Keren! Beginilah Sistem Pendidikan di Norwegia, Negara Paling Bahagia di Dunia. Patut Ditiru!

23 November 2017
|Mega Fitriyani
0SHARES

Setiap tahunnya, PBB mengeluarkan laporan indeks kebahagiaan di berbagai negara dalam World Happiness Report. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Norwegia, yang pada tahun ini dinyatakan sebagai negara paling bahagia di dunia. Mereka menggunakan 6 indikator penilaian yakni pendapatan per kapita, dukungan sosial, hidup yang sehat, kebebasan sosial, kedermawanan, dan level korupsi.

Lalu, seperti apa kondisi sekolah di sana? Norwegia dikenal sebagai negara paling bahagia di dunia dan hal tersebut juga tercermin dari sistem pendidikan di sana. Salah satu cirinya adalah di Norwegia, setiap orang mendapatkan pelayanan pendidikan yang baik, tidak dibedakan atas latar belakang sosial, budaya, maupun wilayahnya. Sekolah sebagai tempat untuk menimba ilmu juga diharapkan mampu memberikan kesejahteraan bagi setiap pelajarnya. 

Contohnya, di Norwegia, siswa difabel tetap mendapatkan perlakuan adil dalam pendidikan. Mereka dibekali dengan keterampilan khusus tentang hal-hal yang kemungkinan mampu dikuasai. Apabila sudah menguasai sebuah keterampilan maka siswa tersebut baru diperbolehkan untuk bergabung bersama sekolah umum. 

Untuk siswa normal, pemerintah memberikan banyak sekali kebijakan yang mempermudah akses pendidikan. Jumlah ketersediaan biaya pendidikan cukup banyak, mulai dari biaya murah bahkan gratis, dukungan fasilitas memadai, dan juga terdapat student loan. Pinjaman dana untuk pelajar bertujuan agar siswa mampu berlatih hidup mandiri, sehingga keberhasilan pendidikan bersifat jangka panjang tidak hanya fokus pada pelajaran saat ini saja. Bantuan juga diberikan pada siswa Norwegia yang ingin melanjutkan sebagian kegiatan belajarnya di luar negeri.

Di Norwegia, ada kewajiban belajar 10 tahun, yang terdiri dari primary, lower secondary, dan upper secondary. Sistem pendidikan di Norwegia terdiri dari:

> Pendidikan dasar dan menengah pertama (wajib belajar), 6 tahun sampai 16 tahun, total 10 tahun. Materinya tentang pengetahuan umum, etika, dan budaya.

> Pendidikan menengah atas (pendidikan umum dan pelatihan kejuruan), 16 tahun 19 tahun, total 3 tahun. Dalam pelaksanaannya, praktek dan teori dilakukan secara berimbang.

> Pendidikan tinggi (universitas dan perguruan tinggi)

 

Sistem pendidikan di Norwegia apabila dibandingkan dengan negara lain di Eropa pada dasarnya tidak berbeda jauh. Namun dari segi perlakuan, karakteristik siswa jadi perhatian utama. Para siswa diperlakukan dengan baik, dihargai bakat dan minatnya, kemudian dipersiapkan untuk dapat hidup mandiri. Ukuran keberhasilan pada masyarakat Norwegia tidak muluk-muluk sehingga pencapaiannya dapat ditempuh dengan usaha-usaha realistis dan terukur. Tingkat kepuasan hidup pada orang-orang yang telah tercapai tujuan hidupnya cenderung akan semakin lebih baik. Dengan demikian kebahagiaan di kalangan masyarakat Norwegia lebih mudah diperoleh, sebab tujuannya sudah jelas, langkahnya konkrit dan mendapat dukungan pemerintah, serta ukuran keberhasilan perjuangan yang jelas.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES