Menyinggung Raja, Iklan Burger King di Belgia Tidak Mendapatkan Ijin Tayang

13 Juni 2017
|Chandra W.

Salah satu media promosi paling efektif untuk memasarkan atau memperkenalkan suatu produk ke khalayak ramai adalah iklan. Entah iklan di media cetak, audio, visual, maupun audio-visual. Nah, Burger King punya ide yang lebih menarik lagi dalam rangka pembukaan cabangnya di Belgia yang dijadwalkan pada akhir bulan Juni 2017 ini. Cabang ini akan menjadi restoran Burger King pertama di Belgia. Untuk meramaikannya, Burger King membuat sistem voting di situs whoistheking.be yang berisi foto maskot Burger King di satu sisi dan foto Raja Belgia yang telah dibuat kartun di sisi yang lain.

Kalau pemilih meng-klik gambar Raja Belgia yang sesungguhnya, maka nanti akan ada pertanyaan dari situs tersebut yang mengacu pada salah satu menu Burger King. Pertanyaan tersebut kira-kira berbunyi seperti ini, "Kamu yakin mau pilih dia? Dia nggak akan mau bikinin kamu kentang goreng, lho."  Ya jelas sih, Raja Belgia nggak akan bikinin kentang goreng buat rakyat jelata. Akan tetapi, masalahnya bukan di situ. Penggunaan gambar atau foto raja seharusnya melalui prosedur permintaan ijin kepada pihak kerajaan.

Nyatanya, juru bicara kerajaan, Pierre Emmanuel de Bauw menyatakan bahwa Burger King belum mengajukan ijin apa pun sampai iklan voting tersebut beredar. Lanjut katanya, Kalaupun mereka mengajukan, pasti pihak kerajaan tidak akan memberi otorisasi. Sayangnya, meskipun situs itu masih dapat diakses hingga sekarang, baik foto maskot Burger King maupun foto Raja Belgia sudah tidak ada. Padahalkan kita penasaran. Sementara itu, Shana Van den Broeck selaku perwakilan Burger King Belgia mengatakan bahwa pihaknya akan mempertimbangkan untuk mengganti iklan tersebut.

Pelajarannya adalah inovasi itu memang penting, tetapi harus tetap mempertimbangkan keadaan sekitar. Dalam hal ini, iklan Burger King dengan "voting" memang bagus dan menarik perhatian. Akan tetapi, urusannya jadi panjang karena dianggap meremehkan sang raja. Tadinya mau mengejar untung, eh malah jadi repot ngurus ini itu dan keluar biaya lagi. Belum lagi malu karena kejadian ini. Nah, buat kamu anak advertising pada khususnya dan pekerja di bidang kreatif pada umumnya, bisa nih dijadikan pelajaran buat ke depannya. Inovasi boleh kok, tapi ingat di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES