Modern tapi Bersahabat dengan Alam, Inilah 10 Kota Paling Ramah Lingkungan di Dunia!

01 Januari 2018
|Meidiana
1.5 KSHARES

Berbagai aktivitas pembangunan dan industri yang terutama terus terjadi di kota besar memang tidak lepas dari berbagai dampak negatif yang ditimbulkan bagi lingkungan. Akan tetapi, banyak juga kok nyatanya kota-kota besar di dunia yang berhasil mengendalikan dan mengatasi berbagai kerusakan tersebut dengan segala macam cara agar keseimbangan alam senantiasa terjaga. Mereka bahkan sebisa mungkin selalu berusaha untuk menjadi kota ramah lingkungan yang berkelanjutan. Penasaran kota mana aja? Yuk simak bersama sepuluh kota paling ramah lingkungan di dunia berikut ini.

1. Stockholm, Swedia

Ibu kota negara Swedia ini termasuk dalam jajaran kota terbersih di dunia. Stockholm bahkan menjadi kota pertama yang memenangkan European Green Capital Award pada tahun 2010. Perencanaan tata ruang dan lingkungan telah terkoordinasi sejak tahun 1970-an dan Stockholm pun telah berencana jangka panjang untuk memiliki ruang hijau yang lebih luas dan bebas bahan bakar fosil pada tahun 2050.

2. Amsterdam, Belanda

Selain rendah tingkat emisi karbon dioksidanya,  Amsterdam juga terkenal sebagai salah satu kota di dunia yang paling ramah sepeda. Bahkan, konon kota ini lebih memiliki banyak sepeda dibandingkan penduduk. Mungkin kebanyakan pada suka koleksi sepeda kali ya. Untuk mengurangi penggunaan energi listrik, mayoritas penduduk menggunakan energi surya dan turbin angin skala kecil bersistem hemat energi.

3. Kopenhagen, Denmark

Di salah satu kota yang paling banyak ditinggali di dunia satu ini, kebijakan dan perencanaan kota ramah lingkungannya cukup canggih. Infrastruktur kota dirancang sekondusif mungkin untuk para pesepeda dan pejalan kaki. Oke juga idenya. Bisalah ya ke depan diterapkan di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Agar orang ramai jalan kaki dan bersepeda ke sana-ke sini tuh tidak benar-benar hanya tinggal kenangan di zaman dulu aja.   

 

4. Reykjavik, Islandia

Ramah lingkungannya Kota Reykjavik beneran keren. Di kota ini, 99% listrik kota berasal dari sumber energi panas bumi, lho. Reykjavik bahkan menjadi kota yang memiliki sistem pemanasan menggunakan energi geotermal terbesar di dunia. Dalam bidang pertanian, para petani menanam sayuran dan buah-buahan di rumah kaca yang dipanaskan dengan energi geotermal serta diterangi dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga air.

 

5. Vancouver, Kanada

Vancouver masuk dalam jajaran sepuluh besar kota ramah lingkungan dan terbersih di dunia, terutama untuk aspek emisi karbon dioksida dan kualitas udara. Kota ini memiliki ruang publik yang ramah pejalan kaki, jaringan rute sepeda yang luas, dan sekitar 200 taman hijau yang terbuka untuk umum. Jadi, walaupun termasuk kota yang padat penduduk dan biaya hidupnya mahal, Vancouver memberikan iklim dan kenyamanan yang diidamkan.

6. Berlin, Jerman

Kepedulian penduduk Berlin terhadap lingkungan salah satunya tampak dengan kebiasaan mereka yang lebih senang menggunakan sepeda atau berjalan kaki dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi. Bahkan, di wilayah tertentu, terutama di Zona Lingkungan Berlin di pusat kota, kendaraan yang diperbolehkan melintas hanyalah yang memiliki stiker yang menunjukkan bahwa kendaraan tersebut memenuhi standar emisi tertentu.  

7. Singapura, Singapura

Kota terhijau di Asia ini telah membuktikan keberhasilannya dalam menangani dampak industrialisasi yang menyebabkan polusi berat. Berbagai program yang dilakukan, di antaranya, adalah menyediakan lahan hijau, mendirikan bangunan-bangunan hijau, dan meminimalisasi pembuangan limbah. Kota ini terus menggalakkan programnya untuk menuju Singapura yang nol limbah pada pertengahan abad ke-21.

8. Helsinki, Finlandia

Kota di Jazirah Skandinavia ini juga aktif mendorong penggunaan sepeda dan transportasi umum agar menjadi wilayah yang bebas polusi dan ramah lingkungan. Selain melakukan penghijauan kota, Helsinki terus melaksanakan program efisiensi energi sejak akhir tahun 1950-an untuk menuju kota ramah lingkungan yang berkelanjutan.

 

9. San Fransisco, Amerika Serikat

San Fransisco merupakan salah satu kota di Amerika yang memiliki tingkat daur ulang sampah tertinggi di dunia, yaitu sekitar 80%. Untuk mengurangi biaya, Pemerintah Kota menginstruksikan warganya untuk memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Selain pengelolaan sampah yang baik, kota ini juga terkenal dengan penggunaan transportasi umumnya, yaitu bus listrik dan trem listrik.

10. Oslo, Norwegia

Oslo dikenal sebagai salah satu kota ramah lingkungan di dunia yang memiliki tingkat emisi gas rumah kaca yang sangat rendah. Lingkungan alam di kota ini dijaga dan dilindungi dengan baik oleh pemerintah. Batas Kawasan Hijau juga diberlakukan untuk melindungi alam liar dari berbagai aktivitas pengembangan. Selain itu, penduduk juga lebih suka menggunakan transportasi umum atau berjalan kaki.

 

Maju dan modern tidak harus selalu berakhir dengan mengorbankan lingkungan. Buktinya kesepuluh kota di atas bisa menunjukkan hal itu. Semoga kota-kota Indonesia ke depan juga bisa menyusul masuk ke jajaran kota ramah lingkungan di dunia, ya. Yuk, kita mulai dari diri sendiri dan hal-hal kecil dulu agar terbiasa untuk bersahabat dengan alam.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Meidiana
"Bahagia bersama senandika."
1.5 KSHARES