Jadi Saksi Bisu Pertumpahan Darah, Inilah 10 Benteng Pertahanan Paling Tangguh di Dunia

www.yukepo.com

Ketika di masa lalu pembuktian kekuatan dan kekuasaan adalah selalu dengan jalan perang. Setiap bangsa dan peradaban lantas memperkuat pertahanan wilayahnya masing-masing, di samping juga memperkuat kemampuan fisik dan strategi untuk menghadapi musuh. Bentuk pertahanan wilayah dan kekuasaan tersebut biasanya berupa benteng pertahanan yang kuat dan tangguh. Banyak juga benteng yang kemudian diperbesar dan difungsikan sekaligus sebagai kastil atau istana kerajaan. Biar kamu nggak penasaran, berikut ulasan 10 benteng pertahanan tertangguh di dunia yang penuh dengan memori sejarah.

1. Benteng Chittorgarh, India

www.chittorgarh.com

Benteng Chittorgarh atau Chittor adalah salah satu benteng terbesar di India yang terletak di Chittorgarh, Rajasthan. Benteng pertahanan yang dibangun pada abad ke-7 ini berdiri di atas lahan seluas 280 hektare dan berada di atas bukit setinggi 180 m. Saking kokoh dan strategisnya, benteng ini pada zaman dulu selalu menjadi ajang perebutan setiap kali terjadi pertempuran antarkerajaan. Bersama dengan kelima benteng lain yang ada di Rajasthan, UNESCO pada tahun 2013 menetapkan Benteng Chittogarh sebagai situs warisan dunia.

2. Kastil Windsor, Inggris

www.thecrownchronicles.co.uk

Kastil dengan arsitektur megah ini pada awalnya dibangun untuk mengawasi bagian penting dari Sungai Thames selama dominasi Norman. Kemudian, struktur bangunan diganti secara bertahap dengan benteng batu. Sebagai markas militer, Kastil Windsor dapat terus bertahan dari pengepungan berkepanjangan selama Perang Baron Pertama (awal abad ke-13) dan Perang Saudara Inggris (1642—1651). Kastil kebanggaan Inggris yang dibangun pada tahun 1070 ini sekarang digunakan sebagai istana kerajaan.

 

3. Kastil Malbork, Polandia

isocarp.org

Situs warisan dunia UNESCO ini dibangun pada tahun 1406. Dengan luas dinding terluar sekitar 52 are, kastil ini menjadi benteng batu bata terbesar di dunia dalam hal luas area. Benteng pertahanan dengan dinding batu bata bergaya gotik ini terletak di tepi tenggara Sungai Nogat. Pada Perang Dunia II, setengah bagian kastil Malbork hancur dan kerusakan diperparah dengan kebakaran yang terjadi pada tahun 1959, tapi untungnya kastil berhasil diperbaiki kembali.

4. Kastil Mukachevo, Ukraina
fakeoff.org

Benteng kastil ini unik karena terletak di atas bekas bukit vulkanik setinggi 68 meter. Kastil yang memiliki nama lain Kastil Palanok ini dibangun pada abad ke-14. Luas total kastil yang berlokasi di Kota Mukachevo, Zakarpattia Oblast, ini adalah 14.000 m². Kastil memiliki 130 ruangan dan jalan bawah tanah dengan sistem labirin yang kompleks.

5. Benteng Aleppo, Suriah
archnet.org

Benteng pertahanan di Kota Kuno Aleppo yang penuh sejarah ini terletak di Suriah bagian utara. Banyak peradaban dan dinasti yang pernah menguasai benteng ini, seperti Kekaisaran Bizantium, Ayyyubiyah, dan Mamluk. Benteng Aleppo adalah benteng yang megah berbentuk oval yang berdiri di atas bukit. Tinggi benteng ini mencapai 50 m apabila diukur dari lereng bukit. Sedihnya, benteng yang dibangun pada abad ke-13 ini kini sebagian telah runtuh karena turut menjadi sasaran ledakan bom di masa perang saudara di Suriah pada tahun 2015 lalu.

