Nggak Cuma Nabi Musa yang Membelah Lautan, Jalur Kereta Api Hindenburgdamm Juga Lho!

04 April 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Kereta api menjadi salah satu alat transportasi umum yang banyak digunakan orang. Transportasi ini memiliki jalur khusus yang disebut dengan rel. Umumnya, rel kereta api nangkring di atas daratan. Tapi ada rel kereta api yang berbeda lho. Namanya Hindenburgdamm. Bedanya apa sih?

Hindenburgdamm merupakan jalur rel kereta api yang menghubungkan Pulau Frisian Utara Sylt dengan daratan Schleswig-Holstein, di lepas pantai Jerman. Jalur kereta api ini memiliki panjang 11 kilometer. Jalur rel ini terbilang unik dan menyeramkan. Kenapa ya? Pasalnya, Hindenburgdamm membelah lautan. Hindenburgdamm menjadi rel kereta api yang pertama kali dibangun di atas lautan.

Hindenburgdamm dibangun di tahun 1923 dan pembangunan selesai setelah 4 tahun berlalu. Di tanggal 1 Juni 1927, Hindenburgdamm baru resmi dibuka oleh Paul von Hindenburg. Seusai dibuka, jalur ini langsung beroperasi secara penuh. Setiap harinya, tak kurang dari 100 kereta melintasi rel ini. Kereta yang melintasi Hindenburgdamm adalah kereta yang mengangkut kendaraan. Pulau Frisian adalah salah satu tempat perakitan mobil di Jerman. Tiap tahunnya, sekitar 450.000 mobil dirakit di Pulau Frisian. Jadi, nggak perlu heran ya kalau banyak kereta yang mengangkut kendaraan melintasi Hindenburgdamm.

Awalnya, rute kereta dari pelabuhan di Hoyerschleuse ke Pulau Sylt. Setelah Perang Dunia I, Jerman wajib menyerahkan Hoyerschleuse ke Denmark, sedangkan Sylt tetap menjadi milik Jerman. Hal itu memunculkan perbatasan baru. Perbatasan baru menjadikan rute lama menuju Sylt terputus.

Sebelum Hindenburgdamm dibangun, jalur transportasi ke Pulau Sylt bergantung dengan kondisi pasang surut air laut dan musim dingin. Di musim dingin, Laut Wedden yang memisahkan Pulau Sylt dengan Jerman membentuk es. Butuh waktu 6 jam untuk melewati penghalang es tersebut. Akhirnya, pemerintah memutuskan untuk membangun rel di atas laut tersebut.

 

Pasti seru ya naik kereta dengan pemandangan laut. Beda dari biasanya kan? Kereta api kan biasanya hanya melewati rumah-rumah, sawah-sawah, pokoknya pemandangan daratan deh. Jadi pengen coba lewat Hindenburgdamm ya. Kalau kamu, tertarik nggak naik kereta di atas rel yang membelah lautan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES