Inilah Patung-patung Yunani yang Sangat Intens dan Menawan

10 Juli 2017
|Monica Petra
0SHARES

Kalau kamu penggemar kisah-kisah legendaris dalam mitologi Yunani maka artikel ini nggak boleh buat kamu lewatkan. Yunani Kuno adalah awal dimulainya periode Yunani Arkais (abada 8 hingga 6 SM) hingga dimulai abad pertengahan awal. Dalam masa itu ada yang namanya periode klasik, yaitu ketika Yunani dipimpin oleh Athena dan mampu menghalau serangan Persia.

Sejarah Yunani yang begitu panjang tentunya melahirkan pula banyak mitologi Yunani yang hingga sekarang sering kali dipakai sebagai bahan acuan dalam sebuah cerita, buku, ataupun film. Namun, kali ini YuKepo nggak bakal bahas sejarahnya yang panjang, tapi sedikit menengok beberapa patung-patung Yunani yang menakjubkan. Mungkin selama ini kita cuma tau sedikit dari tokoh, pahlawan, dan dewa-dewi Yunani. Apollo, Artemis, Zeus adalah beberapa yang sangat familiar. Nah, berikut ini yuk tengok patung-patung dari mitologi Yunani, yang nggak semuanya pernah kamu tau.

1. Patung Zeus di Olympia

Patung Zeus di Olympia adalah patung setinggi 13 meter yang ditandai dengan sosok yang sedang duduk dalam ukuran raksasa. Dibangun oleh pemahat Yunani bernama Phidias dan saat ini didirikan di Kuil Zeus di Olympia, Yunani. Patung itu terbuat dari gading dan kayu yang menggambarkan dewa Yunani Zeus yang duduk di atas takhta kayu cedar dengan dihiasi gading, emas, ebonies, dan batu mulia lainnya. Patung ini dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno.

2. Patung Athena Parthenos

Athena Parthenos adalah nama yang diberikan pada patung chryselephantine raksasa dewi Yunani Athena yang ditemukan di dalam Parthenon di Athena. Terbuat dari perak, gading, dan emas, dipahat oleh pematung Yunani kuno terkenal bernama  Phidias dan sampai hari ini dianggap sebagai gambaran kultus paling terkenal di Athena. Patung ini sempat hancur oleh api yang terjadi pada tahun 165 SM, namun diperbaiki dan ditempatkan kembali di Parthenon pada abad ke-5.

3. Hermes dari Praxiteles

Dibuat untuk menghormati dewa Yunani yaitu Hermes. Patung Hermes dari Praxiteles mewakili Dewa Hermes yang diukir dengan membawa karakter populer lainnya dalam mitologi Yunani, bayi Dionysus. Patung itu terbuat dari marmer Parian dan diyakini oleh sejarawan telah dibangun oleh orang-orang Yunani kuno pada tahun 330 SM. Saat ini dikenal sebagai salah satu mahakarya paling orisinal pematung Yunani Praxiteles dan bertempat di Museum Arkeologi Olympia, Yunani.

4. Ephebe dari Antikythera

Terbuat dari perunggu halus, Ephebe dari Antikythera adalah patung seorang pemuda, pahlawan yang memegang benda bulat di tangan kanannya. Diyakini sebagai produk patung perunggu Peloponnesia, patung ini ditemukan di sebuah daerah dari kapal karam purba dekat pulau Antikythera dan diyakini merupakan salah satu karya pematung terkenal Euphranor. Saat ini dipamerkan di National Archeological Museum of Athens.

5. Aphrodite dari Knidos

Dikenal sebagai salah satu patung paling populer yang dibuat oleh pemahat Yunani kuno Praxiteles, Aphrodite of Knidos adalah representasi ukiran pertama Aphrodite dalam keadaan telanjang. Praxiteles membangun patung tersebut setelah ia ditugaskan oleh Kos untuk membuat patung yang menggambarkan dewi cantik Aphrodite. Meski dianggap sebagai gambar kultus, mahakarya ini menjadi objek wisata di Yunani. Salinan aslinya tidak bertahan dari kebakaran besar yang pernah terjadi di Yunani Kuno, namun replikanya saat ini dipamerkan di British Museum.

6. The Discus Thrower dari Myron

Dibangun oleh salah satu pemahat terbaik Yunani Kuno selama abad ke-5, Myron, The Discus Thrower adalah patung yang awalnya ditempatkan di pintu masuk Panathinaikon Stadium di Athena, Yunani, di mana acara Olimpiade pertama diadakan pada tahun 1896. Patung yang asli terbuat dari batu alabaster namun tidak bertahan dari kehancuran Yunani dan tidak pernah ditemukan.

7. Lacoon dan anak-anaknya

Sebuah patung yang saat ini berada di Museum Vatikan di Roma, Lacoon dan anak-anaknya juga dikenal sebagai Lacoon Group ini pada awalnya diciptakan oleh tiga pemahat Yunani besar dari pulau Rhodes, yaitu Agesander, Polydorus, dan Athenodoros. Patung ini terbuat dari marmer dan menggambarkan seorang pendeta Trojan bernama Lacoon, bersama dengan anak-anaknya Thymbraeus dan Antiphantes yang dililit oleh ular laut.

Masih penasaran dengan patung-patung di atas? Semoga saja kelak kamu bisa berkesempatan untuk mengunjungi patung-patung ini sekedar untuk mengagumi karya seni buatan manusia. Terlepas dari mitos dan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat Yunani, namun kisah-kisah dari mitologi Yunani memang selalu menarik untuk disimak.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES