Penyuka Bunga? Harus Tahu 8 Fakta Tentang Bunga Tulip yang Cantik ini!

11 Oktober 2017
|Muhammad Multazam
0SHARES

Bunga tulip merupakan bunga cantik yang juga menjadi ikon negara Belanda. Tulip adalah bunga tahunan yang berumbi, memiliki tinggi sekitar 10–70 cm.  Bentuk daunnya berlilin, dan juga sempit memanjang berwarna hijau dengan nuansa kebiru-biruan. Untuk bunganya sendiri yang berukuran besar terdiri dari 6 helai daun mahkota. 

 

Lebih jauh mengenal bunga tulip, mari kita lihat beberapa fakta tentang bunga cantik ini yang harus kamu ketahui.

1. Bukan dari Belanda, Namun dari Asia Tengah

Umumnya orang menganggap bahwa tulip adalah bunga yang berasal dari Belanda. Hal ini dikarenakan Belanda menjadikan tulip sebagai icon negaranya. Namun faktanya, tulip berasa dari benua Asia, tepatnya Asia Tengah

2. Berasal dari bahasa Persia

Nama tulip berasal dari bahasa Persia yang berarti turban. Penamaan ini disebabkan karena bentuk bunganya yang menyerupai dengan bentuk turban.

3. Bunga tulip bisa dimakan!

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwasanya tulip bisa dimakan. Cukup campurkan tulip ke dalam salad atau makanan penutup, dan santaplah dengan nikmat

4. Tulip sudah ditanam sejak 500 tahun yang lalu.

Sama seperti kebanyakan spesies bunga lainya, bunga tulip juga telah ditanam sejak beberapa ratus tahun yang lalu. 

5. Tulip pernah menjadi bunga yang paling banyak dicari

Karena kecantikanya bunga tulip sempat menjadi bunga yang paling banyak dicari. Hal ini diawali ketika bunga ini permata kali diperkenalkan di Belanda tahun 1600-an.

6. Menjadi barang terbanyak yang diekspor Belanda.

Sejarah mencatat, pada tahun 1696, tulip sempat menjadi barang yang paling banyak diekspor Belanda. Hal ini karena memang belanda sudah menggunakan bunga tulip sebagai ikon negaranya sejak itu.

7. Ada lebih dari 3.000 varietas bunga tulip

Setidaknya ada lebih kurang sekitar 3.000 varietas tulip yang ada di dunia. Pengelompokannya sendiri sekitar terdiri dari 14 kelompok dan seluruhnya memiliki nama yang cantik.

8. Menjadi bunga termahal di dunia!

Prestasi paling membanggakan dari tulip adalah sempat menjadi bunga termahal di dunia. Hal ini terjadi dalam periode antara tahun 1634 - 1637 di mana tulip memiliki harga yang lebih tinggi dari rumah di Belanda. Periode ini dinamakan periode "Tulip Mania".

Itulah beberapa fakta tentang tulip. Semoga bisa menambah wawasan tentang bunga yang cantik ini. Hmm, sudah cantik, bermanfaat pula. Bunga tulip memang bukan sembarang bunga!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Multazam
"personal blog mltazam.com"
0SHARES