6. Benteng Murud-Janjira, India

www.kokansearch.com

Benteng yang dibangun pada abad ke-15 ini terletak di distrik Raigad, Maharashtra. Benteng ini dibangun di atas sebuah pulau batu di Laut Arab, dekat desa pesisir Murud, sehingga benteng ini hanya bisa dicapai melalui jalur laut. Benteng yang sampai kini terdiri dari 19 benteng berbentuk bulat yang masih utuh ini disebut-sebut sebagai salah satu benteng pertahanan laut paling tangguh yang pernah dibangun.

7. Benteng Mehrangarh, India

www.tajmahaldaytour.net

Dari India lagi nih. Nah, kalau benteng satu ini terletak di Kota Jodhpur, negara bagian Rajasthan. Benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1459 oleh Rao Jodha ini berada di atas bukit setinggi 122 m. Pada waktu itu, tujuan dibangunnya benteng di atas bukit  adalah untuk menyulitkan musuh.

8. Benteng Königstein, Jerman

www.cottage.cz

Benteng pertahanan ini disebut juga sebagai Saxon Bastille dan termasuk salah satu benteng terbesar di Eropa. Benteng terletak di puncak bukit dekat Dresden, Swiss Saxon. Benteng dengan tinggi 240 meter ini memiliki beberapa bagian bangunan yang sudah berusia 400 tahun. Di tengah area benteng, terdapat sumur terdalam kedua di Eropa, yaitu sedalam 152,5 m.

9. Kastil Alamut, Iran
www.doomsday2023.com

Kastil sekaligus benteng pertahanan ini terletak di tengah Pegunungan Elburz, sekitar 100 km dari Teheran. Kastil berjuluk Sarang Elang ini dibangun di tempat yang tinggi untuk menyulitkan musuh yang ingin menyerang. Hal itu terbukti dengan tidak hancurnya Benteng Alamut ketika diserang pasukan Mongol pada tahun 1256. Sayangnya, benteng ini rusak parah akibat gempa bumi di Iran yang terjadi pada tahun 2004 dan perbaikannya pun membutuhkan waktu yang lama.  

10. Benteng Masada, Israel
historiek.net

Benteng pertahanan yang menjadi situs warisan dunia UNESCO ini berdiri di bukit setinggi 440 m. Pembangunan pertama benteng peninggalan Raja Herodes ini dimulai sekitar tahun 35 SM. Benteng ini berada di atas Gurun Yudea, menghadap Laut Mati. Benteng bergaya arsitektur Romawi klasik ini awalnya adalah milik Romawi yang kemudian ditaklukkan oleh kaum Zelot. Untuk bisa mengambilnya kembali, pasukan Romawi sampai memerlukan waktu berabad-abad lamanya.

Bisa dibilang perang adalah salah satu penyebab utama berdirinya benteng-benteng pertahanan di muka bumi. Walaupun penuh kepedihan dan kesengsaraan, kalau tidak ada perang, kemungkinan besar tidak ada juga peninggalan berupa benteng-benteng luar biasa penuh sejarah. Ya sudah, masa lalu sudah terjadi dan sekarang giliran kita untuk merawat peninggalan sejarah dan sekaligus juga terus belajar dan berkaca dari masa lalu.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Gaya Bicara Pemimpin Indonesia - Keepodotme

Gaya Bicara Pemimpin Indonesia - Keepodotme

Inggris Baru Saja Melantik Menteri untuk Menangani Masalah Kesepian Akut. Kayak Gimana Tuh?

Inggris Baru Saja Melantik Menteri untuk Menangani Masalah Kesepian Akut. Kayak Gimana Tuh?

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula - Keepodotme

Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula - Keepodotme

10 Kejadian Penting Ini Telah Mengubah Kehidupan di Dunia. Kamu Sadar Nggak Nih?

10 Kejadian Penting Ini Telah Mengubah Kehidupan di Dunia. Kamu Sadar Nggak Nih?

Duh Kasian Banget! Fans Malaysia Ngambek Nggak Mau Membeli Jersey Timnas Malaysia Karena Ternyata Made in Indonesia - Keepodotme

Duh Kasian Banget! Fans Malaysia Ngambek Nggak Mau Membeli Jersey Timnas Malaysia Karena Ternyata Made in Indonesia - Keepodotme

Kemiringan Tanahnya Sampai 19 Derajat, Perumahan di Baldwin Street Bikin Otak Ikut Miring!

Kemiringan Tanahnya Sampai 19 Derajat, Perumahan di Baldwin Street Bikin Otak Ikut Miring!

loading