Mengenal 7 Makhluk Paling Legendaris dari Mitologi Yunani

30 Juni 2017
|Monica Petra

Dikenal karena karakteristiknya yang aneh, makhluk mitos Yunani telah menjadi subjek budaya populer selama ribuan tahun. Siapa sangka makhluk mitologi ini ternyata memiliki rupa-rupa yang serba aneh. Tubuh mereka terdiri atas berbagai bagian tubuh binatang, memiliki kekuatan yang dahsyat, dan tentunya juga cerita yang menarik. Kalau kamu penasaran, pada daftar hari ini, kita akan melihat tujuh makhluk mitologi tersebut dan belajar tentang beberapa cerita epik mereka.Yuk langsung kita simak.

1. Lamia

Lamia adalah ratu cantik Libya yang menjadi monster pemakan anak kecil. Dalam mitos tersebut, dia adalah salah satu nyonya Dewa Zeus yang menyebabkan istri asli dari Zeus, Hera, cemburu sehingga membunuh semua anak-anak Lamia (kecuali Scylla yang dikutuk sendiri) dan mengubahnya menjadi monster yang memburu dan melahap anak-anak lainnya.

2. Scylla

Scylla adalah monster yang hidup di satu sisi saluran air yang sempit, berlawanan dengan mitranya, Charybdis. Kedua sisi selat berada di dalam jarak yang sangat dekat sehingga pelaut yang berusaha menghindari Charybdis justru akan berada terlalu dekat dengan Scylla dan itu juga bukan suatu petanda yang baik.

3. Nemean Lion

Nemean Lion adalah monster ganas dalam mitologi Yunani yang tinggal di Nemea. Pada akhirnya, makhluk ini dibunuh oleh Heracles. Lion tidak bisa dibunuh dengan senjata biasa karena bulu keemasannya bisa tahan untuk diserang. Cakar-cakarnya lebih tajam daripada pedang dan bisa menembus baju besi.

4. Griffin

Griffin adalah makhluk legendaris dengan tubuh, ekor, dan kaki belakang seekor singa. Sementara itu, kepala, sayap, serta cakarnya mirip seperti elang. Oleh karena singa itu secara tradisional dianggap sebagai raja binatang dan rajawali sebagai raja burung, maka griffin dianggap sebagai makhluk yang sangat kuat dan agung.

5. Sphinx

Dengan tubuh singa, sayap seekor burung besar, dan wajah seorang wanita, makhluk ini mitosnya adalah seorang pengkhianat dan berperilaku sangat kejam. Orang-orang yang tidak bisa menjawab teka-tekinya akan mengalami nasib yang khas seperti dalam cerita mitologi Yunani, yakni mereka akan dibunuh dan dimakan oleh monster rakus yang satu ini.

6. Pegasus

Pegasus merupakan salah satu makhluk yang paling dikenal dalam mitologi Yunani. Dia adalah seekor kuda suci yang bersayap dan biasanya digambarkan dengan warna putih cemerlang. Makhluk ini adalah keturunan Poseidon dan Medusa. Legenda mengatakan bahwa setiap kali kuku kakinya menabrak bumi, maka sebuah mata air akan menggelegak.

7. Minotaur

Minotaur adalah makhluk mitologi humanoid dengan kepala seekor banteng dan tubuh seorang laki-laki. Dia tinggal di pusat Cretan Labyrinth yang merupakan labirin rumit yang dirancang oleh arsitek yang bernama Daedalus dan anaknya yang bernama Icarus. Pria banteng itu akhirnya dibunuh oleh pahlawan Athena yang bernama Theseus.

Yunani memang terkenal dengan kisah-kisahnya yang super klasik dan banyak mengangkat tema tentang kepahlawan serta legenda dewa-dewi. Semakin pelik pula ketika ada suguhan seperti makhluk-makhluk mitologi di atas. Untungnya, itu semua hanya mitologi yang merupakan kepercayaan masyarakat setempat. Kalau makhluk-makhluk seperti itu beneran ada, kira-kira bagaimana manusia akan menghadapinya, ya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
SHARES