Masyarakatnya Tidak Berkulit Biru Seperti Avatar, Tapi Eropa Disebut Benua Biru. Kenapa Ya?

30 Januari 2018
|Pandu Rijal Pasa
291SHARES

Bumi memiliki enam benua, dimana setiap benua memiliki warna identik yang mewakili area tersebut. Seperti misalnya Afrika yang dikenal dengan sebutan ‘Benua Hitam’ ataupun Asia yang dikenal dengan nama lain ‘Benua Kuning’. Nah, benua Eropa pun juga memiliki sebutan yang umum disematkan kepada mereka, baik secara wilayah maupun orang-orangnya. Warna identik dari benua Eropa adalah ‘Benua Biru’. Nah, tapi sebenarnya kenapa warna biru yang dipilih untuk mewakili benua Eropa?

Jika sebutan benua Afrika dan benua Asia identik dengan warna kulit dari mayoritas penduduknya, maka warna biru disematkan ke benua Eropa karena mayoritas penduduknya yang memiliki bola mata berwarna biru. Bola mata ini berbeda dengan mayoritas penduduk diluar Eropa yang biasanya memiliki warna coklat atau hitam gelap. Konon, mata biru dan kulit putih yang dimiliki oleh mayoritas warga Eropa merupakan hasil dari peradaban Mesolitikum serta pendatang yang berasal dari Timur Tengah.

Sedangkan alasan lain mengapa bangsa Eropa dikenal dengan sebutan ‘Benua Biru’ adalah karena sejarah bangsa Eropa dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak kerajaan. Seperti kita ketahui bahwa sejarah bangsa Eropa penuh dengan cerita tentang kerajaan dan pertumpahan darah atas namanya. Dan, para keturunan raja memiliki sebutan sebagai keturunan darah biru. Sehingga sebutan ‘Benua Biru’ untuk benua Eropa merujuk ke penduduk mereka yang merupakan anak cucu dari kerajaan-kerajaan yang dulu pernah berkuasa disana. Bahkan, hingga saat ini masih ada 13 negara di Eropa yang menggunakan sistem kerajaan sebagai sistem pemerintahan mereka.

Setidaknya, dua alasan yang sudah dijelaskan di atas merupakan alasan utama mengapa bangsa Eropa disebut pula sebagai ‘Benua Biru’. Alasan yang rasanya masuk akal dengan julukan yang sudah disematkan dengan benua yang konon katanya paling maju hingga saat ini. Selain hal ini, tentu masih banyak hal-hal menarik lain yang dimiliki oleh benua eropa sebagai daya tariknya tersendiri. Jadi menurutmu, yang mana kira-kira alasan yang lebih masuk akal?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
291SHARES