Mau Nongkrong Intelektual? Ini 8 Perpustakaan Terbesar dengan Jumlah Koleksi Terbanyak di Dunia

28 Januari 2018
|Median

Bagi pecinta buku dan pegiat literasi, perpustakaan adalah surga dunia. Kalau kamu termasuk salah satunya, setuju banget pasti kalau perpustakaan adalah tempat nongkrong nomor satu dari sekian banyak tempat nongkrong favorit yang hobi kamu kunjungi. Berbagai perpustakaan yang ada di kota kamu mungkin juga sudah pernah kamu jelajahi semuanya, karena saking hobinya baca dan ingin tahu banyak hal. Nah, kalau kamu berkesempatan untuk mengunjungi perpustakaan-perpustakaan terbesar di dunia dari segi koleksi yang dimilikinya berikut ini, dijamin deh kamu bakal lebih bahagia lagi. Mana saja tuh perpustakaan terbesarnya? Yuk, simak!

1. Library of Congress, Amerika Serikat

Perpustakaan yang terletak di Washington, D.C. ini adalah perpustakaan nasional AS sekaligus perpustakaan terbesar di dunia. Jumlah koleksi buku perpustakaan yang didirikan pada tahun 1800 ini adalah lebih dari 162 juta, termasuk berbagai koleksi yang total terdiri lebih dari 450 bahasa. Nggak akan habis deh dibaca seumur hidup sekalipun.  

2. British Library, Inggris

Perpustakaan terbesar kedua di dunia yang terletak di Kota London ini memiliki lebih dari 150 juta koleksi. Berbagai koleksi literatur keren, seperti lirik-lirik lagu The Beatles yang asli tulisan tangan dan draft asli Bab 10—11 Persuasion, novel keren karya Jane Austen, dapat kamu temui di sini.

3. Library and Archives Canada, Kanada

Perpustakaan nasional inilah yang memelihara dan melindungi warisan arsip dokumenter Kanada. Perpustakaan dengan 54 juta koleksi ini tidak hanya mengoleksi buku-buku dan benda serius, tetapi juga mengoleksi beberapa foto antik dari zaman dulu.

4. New York Public Library, Amerika Serikat

Perpustakaan yang terletak di Manhattan ini memiliki 53,1 juta koleksi. Sebelum ada Google, di sini para pengunjung biasa mencari jawaban dari berbagai pertanyaan, seperti alasan lukisan-lukisan Inggris abad ke-18 banyak menampilkan tupai dan berbagai pertanyaan sulit lainnya. Wah, bisa jadi Google kedua nih kalau rajin baca buku di sini.

5. Russian State Library, Rusia

Perpustakaan ini sering disebut sebagai Leninka. Russian State Library dibangun pada tahun 1862 dan kini telah memiliki 44,4 juta koleksi. Dengan koleksinya sebanyak itu, perpustakaan yang ada di Moskow ini masuk dalam jajaran perpustakaan terbesar di dunia.

6. National Diet Library, Jepang

Perpustakaan nasional ini terletak di Tokyo dan dibangun pada tahun 1948. Perpustakaan dengan total 41,88 juta koleksi ini sering digunakan sebagai tempat referensi berbagai penelitian tentang kebijakan publik.

7. Bibliothèque nationale de France, Perancis

Perpustakaan ketujuh terbesar di dunia ini memiliki total 40 juta koleksi. Di sini adalah rumah bagi semua tulisan yang pernah diterbitkan di Perancis. Para pengunjung di sini dapat membaca segala hal tentang Perancis di dalam ruang baca berbentuk oval yang indah.

8. National Library Of Russia, Rusia

Perpustakaan nasional Rusia ini didirikan di St. Petersburg pada tahun 1795. Total koleksi yang dimiliki sejauh ini adalah 36,5 juta. Tidak hanya koleksi fisik, lebih dari 80.000 judul buku dan dokumen dalam bentuk digital juga dapat diakses dan dibaca di perpustakaan ini.

Koleksinya bener-bener pada bikin jatuh hati kan? Selain pastinya mendapat informasi dan pengetahuan yang macam-macam, sangat efektif juga untuk semakin membuatmu terlihat sebagai anak nongkrong intelektual. Semoga diberi kesempatan mengunjungi salah satunya, ya, hai kamu para pecinta buku dan perpustakaan!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
SHARES