Inilah Daftar 5 Gereja di Eropa yang Berhasil Memecahkan Rekor Dunia

16 Oktober 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Setiap mengunjungi suatu bangunan pasti yang akan diperhatikan adalah mengenai bentuknya. Terlepas dari sisi fungsional dari suatu bangunan, pasti ada hal menarik lain yang menjadi daya tarik dan pembeda dari bangunan tersebut. Hal ini juga berlaku bagi bangunan atau tempat peribadatan suatu agama.

Kali ini, YuKepo mau membahas mengenai beberapa gereja di dunia yang berhasil menorehkan rekor di beberapa aspek. Penasaran rekor apa aja yang berhasil dipecahkan oleh beberapa gereja ini?

1. Interior gereja paling aneh

Gereja Osuarium Sedlec di Kutna Hora, Republik Ceko lebih terkenal dengan nama Gereja Tulang-Belulang. Hal tersebut disebabkan di gereja ini terdapat sekitar 40 ribu hingga 70 ribu tengkorak manusia sebagai hiasan interior. Sejak abad ke-15, terdapat banyak sekali orang yang menghendaki dirinya dimakamkan di gereja ini ketika meninggal. Saking banyaknya, tulang belulang dari para jenazah hingga dijadikan sebagai dekorasi ruangan.

2. Gereja dengan ukuran terbesar

Sebuah gereja Katolik di Pantai Gading, Basilika Our Lady of Peace of Yamoussoukro, diklaim sebagai gereha dengan ukuran terbesar di dunia. Gereja yang memiliki luar sebesar 30 ribu meter persegi ini mampu menampung sebanyak 18 ribu jemaat. Pembangunan gereja Katolik yang dibangun antara tahun 1985 hingga tahun 1989 ini menghabiskan dana sebesar USD 300 juta.

3. Katedral yang tak selesai

Katedral Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol memiliki desain arsitektur yang sangat mengesankan. Walaupun bangunan megah ini sudah mulai dibangun sejak tahun 1882, namun hingga kini belum juga selesai. Arsitek katedral ini, Antoni Gaudi, meninggal pada tahun 1926 karena ditabrak trem sebelum merampungkan pekerjaannya. Namun demikian, katedral ini tetap dilanjutkan pembangunannya dan diperkirakan akan rampung pada tahun 2026.

4. Gereja berarsitektur lava

Gereja Hallgrimur di Reykjavik, Islandia ini memiliki penampilan yang sangat menakjubkan. Gereja ini dirancang supaya terlihat seperti lava yang mengalir ke seluruh penjuru. Terdapat sebuah ruangan observatori di bagian atas yang bisa memberikan pemandangan menakjubkan bagi para pengunjungnya.

5. Gereja paling kece di mata anak-anak

Walaupun hanya dibangun dalam waktu sementara, gereja LEGO ini mendapatkan poin khusus dari hal kreativitas. Gereja ini dibangun dengan menggunakan blok beton dan kemudian dicat seperti mainan LEGO. Michiel de Wit dan Filip Jonker menciptakan gereja ini pada tahun 2012 untuk festival di Enschede, Belanda.

Nah, itulah tadi beberapa gereja di dunia yang berhasil menorehkan rekornya. Terlepas dari fungsinya sebagai tempat ibadah, gereja-gereja di atas juga memiliki sisi keunikan lainnya. Setuju gak?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES