Ngeri! Inilah 10 Negara dengan Jumlah Kasus Pemerkosaan Tertinggi, Indonesia Masuk Nggak Ya?

24 November 2017
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Kasus pemerkosaan menjadi salah satu kasus yang mendapat banyak perhatian dari dunia. Aksi kriminal ini biasanya menjadikan perempuan sebagai korbannya. Namun, tak menutup kemungkinan laki-laki juga bisa jadi korbannya. Kali ini, kita akan membahas 10 negara dengan angka kasus pemerkosaan tertinggi. Semoga Indonesia tidak masuk dalam deretan ini ya. Yuk simak informasinya!

1. Ethiopia

Ethiopia menjadi negara dengan tingkat kekerasan tertinggi di dunia. Untuk itu, Ethiopia menempati posisi kesepuluh sebagai negara dengan kasus pemerkosaan tertinggi. Menurut data PBB, hampir 60% warganya menjadi korban kekerasan seksual. Bahkan di negara ini, terkenal dengan praktik pernikahan dengan penculikan. Di banyak daerah, sudah menjadi hal biasa, apabila sekelompok pria bekerja sama untuk menculik dan menghamili seorang perempuan.

2. Srilanka

Di posisi kesembilan diduduki oleh Srilanka. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa sebanyak 64,9% mengaku pernah diperkosa sebanyak satu kali dan 11,1% telah diperkosa lebih dari empat kali. Dari semua korban pemerkosaan tersebut, sebanyak 96,5% tidak diurus secara hukum. Yang lebih miris lagi, sebanyak 65,8% pelaku tidak merasa bersalah telah merenggut kehormatan para korbannya.

3. Kanada

Di Kanada, pada tahun 2015 memiliki 2.516.918 kasus pemerkosaan. Jumlah tersebut hanya 6% dari total kasus. Dapat dikatakan satu dari tiga perempuan pernah mengalami kekerasan seksual. Dari semua korban, hanya 6% yang dilaporkan ke pihak yang berwajib. Dari data tersebut, menjadikan Kanada berada diperingkat delapan.

4. Perancis

Sebelum tahun 1980, pemerkosaan bukan dianggap sebagai kejahatan di Perancis. Hingga pada tahun 1992 dicetuskan undang-undang tentang pelecehan seksual dan tahun 2002 disahkan undang-undang tentang pelecehan moral. Dengan terlambatnya undang-undang tersebut, tentunya kasus pemerkosaan di Perancis menjadi sangat besar.

5. Jerman

Jerman berada di posisi keenam sebagai negara dengan kasus pemerkosaan paling tinggi. Bahkan kasus kekerasan seksual di negara ini telah menelan korban. Berdasarkan sebuah data, sekitar 240.000 perempuan dan anak meninggal karena kekerasan seksual. Tahun 2015 dianggap sebagai kasus tertinggi yang mencapai 6.507.394 kasus.

6. Inggris

Negara benua Eropa lain yang masuk daftar negara dengan kasus pemerkosaan tertinggi adalah Inggris. Di Inggris hampir 85 ribu orang menjadi korban kekerasan seksual setiap tahunnya. Bahkan sebuah data mengatakan bahwa sejak 2013 sebanyak lebih dari 400 ribu jiwa mendapatkan penyerangan seksual.

7. India

India menempati posisi keempat. Berdasarkan Biro Nasional Crime Record, di seluruh India pada tahun 2012 tercatat 24.923 kasus pelecehan seksual. Yang paling miris, sebanyak 24.470 dari kasus tersebut, pelakunya adalah orang terdekat si korban, bisa teman, sahabat, saudara dekat, keluarga bahkan orang tua.

8. Swedia

Negara dengan panorama yang indah ini menjadi negara dengan kasus pemerkosaan tertinggi di benua Eropa. Tahun 1975, di Swedia hanya ada 421 kasus. Sayangnya, jumlah kasus semakin meningkat tiap tahunnya. Berdasarkan sebuah data, tahun 2013 Swedia menjadi peringkat teratas dan rawan terhadap tindak pidana pemerkosaan.

9. Afrika Selatan

Tahun 2012 di Afrika Selatan tercatat 65 ribu kasus pemerkosaan dan kekerasan seksual. Negara ini bahkan dijuluki sebagai ibu kota pemerkosa sedunia. Di Afrika Selatan satu dari tiga perempuan menjadi korban pemerkosaan. Yang paling parah adalah kasus pelecehan seksual tertinggi terjadi pada anak di bawah umur.

10. Amerika Serikat

Tak disangka-sangka, di posisi puncak ternyata diduduki oleh negara adikuasa, Amerika Serikat. Satu dari enam perempuan dan satu dari tiga laki-laki menjadi korban pemerkosaan. Dari 99% kasus yang ada, sebanyak 91% korbannya adalah perempuan dan 9% korbannya adalah laki-laki. Korban perempuan kebanyakan seusia mahasiswa. Hanya 16% yang dilaporkan ke pihak berwajib.

Untungnya, Indonesia tidak masuk daftar di atas ya. Tapi, kita perlu waspada dan tetap siap siaga. Ingat lho pemerkosaan nggak cuma terjadi ke perempuan, laki-laki pun bisa. Hati-hati ya guys!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES