Masih Seumur Jagung, Inilah 10 Negara Termuda di Dunia. Lebih Muda Dari Indonesia!

02 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Di tahun 2018 ini, Indonesia akan memasuki usia 73 tahun. Usia yang cukup matang untuk sebuah negara. Jika usia tersebut disematkan kepada manusia, ia telah berada pada fase tua. Namun, masih banyak negara yang umurnya jauh lebih tua dari Indonesia. Sebaliknya, ada juga negara yang umurnya masih sangat muda. Inilah 9 negara termuda di dunia.

1. Sudan Selatan (6 tahun)

Dulunya, salah satu negara termuda di dunia yang terletak di benua Afrika ini merupakan bagian dari Republik Sudan. Setelah terjadi perang saudara, Sudan Selatan memutuskan untuk memisahkan diri dari Sudan pada Juli 2011. Secara resmi, Sudan Selatan merdeka pada 9 Juli 2011. Negara ini dihuni oleh sekitar 12 juta jiwa.

2. Kosovo (9 tahun)

Kemerdekaan Kosovo yang dideklarasikan pada 17 Februari 2008 belum diakui oleh Serbia. Serbia merupakan negara yang pernah menguasai Kosovo. Selain Serbia, PBB pun belum menyetujui Kosovo untuk menjadi negara. Walaupun begitu, negara yang terletak di benua Eropa ini telah diakui sebagai negara oleh Albania, Amerika Serikat, Perancis, Britania Raya, dan Turki.

3. Montenegro (11 tahun)

Pada tahun 1991, setelah Yugoslavia runtuh, muncul sebuah negara bernama Serbia and Montenegro. Di tahun 2006, Montenegro melepaskan diri dari Serbia and Montenegro karena 50% warganya ingin Montenegro berdiri sendiri. Akhirnya, tanggal 3 Juni 2006, Montenegro menjadi sebuah negara yang beribukotakan Podgorica. Nggak heran kan kalau negara ini jadi salah satu negara termuda di dunia.

4. Serbia (11 tahun)

Menyambung penjelasan sebelumnya, saat Montenegro melepaskan diri dari Serbia and Montenegro, secara otomatis Serbia juga ikut mendeklarasikan diri sebagai sebuah negara. Berselang dari deklarasi Montenegro, 5 Juni 2006, Serbia menjadi negara baru yang menjadikan Belgrade sebagai ibukota.

5. Timor Leste (15 tahun)

Timor Leste pernah bergabung dengan Indonesia. Saat itu, namanya adalah provinsi Timor Timur. Pada 20 Mei 2002, Timor Leste lepas dari Indonesia. Banyak pro dan kontra terkait lepasnya negara ini dari Indonesia. Setelah merdeka, negara yang dihuni 1,2 juta jiwa ini menjadikan Dili sebagai ibu kota negara.

6. Palau (23 tahun)

Palau adalah sebuah negara kecil yang dikenal sebagai negara kaya di Kepulauan Pasifik. Kekayaan alam dan wisatanya adalah penopang perekonomian terbesar di salah satu negara termuda di dunia ini. Palau memperoleh kemerdekaan dari Amerika Serikat pada 1 Oktober 1994. Melekeok menjadi ibukota Palau, sedangkan Koro menjadi pulau utamanya.

7. Eritrea (24 tahun)

Karena perang saudara yang terjadi hingga 30 tahun, dari 1961 hingga 1991, Eritrea akhirnya lepas dari Ethiopia. Kemerdekaan Eritrea diperoleh pada 24 Mei 1993. Kota Asmara menjadi pusat pemerintahan negara yang memiliki luas 117.600 km persegi ini.

8. Republik Ceko (25 tahun)

Sama halnya dengan Serbia and Montenegro, Cekoslowakia pada akhirnya harus berpisah. Kedua negara ini resmi menyatakan kemerdekaan pada 1 Januari 1993. Perpisahan keduanya, menurut banyak kalangan, dianggap tidak perlu. Tidak seperti negara lain, setelah memutuskan berpisah, kondisi ekonomi dan politik di kedua negara tercatat stabil. Kedua negara tidak mengakami kemiskinan dan kerusuhan.

9. Slowakia (25 tahun)

Seperti penjelasan sebelumnya, Slowakia merupakan pecahan dari Cekoslowakia. Tanggal 1 Januari 1993, Slowakia juga resmi berdiri sendiri sebagai sebuah negara. Saat ini, Slowakia menjadikan Bratislava sebagai ibukota negara.

Wah, masih muda-muda banget ya, belum sampai seperempat abad. Usia negara-negara termuda di dunia tersebut terbilang masih belia bahkan ada yang masih anak-anak. Semoga berumur panjang ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES