Pripyat, Kota Mati dan Angker yang Ditinggalkan Penghuninya Karena Tragedi Chernobyl

24 Juli 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Masih ingat dengan tragedi Chernobyl yang menimpa Uni Soviet pada tahun 1986? Tragedi mengerikan yang menewaskan kurang lebih 31 orang akibat dari ledakan dan dampak radiasinya ini masih lekat di dalam ingatan para pemimpin dunia yang kini mengawasi dengan ketat penggunaan nuklir di dunia. Dampak dari ledakan Chernobyl begitu mengerikan, karena tidak hanya berhenti di tahun tersebut saja, dampak Chernobyl masih terasa hingga sekarang meski peristiwa ini sudah terjadi 30 tahun yang lalu. Ya, mereka yang dulu merupakan pekerja di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl hingga kini masih harus merasakan dampak dari radiasinya. Anak dan cucu mereka yang terkena radiasi nuklir Chernobyl hingga kini masih terlahir cacat.

Dampak ledakan Chernobyl juga tidak hanya dirasakan oleh mereka para pekerja di Pembangkit Listrik Chernobyl, namun juga oleh masyarakat Kota Pripyat yang terpaksa harus meninggalkan kota tercintanya. Kota Pripyat awalnya merupakan kota yang indah dengan jumlah populasi mencapai 49.360 jiwa. Kota ini merupakan kota nuklir ke sembilan yang dibangun di Uni Soviet. Yang dimaksud dengan kota nuklir adalah kota-kota yang dibangun memang dengan tujuan untuk melayani instalasi pembangkit listrik tenaga nuklir yang berada di dekatnya. Pripyat memang merupakan kota khusus untuk menampung para pekerja di instalasi Chernobyl. Didirikan pada tahun 1970, kota ini sayangnya hanya bertahan selama 16 tahun sebelum akhirnya harus dikosongkan akibat ledakan Chernobyl.

Kini, 30 tahun setelah meledaknya Chernobyl, Kota Pripyat terlihat seperti kota hantu. Kota ini perlahan mulai runtuh dan hancur. Namun karena menyimpan sejarah penting dunia, Kota Pripyat justru menjadi atraksi wisata. Kota hantu ini dapat dikunjungi oleh  wisatawan dalam jumlah yang terbatas dan di bawah pengawasan ketat perusahaan penyelenggara jasa tur di Pripyat. Penasaran dengan puing-puing kota yang terkena radiasi Chernobyl ini? Berikut foto-foto yang diambil oleh para fotografer yang pernah berkunjung kesana.

1. Kota Pripyat sebenarnya merupakan kota yang cukup besar dengan berbagai fasilitas

2. Sayangnya kota ini kini ditinggalkan penduduknya karena ledakan nuklir Chernobyl

3. Kini, Kota Pripyat yang sudah 30 tahun tidak ditinggali jadi terlihat sangat menyeramkan

4. Evakuasi Kota Pripyat dilakukan sehari setelah terjadinya ledakan dan kebocoran reaktor nuklir

5. Evakuasi dilakukan dengan tergesa-gesa sehingga para penduduk kota hanya sempat menyelamatkan sedikit barang mereka
6. Taman bermain yang ditinggalkan di Pripyat kini tidak lagi terlihat menyenangkan, dan justru jadi terkesan mengerikan

7. Bangunan di Pripyat pun kini mulai runtuh oleh alam

8. Meski begitu, melihat Kota Pripyat kini, kita masih dapat membayangkan saat kota ini masih hidup dan ramai

9. Kota Pripyat menjadi pengingat akan salah satu tragedi terburuk yang pernah terjadi di dunia

Meski kini Kota Pripyat telah menjadi kota hantu yang tidak berpenghuni, namun foto-foto di atas dapat mengilustrasikan kepada kita betapa indahnya Kota Pripyat dulu, sebelum tragedi Chernobyl terjadi. Kini, kota kosong ini tinggal sebagai pengingat bahwa kekuatan yang dahsyat datang dengan resiko yang juga besar. Jika tidak dikelola dengan baik, kekuatan justru dapat menimbulkan kesengsaraan. Karena itu, bijak-bijaklah dalam memakai kekuatan dan kelebihanmu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES