Negara Skandinavia Disebut Paling Bahagia di Dunia, Inilah 5 Resep Kebahagiaan Ala Mereka!

22 Desember 2017
|Pandu Rijal Pasa
0SHARES

Semenanjung Skandinavia merupakan semenanjung yang terletak di sebelah utara Benua Eropa. Negara-negara yang berada di dalamnya, dimana ada Norwegia, Swedia, Finlandia serta Denmark kemudian biasa disebut dengan Negara Skandinavia. Secara tidak langsung, penduduk dari negara-negara tersebut pun biasa disebut sebagai Orang Skandinavia atau Skandinavian.

Negara-negara Skandinavia ini memang dikenal sebagai negara yang paling bahagia. Bahkan, PBB pun menetapkan negara-negara Skandinavia ini masuk ke dalam urutan-urutan atas dalam rilisnya di World Happiness Report. Mengapa bisa begitu? Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat negara berselimut salju ini menjadi salah satu dari tempat tinggal paling bahagia di dunia :

1. Kehidupan profesional dan personal yang seimbang

Jika rata-rata orang kerja di Indonesia dan di banyak belahan bumi lain adalah selama 40 hingga 48 jam sepekan, maka berbeda dengan itu semua, rata-rata orang Skandinavia hanya bekerja selama 37 jam dalam seminggu. Memiliki jam kerja lebih sedikit tidak lantas membuat produktivitas mereka kalah dengan yang jam kerjanya lebih banyak. Negara Skandinavia lebih banyak memaksimalkan pekerjaan di dalam jam kerja yang telah ditetapkan sehingga tidak ada istilah bekerja di akhir pekan maupun lembur bagi orang-orang Skandinavia secara umum.

2. Tingkat kepercayaan terhadap orang lain yang sangat tinggi

Berdasar pada Indeks Kesejahteraan yang dikeluarkan pada tahun 2014, sebanyak 74% warga Norwegia percaya pada orang lain, sedangkan 83% warga Swedia percaya bahwa pemerintah mereka akan melakukan hal yang baik. Tingkat kepercayaan yang tinggi ini memiliki hubungan yang kuat dengan tingkat kebahagiaan. Berdasar pada beberapa studi literatur, kepercayaan dapat memicu pelepasan hormon oksitosin yang erat kaitannya dengan cinta dan kebahagiaan.

3. Pelayanan kesehatan yang mumpuni

Meskipun menerapkan pajak yang cukup tinggi kepada warganya, pelayanan kesehatan di negara-negara Skandinavia benar-benar gratis. Tidak hanya sekedar gratis, namun pelayanan yang diberikan pun sangat prima. Seperti misalnya, jika butuh bertemu dokter, kamu akan dibuatkan janji pada hari yang sama. Ataupun, jika hendak melahirkan, kamu akan mendapat sekotak penuh perlengkapan, mainan serta pakaian untuk bayi.

4. Banyak menghabiskan waktu dengan alam

Negara-negara yang ada di Skandinavia mempunyai beberapa undang-undang akses publik yang memungkinkan siapapun untuk berjalan, bersepeda atau menikmati alam dengan cara apapun di semua tanah atau lahan secara bebas selama tidak merusak. Warga bisa menikmati ruang terbuka hijau yang ada di sekitar secara bebas. Ada studi yang menunjukkan bahwa dengan banyak menghabiskan waktu dengan alam, akan meningkatkan kesehatan, kebahagian serta kondisi hati.

5. Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan

Diet nordic diklaim sebagai salah satu model diet terbaik di seluruh dunia, dimana ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa mengikuti diet Nordic ini dapat mengurangi banyak sekali kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh serta dapat menurunkan berat badan juga lho. Selain itu, di negara Skandinavia sendiri jarang ada daging merah serta lemak hewani yang membuat masyarakat Skandinavia rajin mengkonsumsi makanan sehat seperti ikan, akar sayuran dan buah-buahan.

Itu dia beberapa alasan yang dapat membuat warga Skandinavia menjadi salah satu warga dunia yang paling bahagia. Dengan menerapkan beberapa hal diatas serta memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada, sebenarnya bukan tidak mungkin Indonesia juga mampu menjadi salah satu negara paling bahagia di dunia. Jadi, nggak perlu iri dan ingin pindah ke negara skandinavia ya guys, lebih baik kita berupaya untuk menjadikan Indonesia negara yang lebih bahagia lagi!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
0SHARES