Keren! Inilah 7 Badan Intelijen Yang Paling Disegani Dunia. Indonesia Termasuk Nggak Ya?

12 Desember 2017
|Galih Wisnu Brata
328SHARES

Setiap negara biasanya memiliki badan intelijen. Badan intelijen merupakan lembaga yang bertugas untuk menangani misi rahasia. Indonesia juga memiliki badan intelijen yang bernama BIN, Badan Intelijen Negara. Kali ini akan dibahas 7 badan intelijen dari berbagai negara di dunia yang paling disegani. Langsung saja yuk simak ulasan berikut ini.

1. CIA, Amerika Serikat

Central Intelligence Agency (CIA) merupakan badan intelijen milik Amerika Serikat yang dibentuk pada tahun 1947. CIA memiliki tiga fungsi utama, yaitu memperoleh dan menganalisis informasi tentang orang asing, melakukan propaganda dan hubungan masyarakat serta menggelar operasi rahasia untuk pertahanan presiden. Dulu, CIA memiliki tugas utama untuk memerangi agen Uni Soviet, Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti. Anggota CIA memiliki berbagai keahlian khusus dan dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih.

2. M16, Inggris

M16 dibentuk oleh pemerintah Inggris sebelum Perang Dunia I. Dahulu, The Secret Intelligent Service atau M16 ini bertugas untuk menjaga negara dan memata-matai kegiatan pemerintah kekaisaran Jerman. Untuk itu, M16 aktif berkolaborasi dengan CIA dalam berbagi informasi dan operasi rahasia. M16 juga telah terlibat dalam konflik besar dunia di abad 20 dan 21. Kalian pasti sering dengar namanya di film James Bond kan?

3. Mossad, Israel

Mossad, badan intelijen milik Israel, bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi intelijen, kontra-terorisme, dan berbagai operasi rahasia. Mossad bukanlah lembaga militer, melainkan aparat sipil meski sebagian besar agennya bertugas di pasukan pertahanan. Divisi yang paling terkenal dari lembaga ini adalah Metsada. Metsada bisa melakukan pembunuhan, paramiliter, sabotase, dan perang psikologis.

4. BND, Jerman

The Bundesnachrichtendienst's adalah badan intelijen milik Jerman yang dikenal juga dengan nama BND. BND berdiri sebelum pecah Perang Dunia II. Tujuan dibentuknya lembaga ini adalah untuk memata-matai Uni Soviet. Saat ini, BND bertindak sebagai sistem peringatan dini untuk pemerintah dari ancaman luar. Selain itu, BND juga bertugas mengawasi, menyadap, dan berkomunikasi elektronik tingkat internasional. Prestasi terbesarnya adalah mengungkap kediktatoran Saddam Husein di Iran.

5. GRU, Rusia

Badan intelijen utama milik Rusia yang dikenal adalah Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti. Badan intelijen ini dibubarkan tahun 1995 setelah negaranya runtuh. Namun, ternyata Rusia masih memiliki badan intelijen yang dibentuk tahun 1918. Glavnoye Razvedyvatel'noye Upravleniye menjadi badan intelijen Rusia utama dan terbesar yang dibentuk oleh Vladimir Lenin. GRU bertugas menangani semua operasi. Sebagai badan intel utama, GRU telah mengambil bagian dalam kegiatan antinasionalis di Eropa Timur. Bahkan menurut mantan agennya, GRU telah menyusup ke negara-negara besar di Eropa dan Amerika Serikat.

6. DGSE, Perancis

The Direction Generale de la Securite Exteriure atau DGSE dibentuk tahun 1982. DGSE menggantikan badan intelijen sebelumnya, Servixe de Documentation Exterieure et de Contre-Espionnage (SDECE). Tugas utama DGSE adalah mengumpulkan data serta mencegah, mendeteksi, dan menemukan kegiatan spionase. Salah satu prestasi terbesarnya adalah mengungkap jaringan mata-mata Uni Soviet di Eropa dan Amerika Serikat.

7. ISI, Pakistan

Selama masa perang antara India dan Pakistan, Pakistan membentuk badan intelijen yang bernama ISI di tahun 1948. Setelah perang selesai, peran ISI menyusut. ISI aktif bekerja sama dengan CIA dalam memberantas terorisme. ISI pernah menyadap komunikasi para pembunuh Presiden Pakistan, Jenderal Muhammad Ziau-Ul-Haq di tahun 1980 pada saat parade nasional. Para pembunuhnya ada yang berasal dari kalangan pejabat militer pangkat tinggi. Para pejabat tersebut merencanakan kudeta dan berniat membangun pemerintahan yang ekstrem.

Pantas ya badan intelijen di atas disegani dunia? Kapan ya BIN menjadi badan intelijen yang disegani dunia? Di Indonesia sendiri, BIN kiprahnya tidak begitu terdengar. Apalagi di ranah internasional. Ada banyak hal yang perlu ditingkatkan dari BIN milik Indonesia ini agar dapat melakukan hal-hal hebat seperti badan intelijen lainnya di atas. Siapa nih yang mau jadi agen BIN? Kan keren tugasnya, menjalankan misi rahasia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
328SHARES