang tidak ada duanya. Banyak orang menyukai pantai sebagai tempat untuk bersantai saat libur. Bermain dengan ombak menjadi hal yang sering dilakukan di pantai. Kalau bagi peselancar, ombak adalah elemen penting yang bisa memuaskan hasratnya. Tapi, apa mereka berani menantang ombak raksasa di Pantai Nazare?

Pantai Nazare merupakan kota pesisir di Portugal yang berhadapan langsung dengan Samudera Atlantik. Kota ini bisa ditempuh kira-kira dalam waktu satu setengah jam dari Kota Lisbon, ibukota Portugal. Pantai di Nazare terkenal dengan ombaknya yang super besar. Selain itu di pantai yang terhampar pasir cokelat tersebut juga berdiri beberapa resor. Karena dua alasan tersebut, banyak turis yang mendatanginya.

Ombak di Pantai Nazare tingginya bisa mencapai 100 kaki atau 30 meter. Gila, ombak atau tsunami tuh? Ombak di Nazare memang tinggi-tinggi. Rata-rata tingginya mencapai 12 hingga 15 meter yang biasanya muncul di Pantai Praia do Norte.

Kedahsyatan gelombang di Nazare tersebut mulai tenar setelah peselancar dari Hawaii, Garret McNamara, menjadi berita utama pada November 2011. McNamara memecahkan rekor berselancar dengan menunggangi ombak setinggi 24 meter. Setelah itu, McNamara kembali ke Nazare dan berhasil berselancar dengan ombak yang mencapai ketinggian 30 meter. Masih di tahun yang sama, peselancar asal Brasil, Carlos Burle, dan peselancar asal Inggris, Andrew Cotton, juga pernah merasakan dahsyatnya gelombang Nazare.

Alasan dapat terciptanya gelombang yang super besar adalah terdapatnya jurang di bawah laut. Jurang yang disebut Nazare Canyon tersebut dianggap sebagai jurang laut terbesar di Eropa. Gelombang dari Atlantik akan terhempas kencang disebabkan adanya gerakan air di bawahnya yang kemudian membuat gelombang tersebut melesat ke atas dan menciptakan ombak yang sangat tinggi. Ombak yang paling tinggi bisa dilihat saat musim dingin.

Tak hanya Nazare, tiga pantai lain juga memiliki jurang bawah laut dan ombak yang tinggi. Tiga pantai tersebut adalah Teahupoo di Tahiti, Pipeline di Hawai, dan Mavericks di California, Amerika Serikat.

Lihat ombak setinggi 30 meter gimana rasanya ya? Boro-boro mau berselancar, lihatnya aja gemetaran. Makanya, hanya peselancar profesional yang diperbolehkan untuk menunggangi sang ombak raksasa di Pantai Nazare tersebut.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES