Tak Selesaikan Pendidikan, 7 Tokoh Dunia Ini Buktikan Kesuksesannya.

11 Oktober 2017
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Pendidikan dinilai menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan seseorang. Seseorang yang mampu meraih pendidikan tinggi akan mudah mencapai kesuksesan dan sebaliknya. Anggapan tersebut mungkin ada benarnya. Orang yang lulus dengan pendidikan lebih tinggi mungkin akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Tapi, anggapan tersebut tidak selalu benar. Seseorang yang berpendidikan tingkat rendah tetap bisa mencapai kesuksesan. Hal tersebut telah dibuktikan oleh tujuh tokoh dunia berikut ini.

1. Bill Gates

William Henry Gates atau yang lebih dikenal dengan Bill Gates merupakan salah satu pendiri perusahaan Microsoft. Pria kelahiran 28 Oktober 1955 ini tidak berkesempatan melanjutkan kuliahnya di Harvard University karena didrop out pada tahun pertama kuliahnya. Meskipun begitu, mantan CEO Mirosoft ini tidak dijauhi oleh kesuksesan. Bahkan, ia pernah mencatatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 1995 hingga 2009.

2. Steve Jobs

Sama halnya dengan Bill Gates, Steve Jobs juga didrop out dari universitasnya. Akan tetapi, pria bernama lengkap Steven Paul Jobs ini tetap mampu meraih kesuksesan. Ia menjadi pendiri, pendamping, dan mantan CEO Apple Inc. Ia juga pernah menjabat kepala eksekutif Pixar Animation Studio saat ia menjadi Dewan Direktur Walt Disney tahun 2006 ketika Pixar diakuisisi oleh Disney. Ia sempat keluar dari Apple Inc. dan mendirikan NeXt. Tetapi, ia kembali lagi ke Apple saat NeXt dibeli Apple Inc. tahun 1977.

3. Mark Zuckerberg

Tokoh yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ia adalah pendiri jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook. Siapa lagi kalau bukan Mark Zuckerberg. Ia didrop out dari Harvard University karena terlalu fokus dengan pembuatan Facebook. Selain menjadi salah satu pendirinya, Mark Zuckerberg juga diberi mandat sebagai pejabat eksekutif dan Presiden Facebook.

4. Elton John

Kalau tadi tokoh dari bidang teknologi, kali ini tokoh sukses yang tidak menyelesaikan pendidikannya datang dari dunia entertaiment. Ia adalah seorang penyanyi asal Inggris, Elton John. Penyanyi bernama lengkap Samuel Sum Kown Cheek ini dianggap sebagai musisi paling berhasil sepanjang masa. Bagaimana tidak, ia berhasil menjual lebih dari 250 juta kopi album. Akan tetapi, di balik kesuksesannya tersebut, ia pernah berhenti dari sekolah musik bidang piano di London's Royal Academy of Music. Ia berhenti karena merasa bosan.

5. Oprah Winfrey

Selain Eltan John, dari dunia entertaiment juga ada nama Oprah Winfrey. Oprah yang pandai berbicara ini pernah didrop out dari Universitas Tennessee. Akan tetapi, wanita kelahiran 29 Januari 1954 ini mampu membuktikan kesuksesannya. Oprah Winfrey menjadi pembaca acara untuk acaranya sendiri, "The Oprah Winfrey Show". Selain itu, ia juga menjadi pendiri dan editor di The Oprah Magazine. Bahkan, Oprah pernah dinobatkan sebagai 100 orang paling berpengaruh tahun 2006 versi majalah Time.

6. Walt Disney

Walter Elias Disney atau Walt Disney bersama saudaranya, Roy O. Disney, mendirikan motion picture bernama Walt Disney. Motion picture tersebut menjadi salah satu yang paling terkenal di dunia. Akan tetapi, kesuksesannya tersebut tidak terjadi di bidang pendidikan. Ia didrop out dari perguruan tinggi saat berusia 16 tahun.

7. Colonel Harland Sanders

Colonel Harland Sanders merupakan seorang pengusaha ayam goreng terbesar di dunia. Ia adalah pencetus Kentucky Fried Chicken atau yang lebih populer dengan nama KFC. Sanders bukanlah orang dengan pendidikan yang tinggi. Bahkan, ia harus putus di jenjang sekolah dasar. Kesuksesannya diraih dengan bekerja keras. Awalnya, dia menjual semua propertinya dan berkeliling dunia untuk menawarkan resepnya. Lebih dari 1.000 restoran pernah menolaknya. Sanders kemudian meninggal pada usia 90 tahun karena pneumonia dan leukimia.

Tokoh-tokoh di atas patut dicontoh bagi generasi muda. Mereka mampu berjuang demi meraih kesuksesan walaupun tidak dengan pendidikan yang tinggi. Jadi, buat kalian yang diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan yang tinggi, syukurilah dan lakukan yang terbaik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES