Ngeri, Berikut 10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia. Indonesia Termasuk Nggak Ya?

Sumber Gambar

Militer adalah kekuatan utama bagi setiap negara dalam mempertahankan keamanan wilayah dan kedaulatannya dari berbagai ancaman yang bisa datang kapan saja. Untuk itu, setiap negara kemudian berlomba-lomba untuk terus membangun kekuatan militernya. Berdasarkan hasil analisis dari berbagai faktor di bidang pertahanan, detail kekuatan militer negara-negara di dunia pun ditampilkan oleh situs Global Firepower.  Dari 133 negara, berikut 10 besar negara dengan militer terkuat di dunia.

1. Italia

gallery.vtol.org

Sepuluh besar negara dengan militer terkuat di dunia dibuka oleh Italia. Anggaran pertahanan yang dialokasikan Italia adalah sebesar 34 miliar dolar. Jumlah personel garis depan aktif adalah 320.000 dengan dilengkapi 200 tank, 2 kapal induk, dan 822 pesawat.

 

2. Jerman

www.thetrumpet.com

Walaupun kekuatan militer Jerman sudah tidak semenakutkan dulu ketika masih berada di bawah pemerintahan Nazi, kekuatan militer Jerman tetap masih diperhitungkan dunia. Dengan anggaran pertahanan sebesar 39,2 miliar dolar ditambah dengan kekuatan militernya yang terdiri dari 180.000 personel garis depan aktif, 543 tank, dan 698 pesawat terbang, kekuatan angkatan bersenjata Jerman menduduki peringkat 9 dunia.  

 

3. Turki

www.hollilla.com

Anggaran pertahanan Turki mencapai 8,20 miliar dolar. Kekuatan militernya terdiri dari 410.500 personel garis depan aktif, 2.445 tank, dan 1.018 pesawat. Dibandingkan dengan negara Timur Tengah lainnya, seperti Mesir, Israel, Iran, dan Arab Saudi, Turki menjadi satu-satunya yang masuk daftar 10 besar.

4. Jepang
sputniknews.com

Meskipun negaranya kecil, kekuatan militer Jepang termasuk salah satu yang disegani dunia. Anggaran Jepang di bidang pertahanan adalah sebesar 43,8 miliar dolar dengan total tenaga kerja militer yang tersedia sebanyak 54 juta orang dan 250.000 personel garis depan aktif. Kekuatan militernya dilengkapi dengan 700 tank, 4 kapal induk, dan 1.594 pesawat.

5. Inggris

www.mirror.co.uk

Sedikit di atas Jepang, Inggris mengalokasikan anggaran pertahanan sebesar 45,7 miliar dolar. Inggris memiliki 249 tank, 1 kapal induk, 856 pesawat, 150.000 personel garis depan aktif, dan total 30 juta tenaga kerja militer yang tersedia.

 

6. Perancis

www.dvidshub.net

Anggaran pertahanan Perancis berada di bawah Inggris, yaitu sebesar 35 miliar dolar. Akan tetapi, Perancis unggul di jumlah personel garis depan aktif dan kepemilikan peralatan militer. Perancis memiliki 205.000 personel garis depan aktif dan dilengkapi dengan 406 tank, 4 kapal induk, dan 1.305 pesawat.

7. India

www.vosizneias.com

India memiliki jumlah tenaga kerja militer tersedia sebanyak 616 juta orang. Anggaran pertahanan India adalah sebanyak 51 miliar dolar. India memiliki 1,3-an juta personel garis depan aktif. Peralatan militernya terdiri dari 4.426 tank, 3 kapal induk, dan 2.102 pesawat.

8. Cina

www.nileinternational.net

Di antara negara-negara lainnya, Cina memiliki jumlah tenaga kerja tersedia di  bidang militer paling banyak, yaitu dengan total 750 juta orang. Hal itu tentu saja tidak lepas dari Cina yang memegang rekor sebagai negara terpadat di dunia. Sebesar 161,7 miliar dolar dialokasikan sebagai anggaran pertahanan. Cina memiliki 2,3-an juta personel garis depan aktif dan dilengkapi dengan 6.457 tank, 1 kapal induk, dan 2.955 pesawat.

9. Rusia
nationalinterest.org

Berada di peringkat 2 dunia, Rusia memiliki 766.055 personel garis depan aktif disertai dengan 20.215 tank, 1 kapal induk, dan 3.794 pesawat. Dengan tank sebanyak itu, Rusia menjadi negara dengan pasukan tank terbesar di dunia. Rusia memiliki tenaga kerja militer tersedia sebanyak 70 juta orang dengan anggaran pertahanan sebesar 44,6 miliar dolar.

10. Amerika Serikat
www.businessinsider.com

Sejak Perang Dunia II sampai sekarang, Amerika Serikat adalah negara dengan kekuatan militer nomor satu dunia. Tidak heran kalau anggaran pertahanan AS juga menjadi yang terbesar di dunia, yaitu sebesar 587,8 miliar dolar atau hampir tiga kali lipat dari gabungan anggaran pertahanan Rusia dengan Cina. AS memiliki 145,2-an juta tenaga kerja militer yang tersedia dengan total personel garis depan aktif sebanyak 1,4 juta orang. Selain itu, militer AS dilengkapi dengan 5.884 tank, 19 kapal induk, dan 13.762 pesawat.

Terus Indonesia apa kabar? Tenang, walaupun nggak masuk 10 besar, militer Indonesia masih masuk 15 besar kok. Lebih tepatnya adalah di peringkat 14 dunia, tiga peringkat di bawah Korea Selatan yang menduduki peringkat 11. Keren deh, karena negara kita masih unggul jika dibandingkan negara-negara lain, seperti Kanada, Australia, dan Polandia. Yang jelas, semoga Indonesia tetap aman dari berbagai ancaman, dunia juga tentunya. Jangan sampai prahara seperti Perang Dunia I dan II terjadi lagi. Beneran deh, jangan sampai!

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Masih Seumur Jagung, Inilah 10 Negara Termuda di Dunia. Lebih Muda Dari Indonesia!

Masih Seumur Jagung, Inilah 10 Negara Termuda di Dunia. Lebih Muda Dari Indonesia!

Masyarakatnya Tidak Berkulit Biru Seperti Avatar, Tapi Eropa Disebut Benua Biru. Kenapa Ya?

Masyarakatnya Tidak Berkulit Biru Seperti Avatar, Tapi Eropa Disebut Benua Biru. Kenapa Ya?

Duh, Hati-Hati Tertukar. Bendera Negara-Negara Ini Mirip Banget. Kebetulan Bukan Ya?

Duh, Hati-Hati Tertukar. Bendera Negara-Negara Ini Mirip Banget. Kebetulan Bukan Ya?

Mau Nongkrong Intelektual?  Ini 8 Perpustakaan Terbesar dengan Jumlah Koleksi Terbanyak di Dunia

Mau Nongkrong Intelektual? Ini 8 Perpustakaan Terbesar dengan Jumlah Koleksi Terbanyak di Dunia

Nggak Cuma Cuaca Kelon, 8 Negara Ini Punya Suhu Ekstrem. Bisa Membekukan Tubuh!

Nggak Cuma Cuaca Kelon, 8 Negara Ini Punya Suhu Ekstrem. Bisa Membekukan Tubuh!

Pindah ke Desa Albinen Ini Bakal Dapat Ratusan Juta Rupiah. Beneran atau Hoax?

Pindah ke Desa Albinen Ini Bakal Dapat Ratusan Juta Rupiah. Beneran atau Hoax?

loading