Pindah ke Desa Albinen Ini Bakal Dapat Ratusan Juta Rupiah. Beneran atau Hoax?

23 Januari 2018
|Median
0SHARES

Beberapa waktu yang lalu, dunia digegerkan oleh banyaknya pemberitaan di media yang mengatakan bahwa sebuah desa di Swiss, Albinen, akan membayar orang yang bersedia untuk pindah ke Desa Albinen dengan uang sejumlah kurang lebih $25,200/orang dewasa dan $10,000/anak. Apabila ditotal, sebuah keluarga yang terdiri dari sepasang suami istri dan dua orang anak akan mendapatkan uang hingga sekitar 950 juta Rupiah jika bersedia untuk pindah dan menetap di Albinen. Ya, berita tersebut benar, tetapi jika itu berlaku untuk siapa pun dan tanpa syarat apa pun, itulah yang tidak benar.

Albinen adalah sebuah desa yang terletak di Pegunungan Alpen di wilayah Valais, Swiss, yang kini hanya berpenduduk 240 orang. Oleh karena krisis penduduk, berdasarkan hasil pemungutan suara pada tanggal 30 November 2017, sebagian besar penduduk dan pihak berwenang desa pun sepakat untuk mengadakan “sayembara” yang berhadiah uang insentif yang cukup tinggi bagi orang atau keluarga yang mau pindah ke desa Albinen. Menurut sang kepala komune, Beat Jost, itu merupakan cara efektif untuk meningkatkan populasi penduduk Albinen yang terus berkurang karena satu per satu penduduknya memilih untuk pindah ke kota. Dikutip dari bbc.com, Jost mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Albinen telah kehilangan delapan keluarga yang total memiliki delapan orang anak. Akibatnya, sekolah desa pun akhirnya terpaksa ditutup.

Sayangnya, tawaran menarik bagi orang atau keluarga yang bersedia untuk pindah ke Desa Albinen kemudian dibesar-besarkan oleh media dan menimbulkan “kehebohan yang tidak semestinya” sehingga membuat Dewan Desa kesal. Media sosial Desa Albinen bahkan sampai dibanjiri hampir 3.000 pertanyaan dari orang-orang di seluruh dunia, seperti dari Asia dan Amerika Selatan. Untuk dapat menjadi penduduk Desa Albinen, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sehingga tidak setiap orang dapat pindah ke desa ini dan kemudian memperoleh insentif tunai semudah itu. Syarat-syarat tersebut, di antaranya, adalah harus berusia di bawah 45 tahun, berkewarganegaraan Swiss atau WNA yang memiliki izin tetap di Swiss, bersedia untuk tinggal di Albinen minimal 10 tahun, harus membeli atau membangun rumah di Albinen sebagai rumah utama setidaknya senilai $200,000.

Untuk menyukseskan proyeknya, Dewan Desa Albinen akan menyediakan dana khusus sebanyak US$100,000 per tahun. Dalam beberapa tahun ke depan, Dewan Desa berharap dapat menarik 10 keluarga untuk pindah ke Albinen. Selain mendapatkan uang insentif yang cukup tinggi, keluarga pendatang yang beruntung dapat tinggal di Albinen pastinya akan disuguhi pemandangan pegunungan yang indah dan ketenangan dari riuhnya kehidupan perkotaan.

Apabila proyek tersebut sukses, tidak hanya populasinya yang meningkat, perekonomian desa Albinen juga akan kembali membaik.  Tak heran media lokal menyebut proyek Albinen sebagai “investasi untuk masa depan desa”. Sebenarnya, Albinen bukan satu-satunya yang menawarkan insentif tunai bagi para pendatang yang bersedia untuk menetap di desanya. Sebelumnya, Bormida, sebuah desa di Italia, juga menawarkan hal serupa untuk kondisi serupa, hanya saja jumlah insentif yang diberikan tidak sebesar Albinen, yaitu hanya sebesar $2,175.

Walaupun letaknya di pegunungan, Desa Albinen tidak terpencil-terpencil amat karena ada beberapa restoran dan sebuah toko bahan makanan yang dapat didatangi serta hanya berjarak sekitar 6,5 km dari Leukerbad, sebuah tempat wisata terkenal di Swiss. Tapi pemikiran orang memang beda-beda sih ya, ada yang suka hidup di desa dan ada juga yang lebih suka hidup di kota. Nah, kalau kamu memenuhi syarat untuk menjadi penduduk baru Albinen, kira-kira bakal mendaftarkan diri nggak?

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
0SHARES