Selain Terkenal dengan Komplotan Mafia, Inilah 7 Fakta Unik Negara Italia Lainnya

17 Juni 2017
|Olphi Disya

Mendengar kata "Negara Italia" mungkin yang akan terlintas di pikiranmu adalah negara spageti, pizza, atau mungkin negara sepak bola? Nah, ternyata ada banyak lho hal-hal unik yang hanya ada dan terjadi di Negara Italia. Nggak hanya terkenal dengan Colosseum atau kanal-kanal dengan suasana romantis di Venesia, negara republik ini ternyata punya hukum yang unik. Nggak percaya? Yuk kepoin!

1. Hukum yang unik

Regulasi bagi penduduknya bisa dibilang unik dan nggak biasa. Seorang pria bisa ditangkap oleh pihak berwajib di Italia karena mengenakan rok di depan umum. Di Milan, Italia, ada persyaratan hukum untuk tersenyum setiap saat, kecuali selama berkunjung ke pemakaman atau rumah sakit. Dan satu lagi, adalah tindakan ilegal untuk meninggal di Falciano del Massico, sebuah kota di Italia, karena pemakamannya penuh. Ada-ada aja ya?

2. Warna bendera berdasarkan pizza

Tahukah kamu kalau bendera negara Italia telah berganti-ganti dan memiliki rupa yang berbagai macam hingga saat ini? Meskipun memang hanya ada satu bendera resminya, tapi seluruh transformasi benderanya selalu terdiri dari 3 warna: merah, putih, dan hijau. Oh iya, konon resep asli pizza margherita simbolis triwarna bendera Italia lho. Daun basil (hijau), tomat (merah) dan mozzarella (putih).

3. Fanatisme sepak bola

Sepak bola adalah olahraga paling populer di Italia. Stadion San Siro yang paling terkenal di Milan mampu menampung 85.000 orang. Italia telah memenangkan Piala Dunia empat kali (1934, 1938, 1982, dan 2006), sehingga membuat tim negara tersebut berada di urutan kedua setelah kemenangan Brasil. Penggemar sepak bola di Italia disebut "tifosi" yang berarti "pembawa tifus", karena fanatisme mereka seperti demam.

4. Asal-muasal makanan di dunia

Berkat Christopher Columbus, seorang penjelajah asal Genoa, Italia, yang membuat penduduk dunia dapat merasakan makanan yang berasal dari tumbuhan. Sebelum di Columbian Exchange, nggak ada jeruk di Florida, tidak ada pisang di Ekuador, nggak ada kentang di Irlandia, nggak ada kopi di Kolombia, nggak ada nanas di Hawaii, nggak ada pohon karet di Afrika, nggak ada tomat di Italia, dan nggak ada cokelat di Swiss.

5. Serba tertua di dunia

Karena sejarah peradabannya memang telah terbentuk dari zaman dahulu kala, maka nggak heran kalau banyak hal-hal yang dapat dikategorikan tertua di Italia. Salah satunya adalah universitas tertua di Eropa yaitu Universitas Bologna, Italia, yang didirikan pada tahun 1088 dan masih berdiri hingga saat ini. Selain itu ada pula San Marino yang merupakan republik tertua di dunia (301 A.D.) dan memegang konstitusi berkelanjutan tertua di dunia.

6. Mafia Italia yang populer

Italia terkenal sebagai tempatnya mafia, yaitu sekelompok sindikat rahasia yang umumnya beroperasi melakukan tindakan kriminal. Tapi meski begitu, ternyata para mafia Italia menyumbang 7% dari GDP (Gross Domestic Product) Italia setiap tahunnya. Pada tahun 2008 diperkirakan bahwa 80% dari semua bisnis yang ada di pulau Sisilia dipaksa untuk membayar "biaya perlindungan" kepada mafia. Ngeri sih, tapi menguntungkan ya.

7. Situs warisan dunia terbanyak

Di Italia sendiri, ada sekitar 50 situs warisan dunia yang terdaftar dalam UNESCO lho. Di antaranya adalah Colosseum di Roma, Italia, dan beberapa kota di negara tersebut seperti Venesia, Naples, Florence, dan masih banyak lagi. Kastil-kastil di Italia pun terkenal dengan arsitektur klasiknya yang membuat Italia bagaikan rumah untuk mengenang masa-masa bersejarah di Eropa.

Nah, begitulah fakta unik Negara Italia yang menarik. Mungkin akan lebih menarik kalau kamu menyaksikan langsung keunikannya di Italia ya. Oh iya, kalau di Italia jangan lupa untuk mencicipi pizza asli di sana, karena sebenarnya pizza asli Italia dan yang ada di Indonesia beda banget lho!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES