Kemiringan Tanahnya Sampai 19 Derajat, Perumahan di Baldwin Street Bikin Otak Ikut Miring!

05 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Ketika memilih pemukiman, pastilah semua orang akan memilih yang aman dan tidak ribet. Daerah yang dipilih pun bukan yang terjal apalagi curam. Jika kamu juga seperti itu, pemukiman yang ada di Baldwin Street sangat tidak cocok untuk kamu pilih. Pasalnya, jalan tersebut sangat curam.

Baldwin Street terletak di Kota Dunedin di bagian selatan Selandia Baru. Baldwin Street memiliki panjang 350 meter. Jalanan ini dianggap sebagai jalan paling curam di dunia. Kemiringan jalan ini dapat dikatakan cukup maksimum, yaitu 1:2,86 atau 19 derajat. Dengan kata lain, jalan naik sejauh 1 meter untuk setiap 2,86 meter horizontal.

Karena saking curamnya, material yang digunakan untuk membangun jalan bukanlah aspal, melainkan beton. Apabila jalan dibuat dari aspal, pada hari yang cukup panas, ter atau aspal kemungkinan akan leleh dan mengalir menuruni lereng. Kan bahaya kalau pas ada orang lewat.

Di pinggiran Baldwin Street dibangun perumahan yang diberi nama North East Valley. Para penghuni perumahan tersebut harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk dapat memasuki rumah. Untuk menuju rumah masing-masing, tubuh mereka harus dibungkukkan 35% agar mudah saat mendaki. Benar- benar repot kan?

Kalian juga akan dibingungkan, sebenarnya yang miring jalan atau rumahnya karena semua tampak miring. Namun, warga perumahan tampak senang hidup di area miring tersebut. Setiap tahun mereka mengadakan lomba lari untuk menguji keberanian. Tak hanya itu, acara amal pun digelar setiap musim panas. Biasanya, acara amal tersebut dimeriahkan dengan berbagai lomba, seperti lomba naik turun jalan dan melepas ribuan bola.

Ternyata tak hanya Baldwin Street yang curam, jalan lain yang sejajar pun curam. Jalan lain yang curam adalah Arnold Street, Dalmeny Street, dan Calder Avenue. Kecuraman Arnold Street adalah 1:3,6, kecuraman Dalmeny Street adalah 1:3,7, dan kecuraman Calder Avenue adalah 1:5,4.

Kalian tertarik untuk tinggal di area miring seperti Baldwin Street ini? Kalian nggak perlu ke tempat gym karena kalian setiap hari harus berolahraga saat akan keluar dan masuk rumah. Dijamin pasti sehat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES