Persis Seperti Kamu, 7 Bunga Ini Cantik Tapi Langka. Duh, Padahal Ingin Memiliki

yukepo.com

Di dunia ini kayanya nggak ada yang nggak suka bunga. Baik cewek maupun cowok, bunga selalu aja bisa bikin adem mata mereka yang melihatnya. Iyalah, bukan bunga namanya kalau nggak bisa bikin mata berbunga-bunga. Terlepas dari bunga itu berbau harum atau enggak, beracun atau enggak, nggak ada deh bunga yang nggak cantik. Semuanya cantik, tapi sayang, banyak juga di antara mereka yang keberadaannya kini sudah langka, bahkan beberapa sudah sangat langka. Contohnya bunga-bunga langka yang cantik berikut ini nih.

1. Bunga pohon franklin (Franklinia almataha)

davermfarm.wordpress.com

Bunga pohon franklin termasuk dalam keluarga teh, tetapi menjadi satu-satunya bunga dari jenisnya. Habitat bunga langka yang berwarna putih dengan putik kuning cerah ini adalah Sungai Almataha di Georgia, AS. Bunga pohon franklin telah punah di alam liar sejak awal tahun 1800-an, tapi sebelum benar-benar punah, sebuah keluarga di sana telah berhasil mengembangbiakkan dan menyebarkan bibit bunga yang berbau harum ini.

2. Bunga lady slippers (Cypripedium calceolus)

mcuoneclipse.com

Bunga yang bentuknya mirip dengan sepatu wanita ini merupakan bunga yang masuk kategori sudah sangat langka, terutama lady slippers kuning dan ungu. Laddy slippers termasuk jenis anggrek liar yang tumbuh di Eropa. Satu-satunya contoh bunga langka yang hanya bisa hidup dengan bantuan jamur jamur tertentu ini dulu ditemukan di sebuah lapangan golf di Inggris yang kemudian dilindungi polisi dengan ketat sejak tahun 1917.

 

3. Bunga paruh kakaktua (Lotus berthelotii)

davesgarden.com

Bunga cantik yang bentuknya mirip dengan paruh burung kakaktua ini telah diklasifikasikan sebagai bunga langka sejak tahun 1884. Tanaman endemik di Kepulauan Canaria, Spanyol, ini dipercaya sudah benar-benar punah di alam liar, tapi beberapa masih dapat diselamatkan. Bunga ini menjadi sangat langka di dunia karena burung sunbird yang membantu penyerbukannya telah lama punah dari Kepulauan Canaria.

4. Bunga kosmos cokelat (Cosmos atrosanguineus)
www.aliexpress.com

Sesuai dengan namanya, bunga langka ini memiliki warna merah gelap hingga cokelat. Bunga kosmos cokelat merupakan salah satu bunga dari spesies kosmos dari Meksiko yang telah punah lebih dari seratus tahun yang lalu. Spesies kosmos cokelat yang masih bertahan sampai saat ini merupakan hasil dari percobaan yang dilakukan pada tahun 1902 melalui pengembangbiakan vegetatif. 

5. Bunga anggrek hantu (Epipogium aphyllum)
www.teninsider.com

Anggrek hantu berasal dari Florida, Kuba, dan Bahama. Seperti namanya, bunga ini disebut sebagai bunga anggrek hantu karena bentuknya mirip dengan hantu. Bunga langka berwarna putih ini biasanya ditemukan di rawa-rawa yang menjadi tempat tinggal jenis jamur tertentu. Sayangnya, karena perusakan habitat dan keperluan untuk koleksi yang berlebihan, bunga cantik ini menjadi langka dan terancam punah.

 

6. Bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii)

www.faunadanflora.com

Bunga endemik yang hanya ada di negara kita, khususnya di Pulau Sumatra bagian selatan, ini termasuk bunga langka di dunia dengan status konservasi terancam. Bunga yang termasuk jenis tumbuhan parasit obligat ini pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu oleh Dr. Joseph Arnold yang waktu itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Selain sebagai salah satu bunga terlangka di dunia, bunga yang berbau busuk dan menyengat ini dinobatkan sebagai bunga terbesar di di dunia dengan diameter bunga (ketika mekar) bisa mencapai 1 m dan berat sekitar 11 kg.

7. Bunga middlemist merah (Middlemist camellia)

news.bbc.co.uk

Sedikit beda dengan namanya, bunga middlemist ini berwarna pink cantik. Bunga ini kemungkinan besar adalah bunga terlangka di dunia karena hanya diketahui ada di sebuah taman di Waitangi, Selandia Baru, dan konservatori (rumah kaca) Devonshire di Inggris. Awalnya, tanaman bunga langka ini dibawa oleh John Middlemist dari Cina ke Inggris pada tahun 1804. Sejak saat itu, bunga middlemist merah pun benar-benar telah punah di Cina.

Sayang banget ketujuh bunga cantik di atas masuk dalam daftar bunga langka di dunia. Semoga besok nggak ada yang sampai beneran punah sama sekali di dunia. Kalau bunga-bunga di atas ternyata nggak langka dan bisa didapat dengan mudahnya untuk ditanam di halaman, kamu bakal milih bunga yang mana nih?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Payung Warna-Warni Hiasi Langit Portugal, Begini Kemeriahan dan Keindahan Festival Agitagueda!

Payung Warna-Warni Hiasi Langit Portugal, Begini Kemeriahan dan Keindahan Festival Agitagueda!

Bukan Sulap Bukan Sihir, 6 Negara Ini Hilang dari Peta Dunia, Kok Bisa?

Bukan Sulap Bukan Sihir, 6 Negara Ini Hilang dari Peta Dunia, Kok Bisa?

Menyeberangi Dahsyatnya Samudera Atlantik, Atlantic Road Jadi Jalanan Paling Berbahaya Tapi Juga Memesona!

Menyeberangi Dahsyatnya Samudera Atlantik, Atlantic Road Jadi Jalanan Paling Berbahaya Tapi Juga Memesona!

Negara Skandinavia Disebut Paling Bahagia di Dunia, Inilah 5 Resep Kebahagiaan Ala Mereka!

Negara Skandinavia Disebut Paling Bahagia di Dunia, Inilah 5 Resep Kebahagiaan Ala Mereka!

Dokter Bedah Ini Dikecam Karena Menorehkan Inisialnya di Hati Pasien. Duh, Kenapa Sih?

Dokter Bedah Ini Dikecam Karena Menorehkan Inisialnya di Hati Pasien. Duh, Kenapa Sih?

Hutan Hoia Baciu di Rumania Disebut Sebagai Hutan Paling Misterius. Duh, Kenapa Ya?

Hutan Hoia Baciu di Rumania Disebut Sebagai Hutan Paling Misterius. Duh, Kenapa Ya?

loading