Pasar Pengantin, Ajang Cari Jodoh Orang-orang Kalaidzhi di Bulgaria

11 Agustus 2017
|Faizah Pratama
2SHARES

"Kapan nikah?" jadi pertanyaan horor tiap kali bertemu dengan keluarga atau rekan dekat. Apalagi kalau sudah di usia yang sudah matang dan sudah punya kerjaan mapan. Orangtua pun bakal makin gelisah melihat anaknya yang terus-menerus menjomblo. Orangtuamu bisa saja membantumu lepas dari status jomblo melalui biro jodoh hingga minta dicarikan oleh pak kyai.

Memilih calon istri juga hal yang penting yang tak boleh sembarangan. Begitu pun bagi orang-orang Kalaidzhi di Bulgaria. Bahkan ada tradisi “Bridal Market” di sana, tepatnya di kota Stara Zagora. Jangan salah sangka, mereka tidak menyediakan cinta satu malam. Pasar Pengantin Bulgaria ini diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin mencari wanita untuk dinikahi. 

Tradisi ini telah berlangsung selama ratusan tahun bagi orang Kalaidzhi, yakni komunitas seminomaden Roma. Pasar pengantin diadakan empat kali dalam setahun. Tradisi biasanya rutin dilakukan tiap Todorovden atau Hari Santo Todor yang jatuh pada pertengahan maret. Saat hari itu tiba, para gadis akan berdandan paling cantik dan mengenakan pakaian paling indah. Para gadis juga akan menari di atas kap mobil untuk menarik perhatian. Suasana pasar pun semakin meriah dengan suasana alunan musik gypsy yang menggema. 

Semua usaha itu dilakukan untuk menarik hati para pria yang sedang mencari calon istri di sana. Mereka akan melihat para perempuan yang datang ke sana dan terkadang mengajak ngobrol mereka. Orangtua pun terkadang ikut ke sana untuk memilih calon bagi putra mereka. Seperti jual beli pada umumnya, proses negosiasi dan tawar menawar pun berlaku di sini. Orangtua pria akan berani membayar dengan harga tinggi jika si perempuan memang dinilai cantik. Begitu pun pihak wanita, orangtua mereka pun akan menerima pelamar yang mampu membayar dengan harga tinggi biarpun sang pria bukan berasal dari keluarga kaya. Bahkan perempuan yang masih virgin akan dihargai tinggi di Pasar Pengantin Bulgaria ini. 

Tradisi “Bridal Market” bukan untuk menjual anak-anak perempuan. Tradisi ini memberi kesempatan kepada para orangtua untuk mengatur pernikahan putra-putri mereka. Ya, meski orangtua pihak perempuan tentu akan mendapat keuntungan finansial dari negosiasi tersebut. Selain itu, Pasar Pengantin Bulgaria merupakan efek dari kebiasaan orang Kalaidzhi yang menikahkan anak mereka saat muda. Hal itu dipandang sebagai cara untuk menghindarkan anak-anak mereka dari godaan buruk. 

Sampai saat ini, tradisi unik tersebut masih dilestariakan oleh masyarakat setempat. Tradisi Pasar Pengantin Bulgaria ini memang dikhususkan buat orang-orang Kalaidzhi di Bulgaria. Jika kamu berani menawar wanita dengan harga tinggi, mungkin kamu bisa bawa pulang jodoh dari sana!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
2SHARES