Keren! Islandia Jadi Negara Pertama yang Mewajibkan Gaji Perempuan dan Laki-Laki Setara!

08 Maret 2018
|Pandu Rijal Pasa
78SHARES

Isu soal kesetaraan gender memang sepertinya tidak pernah habis untuk diperbincangkan, ya. Salah satu turunan dari isu ini adalah soal upah kerja yang diterima pekerja laki-laki serta perempuan. Namun rasanya hal ini tidak akan menjadi masalah lagi di Islandia. Karena negara ini memutuskan untuk menjadi negara pertama yang memutuskan bahwa ketidaksetaraan gaji antara karyawan pria dengan wanita merupakan tindakan ilegal yang bisa ditindak oleh hukum.

Cara kerja dari aturan baru ini cukup sederhana. Perusahaan yang memilki paling sedikit 25 orang karyawan harus mampu menunjukkan sertifikat serta slip gaji yang membutkitkan bahwa mereka membayar semua karyawannya dengan bayaran yang sama, tanpa membedakan gender yang mereka miliki. Jika tidak memiliki sertifikat tersebut, denda dari negara sudah tentu akan menghampirinya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesenjangan penerimaan upah kerja yang terjadi dalam lima tahun terakhir ini di Islandia.

Salah satu dari organisasi yang paling lantang menyuarakan persamaan gaji ini adalah Icelandic Women’s Right Association yang merupakan asosiasi yang memperjuangkan hak-hak perempuan di Islandia. Memang kaum perempuan serta organisasi yang berada di belakangnya sudah sejak lama menuntut pemerintah untuk memberikan hak perempuan terkait persamaan gaji ini. Namun memang suara itu seringkali tidak terlalu didengarkan di banyak negara, hingga pada akhirnya Perdana Menteri Islandia menjadikan ini sebagai bahasan serius sejak 6 tahun lalu dan akhirnya berbuah pada aturan yang disahkan belum lama ini.

Kebijakan baru yang diterapkan di Islandia ini tentu menjadi sebuah kemajuan bagi penggerak isu-isu perempuan di berbagai negara dan mendapat banyak sekali pujian dari seluruh dunia. Sehingga, kemudian memunculkan semangat baru bagi pembela hak-hak perempuan di banyak negara lain untuk membuat perubahan yang serupa di negara mereka masing-masing. Meskipun tentu saja penerapan kesetaraan gaji ini tidak bisa hanya mengandalkan pengesahan undang-undang saja, namun juga harus diimbangi dengan penerapan serta pengawasan yang baik oleh semua pihak yang terkait. Bagaimana jika kebijakan ini diterapkan di Indonesia, ya? Apakah mungkin?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
78SHARES