Letaknya Ribuan Kilometer dari Pulau Lain, Begini Kehidupan di Pulau Tristan da Cunha!

13 Maret 2018
|Pandu Rijal Pasa
1SHARES

Beberapa waktu lalu, ada sebuah pulau yang mengumumkan bahwa mereka membutuhkan petani yang mampu menumbuhkan ketersediaan pangan secara mandiri di pulau tersebut. Namun, jangan bayangkan pulau ini mudah dijangkau dan dekat dengan daratan lainnya ya. Untuk bisa mencapai pulau ini, setidaknya butuh waktu selama seminggu menggunakan perahu kecil yang berangkat dari ujung Afrika Selatan. Pantas saja jika kemudian dunia menjulukinya sebagai ‘Pulau paling terpencil di dunia’.

Meskipun terletak sejauh 2.813 km dari Afrika Selatan dan 3.360 km dari Amerika Selatan, pulau ini masih menjadi bagian dari Inggris. Itulah kenapa sebenarnya lowongan tadi ditujukan untuk penduduk Inggris. Meskipun terkait langsung dengan Kerajaan Inggris, ternyata pulau ini pada awalnya ditemukan oleh penjelajah asal Portugis yang bernama Tristan da Cunha pada abad ke-16.

Sayangnya, ia tidak berlabuh di pulau ini hingga jauh 2 abad setelahnya, ketika Inggris berhasil mengalahkan Prancis dan mengirim Napoleon ke pengasingan di St Helena, mereka menemukan dan mengklaim pulau ini. Itulah mengapa Pulau Tristan da Cunha ini masuk ke dalam teritori Saint Helena di bawah pemerintahan Kerajaan Inggris.

Dengan wilayah seluas kurang lebih 100 kilometer persegi, semua tanah yang ada di pulau Tristan Da Cunha ini dimiliki oleh bersama. Mereka menggunakan sistem pengawasan yang unik untuk mencegah konflik klaim hasil pangan yang didapatkan oleh tiap individu. Kentang adalah salah satu produk unggulan dari wilayah ini. Disamping itu, hasil laut juga merupakan komoditi utama yang dihasilkan oleh penduduk pulau ini mengingat jarak dari ujung utara ke ujung selatan pulau ini yang hanya sepanjang 18 km praktis membuat penduduk sangat mudah menjumpai laut dari berbagai sisinya.

Karena tanahnya yang sangat terbatas, pulau yang hanya memiliki kurang lebih 300-an penduduk ini memiliki aturan yang cukup ketat terkait kedatangan orang asing. Bahkan lebih parahnya, karena hal tersebut, banyak perkawinan sedarah atau kerabat dekat yang kemudian diduga menjadi penyebab menyebarnya penyakit genetik disana. 

Melihat fakta-fakta di atas, memang penerimaan petani baru yang mereka buka sendiri ini jadi salah satu jalan paling mudah untuk tinggal disana. Tertarik untuk menjadi penghuni baru tempat ini? Tapi kamu harus sabar-sabar nih karena lokasinya yang sangat terpencil, bikin kita jauh dari sanak saudara.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
1SHARES