Nggak Habis Pikir! Perawatan di 6 Rumah Sakit Jiwa Ini Nggak Manusiawi Banget!

27 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Mendengar kata rumah sakit jiwa, mungkin yang terbayang di benakmu adalah rumah sakit yang hanya dipenuhi oleh orang-orang dengan gangguan mental. Padahal sebenarnya rumah sakit jiwa didirikan untuk melakukan upaya perawatan dan penyembuhan bagi siapapun yang mengalami kelainan hingga gangguan mental. Rumah sakit jiwa sekarang udah jauh berkembang dibandingkan dengan yang ada di jaman dulu karena perawatan pasien saat ini udah mempertimbangkan hak asasi manusia. Tapi gimana dengan rumah sakit jiwa zaman dulu? Minimnya informasi dan pendidikan staf membuat beberapa rumah sakit jiwa di bawah ini jadi mimpi buruk bagi semua orang. Ngeri banget!

1. Metropolitan State Hospital

Metropolitan State Hospital dibuka pada tahun 1913 dan berlokasi di Massachusetts, AS. Sebenarnya, rumah sakit ini adalah RSJ untuk anak-anak dan remaja yang mengalami gangguan mental. Rumah sakit anak-anak ini terkenal dengan penggunaan obat penenang yang berlebihan dan hukuman yang ketat jika mereka melanggar aturan. Di tahun 1960-an, RSJ ini pernah terjadi keracunan yang nggak disengaja dan menewaskan beberapa pasien.

Pada 1970-an, seorang pasien bernama Anna Davies dibunuh secara brutal oleh sesama pasien, Melvin Wilson. Baru 2 tahun kemudian ia mengubur mayat yang telah dipotong-potong tersebut di 3 tempat yang berbeda. Pihak RSJ menjadi curiga terhadapnya setelah mereka menemukan gigi yang dimilikinya. Kejadian ini membuat situs ini mendapat julukan terkenal "The Hospital Of Seven Teeth". Rumah sakit ini ditutup pada tahun 1992, tapi tetap menjadi salah satu rumah sakit jiwa paling terkenal di Amerika.

2. Sebagian besar RSJ di Serbia

Siap-siap bergidik membaca cerita tentang sebagian besar RSJ di Serbia. Di negara ini, orang yang sakit mental dibuat untuk hidup dalam kondisi mengenaskan dari kecil sampai meninggal. Sedikit terapi yang bisa ditawarkan pada mereka. Yang ada, mereka hanya dipenjara di lembaga negara yang terisolasi dan penuh sesak. Fasilitas kesehatan mental di Serbia telah menjadi rumah sakit jiwa paling terkenal yang masih ada di Eropa. Ini karena mereka mendapat perhatian beberapa tahun yang lalu oleh perusahaan berita Amerika. Ada beberapa perubahan pada institusi ini sejak saat itu, namun masih merupakan tempat yang mengerikan bagi warga Serbia yang memiliki penyakit mental.

3. Pilgrim Psychiatric Center

Pusat Psikiatri Pilgrim adalah RSJ terbesar di dunia. RSJ ini terkenal karena metode penyembuhannya yang kasar. Kalau di zaman modern perawatan tersebut nggak lagi disebut perawatan medis. Penanganan medis ini termasuk terapi kejut listrik dan bahkan lobotomi pre-frontal. Lobotomi adalah ‘operasi’ otak dengan cara memasukkan tangkai besi ke dalam kepala melalui lubang di mata. Lebih dari seribu lobotomi dilakukan antara tahun 1946 hingga 1959. Hiiiy!

Metode pengobatan lain yang sangat kejam adalah terapi kejutan insulin, sebuah prosedur yang dirancang untuk membuat pasien menjadi koma. Tentara AS menguasai RSJ selama perang dunia kedua. Setelah itu, jumlah pasien meningkat dengan cepat. Lalu, RSJ ini meminta pasiennya untuk menanam makanan mereka sendiri. Rumah sakit seperti ini dijuluki "Koloni Farm" - teorinya sih berkebun akan membantu keadaan mental mereka.

