Inggris Baru Saja Melantik Menteri untuk Menangani Masalah Kesepian Akut. Kayak Gimana Tuh?

16 Februari 2018
|Lulu Lukyani
0SHARES

Pemerintahan suatu negara selalu memiliki menteri yang bertugas mengelola berbagai aspek kehidupan warga negara tersebut. Misalnya, Menteri Keuangan, Agama, Perikanan dan Kelautan, Pendidikan dan Kebudayaan, Pertahanan Nasional, dan lain sebagainya. Jabatan-jabatan Menteri tersebut pasti sudah tidak asing ya bagi sebagian besar warga negara dan pemerintahan, tapi mungkin jabatan Menteri yang dimiliki pemerintahan Inggris ini terdengar asing dan bahkan akan membuat kita mengernyitkan dahi.

Yup! Perdana Menteri Inggris kini mengangkat seorang Menteri Kesepian, yakni Menteri khusus yang bertugas menangani masalah kesepian warga Inggris. Hm, tugasnya out of the box banget nih. Kira-kira, kenapa ya pemerintah Inggris mengangkat Menteri Kesepian ini? Terus gimana juga sih kerjanya? Tenang, Yukepo udah siapin nih informasinya buat kalian. Jadi, daripada makin penasaran, mending langsung kepoin aja yuk!

Perdana Menteri Inggris, Theresa May, telah menunjuk seorang politisi untuk menduduki jabatan yang unik dengan tugas yang tidak biasa. Theresa May membentuk Menteri Kesepian yang tugasnya adalah menangani permasalahan kesepian yang dialami warga Inggris sebagai dampak dari kehidupan modern.

Tracey Crouch, ditugaskan oleh Perdana Menteri May untuk menjadi Menteri Kesepian, memimpin kelompok antardepartemen menciptakan kebijakan yang kaitannya dengan permasalahan kesepian ini. Langkah ini menyusul laporan komisi Jo Cox, yang diambil dari nama anggota parlemen asal Partai Buruh yang tewas dibunuh pada tahun 2016 silam.

Politisi ini terkenal dengan kampanyenya mengenai masalah kesepian yang banyak menghantui warga Inggris. Hasil laporan tersebut mencatat jutaan orang warga Inggris mengalami kesepian akut. Perdana Menteri May menanggap bahwa hal ini merupakan masalah serius dan realitas menyedihkan di tengah kehidupan modern saat ini.

Tracey Crouch sebagai menteri kesepian yang ditugaskan menangani masalah ini berencana akan membuat sebuah strategi nasional yang ditujukan untuk mengurai setiap permasalahannya. "Kami paham ada dampak nyata dari isolasi sosial dan kesepian terhadap manusia, tak hanya terhadap kondisi fisik dan mental mereka, tetapi juga dalam aspek sosial lainnya," ujar Tracey.

Masalah kesepian ini banyak dialami oleh kalangan orang tua. Diperkirakan 2 juta warga Inggris berusia 75 tahun ke atas hidup sendiri tanpa keluarga. Para manula ini selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu tidak mengalami interaksi sosial sama sekali. Suatu kenyataan tragis di tengah hiruk-pikuk kehidupan modern Inggris.

Keren banget ya ternyata. Meskipun terdengar tidak biasa, Menteri Kesepian juga punya tugas yang penting banget, yakni menyelamatkan warga Inggris dari bahaya rasa kesepian akut yang bisa mendatangkan hal-hal negatif bagi mereka. Mungkin suatu saat hal ini bisa dicontoh ya oleh pemerintah Indonesia. Tidak mencampuri ranah privasi warganya, tapi memerhatikan dengan detail permasalahan warganya hingga sampai ke ranah psikologis.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES