Lonceng Big Ben Berhenti Berdentang, Ada Apa Sebenarnya?

23 Agustus 2017
|Romlah Sundari
730SHARES

Jika kemarin senin orang-orang di Amerika berkumpul di tempat terbuka untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari, berbeda halnya dengan yang terjadi di Inggris. Senin kemarin, orang-orang berkumpul di halaman Westminster Palace untuk mendengarkan dentang bel terakhir dari Big Ben. Mereka melepas kepergian suara bel yang begitu familiar bagi warga Inggris ini dengan berdiri di luar dan secara khusyuk mendengarkan dentang terakhir jam yang berada di tengah Kota London ini.

Momen ini menjadi begitu menyedihkan bagi warga Inggris karena jam tua yang telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Inggris dan bahkan telah menjadi bangunan ikonik Inggris ini harus berhenti berdentang selama setidaknya empat tahun mendatang. Pasalnya, Big Ben akan mengalami renovasi dan proses ini akan memakan waktu hingga empat tahun mendatang serta memakan biaya hingga 29 juta poundsterling.

Awalnya, rencana menghentikan dentang bel Big Ben ini mendapat banyak protes dari masyarakat maupun anggota parlemen Inggris. Bahkan, Perdana Menteri Inggris, Theresa May pun menolak rencana penghentian bel Big Ben ini. Namun, menurut anggota Lembaga Perwakilan Rakyat Inggris, pekerja tidak akan dapat merenovasi Big Ben dengan aman jika lonceng Big Ben yang besar itu tetap berdentang secara reguler. Maka, demi alasan keamanan dan kelancaran renovasi Big Ben, jam tua ikonik ini harus berhenti beroperasi selama proses renovasi.

Bukan hanya warga Inggris, sebanyak kurang lebih 200 anggota Parlemen Inggris pun berkumpul dan mendengarkan dentang terakhir Big Ben di halaman Westminster Palace. Salah satu anggota parlemen yang paling gencar menolak pemberhentian lonceng Big Ben, Stephen Pound, terlihat begitu sedih hingga meneteskan air mata. Meski dijadwalkan untuk kembali berdentang pada tahun 2021 mendatang, namun Pound menyangsikan Big Ben akan kembali berdentang pada waktu yang telah ditentukan mengingat sering kali proyek pemerintah tidak berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. 

Meski Big Ben akan diam selama empat tahun, namun pemerintah Inggris berjanji akan membunyikan lonceng Big Ben di kesempatan-kesempatan tertentu seperti tahun baru dan momen penting Inggris lainnya. Ini juga bukan pertama kalinya lonceng Big Ben berhenti berdentang. Pada tahun 2007 dan antara tahun 1983 hingga 1985, Big Ben pernah mengalami hal yang serupa. Akan tetapi, penghentian lonceng Big Ben kali ini merupakan yang paling lama dalam sejarah berdirinya Big Ben.

Walaupun sunyinya Big Ben selama empat tahun mendatang membuat sedih masyarakat Inggris, namun hal ini tidak akan mengganggu keseharian mereka. Masyarakat tetap akan beraktivitas seperti biasa meskipun tanpa suara lonceng Big Ben yang biasanya terdengar setiap jam.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
730SHARES