4. Athens Lunatic Asylum

Dibangun pada tahun 1868, dan berlokasi di Ohio, Athens Lunatic Asylum diselimuti misteri. Hal ini terutama karena RSJ ini serba rahasia. Sangat sedikit informasi yang tersedia tentang pasien yang dirawat di sini. RSJ ini ternyata menampung beberapa penjahat paling gila dan berbahaya di Amerika. Wanita yang katanya dikirim ke sini untuk perawatan ternyata hanya untuk memenuhi hasrat seksual pasien pria. Mereka akan segera diberi diagnosa histeria dan benar-benar disiksa.

Tapi nggak hanya sampai di situ, pada tahun 1876, 29 wanita mengalami apa yang disebut "gangguan menstruasi" dan 81 pria dirawat karena masturbasi. Dalam usaha melarikan diri, satu pasien bersembunyi di loteng, di mana dia akhirnya meninggal karena kelaparan hingga meninggalkan noda darah di lantai sampai saat ini. Serem abis!

5. RSJ di Broadmoor

Sebenarnya, Broadmoor adalah rumah sakit jiwa yang paling aman di Inggris. RSJ ini menampung 200 orang paling berbahaya di Eropa. RSJ ini menjadi terkenal karena banyak pasien terkenal termasuk Ronnie Kray, The Yorkshire Ripper, dan Charles Bronson yang merupakan penjahat kelas kakap. Pada tahun 1998, seorang penganiaya anak yang terkenal, Jimmy Savile, ditunjuk sebagai ketua pasien RSJ. Setelah meninggal, ada tuduhan dari pasien dan staf bahwa ia menganiaya anak-anak di dalam RSJ. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah ia membawa seorang gadis berusia 14 tahun ke rumah sakit untuk menyanyi pada pasien tersebut. Nggak ada yang berani mempertanyakan mengapa seorang gadis diizinkan untuk masuk ke RSJ yang begitu banyak pembunuh berantai berbahaya di dalamnya.

6. Bedlam

Nomor satu dalam daftar rumah sakit jiwa yang terkenal adalah Bedlam. Bedlam, di London, terkenal karena kekejaman dan kesadisannya. Pada abad ke-16, Bedlam pertama kali dikenal dengan rumah yang mereka sebut "Mad Folk." Pasiennya adalah mereka yang menderita skizofrenia parah atau hanya memiliki semacam cacat fisik. Bahkan, ada tahanan politik yang dibawa ke Bedlam. RSJ ini terkenal karena perlakuannya yang keras. Para dokter percaya bahwa sakit mental yang diderita pasien disebabkan oleh roh jahat. Solusi mereka pada dasarnya adalah untuk menyiksa pasien sampai roh jahat itu memutuskan untuk pergi.

Mereka akan berusaha merukiah pasiennya dengan merendamkannya dalam air super dingin. Atau menempelkan lintah di kulit untuk mengisapnya keluar. Mereka juga menggunakan terapi rotasi, yaitu pasien diputar di kursi sampai muntah. Alasannya adalah bahwa muntah dipandang sebagai terapi. Penyiksaan fisik di Bedlam sangat kejam dan terlihat seperti penjara daripada RSJ. Bahkan orang yang jualan di dalam RSJ juga bisa menyiksa dengan menyodok perut orang-orang yang dianggap bodoh dan gila!

Kejam dan sangat mengerikan ya kehidupan RSJ di berbagai belahan dunia. Saat ini udah banyak RSJ yang nggak melakukan hal seperti ini, karena pelayanan RSJ di masa modern seperti sekarang ini telah diawasi ketat oleh pemerintah karena menyangkut HAM. Semoga stigma buruk terhadap orang yang menderita sakit mental nggak terjadi lagi. Mereka juga manusia kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES