Menyeberangi Dahsyatnya Samudera Atlantik, Atlantic Road Jadi Jalanan Paling Berbahaya Tapi Juga Memesona!

23 Desember 2017
|Galih Wisnu Brata
1.5 KSHARES

Sebagai negara yang terdiri dari beberapa pulau, Norwegia memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Untuk itu, pemerintah Norwegia berusaha memanfaatkan keindahan tersebut untuk menarik pengunjung, khususnya dari luar negeri, untuk berkunjung di negara yang terletak di ujung Skandinavia ini.

Pemerintah Norwegia membangun sebuah jalan yang menghubungkan antarpulau dengan tujuan mempermudah transportasi. Selain itu, keindahan alam pun bisa dinikmati di jalan yang diberi nama Atlantic Road ini. Namun, Atlantic Road bisa dikatakan sebagai jalan yang rumit dan berbahaya. Kenapa ya?

Atlantic Road memiliki panjang 5,2 mil atau 8,3 km, yang dimulai dari desa Karvag di Averoy dan berakhir di Viyang di Eida, dan lebarnya 6,5 meter. Jalan ini terdiri dari delapan jembatan. Storseisundet Bridge adalah salah satu jembatan yang memiliki panjang 260 meter yang dibangun miring agar bisa memberikan pemandangan 360 derajat bagi para pengguna jalan.

Atlantic Road dikatakan sebagai jalan yang berbahaya karena dibangun melewati Samudra Atlantik. Para pengguna jalan terkadang akan diterpa oleh ombak yang hebat. Selain itu, jalanan yang berkelok-kelok juga semakin memperumit perjalanan. Bahkan, jalan sering ditutup karena cuaca buruk yang datang tak menentu. Walau demikian, kita bisa menikmati pemandangan yang luar biasa menakjubkan melalui jalan ini.

Awalnya, pada awal abad 20, Norwegia ingin membangun jalur kereta api untuk menghubungkan antarpulau. Namun, rencana tersebut dirasa terlalu sulit direalisasikan. Rencana tersebut berubah menjadi pembangunan jalan raya yang mulai dilakukan pada 1 Agustus 1983. Pembangunan Atlantic Road memakan waktu cukup lama karena harus melewati berbagai rintangan, termasuk dua belas badai yang menerjang.

Dana yang diperlukan pun tidak sedikit. Pendapatan yang diperoleh dari pajak pun tidak mencukupi. Kekurangan dana ditutupi dengan mengenakan tarif tol. Pemerintah Norwegia memperhitungkan pelunasan dana pembangunan akan selesai dalam waktu 15 tahun. Dalam kenyataannya, dana pembangunan telah lunas hanya dalam 10 tahun.

Atlantic Road resmi dibuka enam tahun setelah pembangunan, tepatnya pada 6 Juli 1989. Kalau kalian ingin menikmati sensasi menegangkan sekaligus menakjubkan, bisa nih mencoba ke Norwegia. Tenang, di tiap pulau yang dilintasi jalan ini disediakan beberapa rest area kok. Jadi, ingin menjajal jalanan antarpulau yang fenomenal ini?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
1.5 KSHARES